Waspadai Gejala Kanker Indung Telur atau Ovarium

Waspadai gejala kanker indung telur atau ovarium – Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti orang. Jutaan orang Indonesia meninggal tiap tahunnya akibat penyakit kanker. Salah satu penyakit kanker yang menghantui wanita pada umumnya adalah kanker ovarium atau disebut kanker indung telur.

Waspadai Gejala Kanker Indung Telur atau Ovarium

Pasien kanker ovarium setelah kemoterapi

Kanker ovarium adalah merupakan penyakit kanker yang menyerang ovarium yang dimiliki wanita sehingga perkembangan sel ovarium menjadi abnormal. Perkembangan kanker ovarium sangatlah cepat, dari stadium awal hingga stadium lanjut dapat berlangsung hanya dalam waktu singkat. Tak heran, jika kanker ovarium ini sangat ditakuti oleh wanita. Oleh karena itu, deteksi dini penyakit ini sangat dibutuhkan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah perkembangan kanker ovarium menjadi lebih ganas hingga merenggut jiwa.

Gejala Kanker Indung Telur atau Ovarium

Gejala Kanker Indung Telur atau Ovarium

kanker ovarium atau indung telur

Kanker ovarium memiliki beberapa gejala umum yang mudah dikenali. Apabila terdapat gejala berikut ini, sebaiknya periksakan pada dokter agar mudah ditangani dan diobati. Apabila gejala awal sudah terdeteksi, kemungkinan besar akan sembuh. Berikut adalah gejala kanker ovarium pada wanita.

  1. Sering marasakan nyeri di perut
  2. Susah makan atau tidak nafsu makan
  3. Sering muntah dan buang air besar
  4. Terjadi pendarahan pada vagina
  5. Ukuran perut semakin besar
  6. Sering merasa lelah dan sakit kepala
  7. Sering merasa kekenyangan
  8. Kembung terus-menerus

Itulah beberapa gejala kanker indung telur atau ovarium yang perlu anda ketahui. Sekali lagi, kenali gejalanya agar tidak penanganan penyakit kanker tersebut dapat cepat dilakukan dan kemungkinan sembuh juga besar. Pada stadium awal, kanker ovarium terjadi pada salah satu ovarium. Pada stadium dua, menyebar pada rahim dan tuba fallopii. Pada stadium lanjut, biasanya daerah peritonium (selaput perut) sudah terkena sel sel kanker ganas, yang bisa juga menyebar melalui getah bening ke organ tubuh lainnya.

Demikianlah artikel “Gejala Kanker Indung Telur atau Ovarium“, semoga informasi ini memberi banyak pengetahuan bagi anda sehingga dapat melakukan tindakan preventif. Tidak ada salahnya jika anda berbagi informasi ini pada teman anda. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...