Tips Puasa Untuk Penderita Asma

Tips Puasa Untuk Penderita Asma – Bulan Ramadhan merupakan bulan disaat seluruh umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Namun demikian niat berpuasa tersebut kadang menimbulkan kekhawatiran bagi penderita penyakit, salah satunya adalah penderita asma.

Tips Puasa Untuk Penderita Asma

Penderita asma dihantui ketakutan akan kambuhnya penyakit asma saat sedang puasa. Penderita asma biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler).

Sebelum kita membahas mengenai tips puasa untuk penderita asma, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit asma.

 

Gejala dan Penyebab Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit peradangan kronis pada saluran nafas dan ditandai dengan gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. Ada banyak faktor penyebab munculnya serangan asma asma yang meliputi debu, binatang ketombe(terutama rambut kucing dan anjing), kecoa alergen, jamur dan bahkan parfum yang biasanya merupakan penyebab asma pada wanita dan anak-anak. Selain itu, faktor psikologis seperti stress dapat memperburuk gejalanya. Stres dapat mengubah sistem imunitas dan selanjutnya meningkatkan reaksi peradangan saluran napas sebagai respons terhadap alergen dan iritan.

Itulah ulasan ringkas mengenai gejala dan penyebab penyakit asma. Nah, dibulan puasa seperti saat ini, agar penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah tips puasa untuk penderita asma:

 

Tips Puasa Untuk Penderita Asma

Berikut adalah tips puasa untuk penderita asma yang perlu anda perhatikan :

1. Tips Puasa Untuk Penderita Asma Dengan Mengunjungi Dokter

Tips puasa untuk penderita asma yang pertama adalah dengan mengunjugi dokter, tujuannya adalah untuk mendapatkan pemeriksaan sebelum berpuasa. Idealnya 1 bulan hingga 1 minggu sebelum berpuasa. Dari konsultasi tersebut, dokter akan memeriksa kesehatan fisik dan penyakit asma anda serta memberikan obat yang sekiranya dapat membantu anda dalam menjalankan ibadah puasa.

 

2. Tips Puasa Untuk Penderita Asma Dengan Menggunakan Inhaler

Untuk mengatasi asma saat puasa, gunakan inhaler saat berbuka dan sahur agar penyakit asma anda tetap terkontrol. Sebaiknya bawalah selalu inhaler, untuk mengantisipasi serangan asma saat berbuasa, segeralah menggunakan inhaler tersebut.

 

3. Tips Puasa Untuk Penderita Asma Dengan Menghindari Dehidrasi

Salah satu penyebab kambuhnya penyakit asma saat puasa adalah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering sehingga dapat memicu terjadinya asma. Untuk itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan yang cukup pada saat sahur dan berbuka. Anda dapat mengikuti Tips Sehat Saat Puasa Ketika Berbuka. Selain itu hindari aktivitas di bawah terik sinar matahari atau di ruangan ber-AC yang terlalu dingin dan kering karena dapat memicu terjadinya dehidrasi.

 

Itulah tips puasa untuk penderita asma. Selain konsultasi dengan dokter, jangan lupa konsultasikan dengan Ustadz anda mengenai penggunaan inhaler saat berpuasa. Semoga dengan tips puasa untuk penderita asma tersebut, puasa anda menjadi lancar tanpa rintangan. Penyakit bukanlah halangan untuk menjalankan ibadah puasa.

Demikianlah artikel “Tips Puasa Untuk Penderita Asma”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips puasa untuk penderita asma, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...