Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes

Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes – Bulan Ramadhan seperti saat ini, tentunya semua umat muslim ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Namun keinginan menjalankan puasa kadang terbentur dengan kondisi kesehatan, misalnya diabetes.

Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes

Kali ini kita akan membahas mengenai tips puasa untuk penderita diabetes. Jadi jangan khawatir, dengan mengikuti tips ini, ibadah puasa tetap lancar, kondisi kesehatan juga terjaga. Nah penasaran seperti apa tips puasa untuk penderita diabetes?? Berikut ulasannya.

 

Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah tips puasa untuk penderita diabetes. Jalankan puasa dengan tetap menjaga kondisi kesehatan anda.

1. Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Dengan Memonitor Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sebelum melakukan ibadah puasa, sebaiknya memonitor kadar gula darah terlebih dahulu beberapa kali dalam sehari terutama bagi penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 yang menggunakan insulin. Untuk lebih amannya, lakukan pemeriksaan medis 1 bulan sebelum puasa Ramadhan yang meliputi gula darah, tekanan darah dan profil lipid. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi anda, tanda hipoglikemia (jika ada) dan mintalah resep dokter jika sesuatu hal terjadi saat puasa.

 

2. Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Dengan Memenuhi Nutrisi

Ketika anda berbuka puasa, penuhilah nutrisi anda, karena selama berpuasa nutrisi anda pastinya akan berkurang. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari saat berbuka untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuh.

Untuk makanan, makanlah karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum. Beras merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena beras merah memiliki kadar indeks glikemik (kemampuan suatu makanan/minuman untuk meingkatkan kadar gula dalam darah) yang lebih rendah dibandingkan nasi putih dan serat yang tinggi yang baik bagi pencernaan.

Hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak karena proses pencernaan dan penyerapan makanan lebih lambat saat puasa. Untuk sahurnya, usahakan dilakkan sedekat mungkin dengan waktu imsak.

 

3. Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Dengan Olahraga

Penderita diabetes dapat melakukan olahraga ketika puasa, caranya dengan melakukan sholat tarawih setelah berbuka puasa. Sholat tarawih dapat menjadi bagian olahraga ringan. Dengan olahraga ringan, pencernaan dan metabolisme anda akan lebih lancar. Namun demikian, tidak dianjurkan untuk berolahraga berlebihan karena dapat meningkatkan resiko hipoglikemia.

 

Itulah tips puasa untuk penderita diabetes yang perlu anda ketahui. Sekali lagi perlu anda cermati adalah kondisi kesehatan anda. Hentikan puasa apabila :

  • Kadar gula darah melebihi 300 mg/dl
  • Terjadi Kondisi Hipoglikemia (kadar gula darah < 60 mg/dl)
  • Kadar gula darah < 70 mg/dl pada beberapa jam setelah puasa dimulai, terutama jika insulin digunakan saat sahur

 

Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Dengan Kondisi Khusus

Beberapa kondisi khusus bagi penderita diabetes yang akan menjalankan ibadah puasa adalah :

1. Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Yang Memiliki Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Ketika puasa, kemungkinan terjadi dehidrasi sangat besar. Dehidrasi berpotensi menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dosis obat-obatan anti hipertensi dapat disesuaikan untuk mencegah penurunan tekanan darah yang drastis.

 

2. Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes Yang Memiliki Dyslipidemia (kolesterol tinggi)

Jika anda memiliki kadar kolesterol dan trigliserid yang tinggi, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum puasa karena umumnya orang saat berbuka, akan mengkonsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Alangkah baiknya lagi jika anda dapat menghindari konsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi ketika berbuka puasa ataupun sahur.

 

3. Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Dengan Diabetes

Bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, masih diperbolehkan asalkan harus memperhatikan “Tips Puasa Untuk Ibu Hamil”. Ibu hamil yang menderita diabetes tidak dianjurkan berpuasa, namun jika tetap ingin berpuasa, dianjurkan melakukan pemeriksaan medis sebelum Ramadhan dan mendapatkan edukasi mengenai pola makan yang dianjurkan, obat-obatan serta komplikasi yang mungkin terjadi.

 

Itulah tips puasa untuk penderita diabetes. Ternyata penyakit diabetes bukanlah suatu halangan untuk menjalankan ibadah puasa. Kuncinya adalah dengan mengikuti tips puasa untuk penderita diabetes. Dengan mengikuti tips tersebut, ibadah puasa anda akan berjalan lancar dan kesehatan juga tetap terjaga.

Demikianlah artikel “Tips Puasa Untuk Penderita Diabetes”, semoga bermanfaat. Apabla anda memiliki tips puasa untuk penderita diabetes, alangkah baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibaawah ini.


Baca juga :
loading...