Tips Sehat Saat Puasa

Tips sehat saat puasa. Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban seluruh umat muslim di dunia. Namun menjadi hal yang tidak wajib dilakukan bila seseorang tersebut sudah berusia lanjut, masih dalam keadaan sakit, atau dalam masa haid bagi kaum wanita.

Tips Sehat Saat Puasa

Bagaimana tips yang tepat agar kita bisa menjalankan ibadah puasa setiap harinya dalam kondisi yang selalu bugar, sehat, dan aktif? Anda wajib mengetahui tips sehat saat puasa agar anda tidak terlihat lemas, loyo, bahkan tidak bertenaga. Jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan yang menghambat kita bergerak dan beraktivitas, kita tak perlu memberikan pembenaran sebelum kita mencoba menyiasatinya.

Agar puasa Ramadhan anda berjalan lancar sebulan penuh, berikut diulas tips sehat saat puasa.

 

Tips Sehat Saat Puasa Ketika Berbuka

Agar kesehatan dan stamina anda dapat terjaga selama puasa, ikutilah tips sehat saat puasa ketika berbuka berikut ini :

1. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Minum Air Hangat

Tips sehat saat puasa ketika berbuka, yang pertama adalah berbuka dengan minum air hangat terlebih dahulu, jangan biasakan minum dengan air dingin. Asam lambung saat kita berpuasa dapat dinetralisir dengan mengkonsumsi air hangat, sehingga masalah perut seperti kembung dapat dihindari.

2. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makan Secukupnya

Makan secukupnya dahulu saat awal berbuka, perut jangan diisi terlalu penuh karena bisa menyebabkan sakt perut dan gangguan pencernaan. Jangan tergesa-gesa saat makan, kunyah dengan baik makanan sebelum masuk ke dalam perut. Ingat, masih ada aktivitas setelah kita berbuka. Selesai sholat tarawih dapat anda lanjutkan menyantap makanan kembali.

3. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makan Makanan Sehat

Jenis makanan saat berbuka disarankan makanan sehat, misalnya sayuran, buah-buahan, nasi secukupnya, makanan non-kolesterol, dan makanan rendah lemak. Kurangi mengkonsumsi makanan bersantan, makanan yang digoreng, fast food, dll. Selain itu minuman jangan terlalu banyak mengandung gula atau yang terlalu manis. Banyak minum air putih, untuk membantu metabolisme tubuh berjalan normal kembali.

4. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Mengurangi Konsumsi Nasi

Untuk yang memiliki masalah berat badan, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi terlalu banyak. Tetapi sangat lebih baik bila anda tambahkan menu susu untuk teman berbuka anda. Hindari makanan yang berserat tinggi, seperti daun pepaya, dan daun singkong agar makanan anda cepat dicerna tubuh.

5. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Tidak Berbaring Setelah Berbuka

Biasakan jangan tidur atau malas-malasan berbaring selepas berbuka puasa, beraktivitaslah seperti biasa agar sistem pencernaan tubuh anda bekerja dengan lancar dan kerja otot lebih rileks.

 

Tips Sehat Saat Puasa Ketika Sahur :

Agar puasa yang akan anda jalankan berjalan lancar, kesehatan dan stamina terjaga, serta tidak loyo selama puasa, berikut tips sehat saat puasa ketika sahur :

1. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makanan Sehat Saat Sahur

Selalu sediakan menu sehat saat makan sahur. Sehat disini adalah bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral. Selain dari makanan utama, kecukupan nutrisi di atas bisa anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran hijau.

2. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makanan Berserat Tinggi

Makanlah makanan yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks (penjelasan mengenai karbohidrat kompleks telah diulas pada sub artikel sebelumnya). Dengan karbohidrat kompleks dan berserat tinggi akan membuat kita tahan berpuasa dan lebih lama untuk merasakan rasa lapar kembali.

3. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Minum Air Putih

Tips sehat berpuasa ketiga adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih anda sehari minimal 8 gelas. Anda bisa mengatur dan menjumlahkan kebutuhan gelas per-harinya. Misal saat sahur anda minum 3 gelas air putih, maka waktu berbuka nantinya anda hanya membutuhkan minimal 5 gelas air putih.

4. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Menghindari Makanan Pemicu Masalah Lambung

Untuk yang memiliki masalah lambung, beberapa makanan harus dihindari selama berpuasa agar produksi asam lambung tidak berlebihan. Misalnya daging yang terlalu berlemak, mie instan, ketan, sayuran mentah, makanan dengan bahan pengawet, dan minuman bersoda. Kurangi juga makanan yang terlalu pedas dan asin.

5. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Tidak Cepat Tidur Setelah Sahur

Hindari tidur cepat-cepat sesaat setelah sahur. Pencernaan anda memerlukan waktu untuk bekerja dan memulai proses metabolisme tubuh. Mulai membiasakan diri selama bepuasa untuk melakukan aktifitas lain setelah anda sahur. Tujuannya agar badan cepat beradaptasi selama sebulan anda berpuasa, sehingga anda tidak mudah merasa mengantuk di siang harinya.

6. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Menghindari Minuman Kopi

Kurangi minum minuman kopi dan teh saat anda sahur. Karena akan mempercepat rasa haus selama anda berpuasa. Sangat lebih baik bila anda ganti dengan minum air putih hangat. Sebaiknya juga dikurangi untuk minum minuman dingin, agar nutrisi cepat terserap dalam tubuh.

 

Itulah tips sehat saat puasa yang dapat anda terapkan, meskipun mungkin saat pertama kali mencoba terasa berat, namun hasilnya dapat anda rasakan saat menjalani ibadah puasa sehari penuh. Semoga  Tips sehat saat puasa ini dapat bermanfaat bagi anda.

Demikianlah artikel “Tips sehat saat puasa“, apabila anda memiliki Tips sehat saat puasa, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.[RA]


Baca juga :
loading...