Tips Puasa Untuk Penderita Anemia

Tips Puasa Untuk Penderita Anemia – Pada bulan Ramadhan seperti saat ini, menjalankan ibadah puasa adalah hal yang wajib bagi umat muslim. Namun bagi sebagian orang, ibadah puasa tersebut kadang terkendala oleh suatu hal, misalnya adalah penyakit. Salah satu penyakit yang merisaukan penderitanya ketika berpuasa adalah anemia. Nah kali ini kita akan membahas mengenai tips puasa untuk penderita anemia, namun sebelumnya kita harus mengetahui apa itu anemia serta gejala dan penyebab penyakit anemia.

 

Gejala dan Penyebab Penyakit Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Seseorang dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan.

Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif). Gejala umum dari anemia adalah sesak nafas, kepala terasa ringan, pusing, palpitasi, pucat, kekebalan menurun dan kesadaran menurun.

Tips Puasa Untuk Penderita Anemia

Itulah gejala dan penyebab anemia, berikut adalah tips puasa untuk penderita anemia yang perlu anda perhatikan.

 

Tips Puasa Untuk Penderita Anemia

Penderita anemia tidak boleh asal-asalan memilih menu berbuka puasa atau sahur. Untuk mencegah anemia menyerang ketika sedang berpuasa, ikutilah tips puasa untuk penderita anemia berikut ini :

 

1. Tips Puasa Untuk Penderita Anemia Dengan Konsultasi Dokter

Sebelum anda berpuasa, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang anemia yang anda derita. Mintalah resep dokter sebagai antisipasi anemia menyerang ketika saat berpuasa. Apabila gejala anemia muncul saat berpuasa seperti pusing berlebih, pingsan, jantung berdebar-debar atau sesak napas, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berpuasa, segera batalkan puasa anda dan minumlah obat resep dokter.

 

2. Tips Puasa Untuk Penderita Anemia Dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Makanlah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B. Saat berbuka puasa, konsumsilah makanan/minuman manis seperti kolak, the manis atau kurma untuk mengembalikan kadar gula darah. Setelah sholat barulah anda boleh makan makanan yang berat dan bergizi yang mengandung zat besi dan vitamin B. Demikian juga saat sahur. Perbanyak makan makanan berprotein dibanding karbohidrat karena konsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan tubuh merasa lemas dan mudah lapar saat siang hari. Adapun makanan yang kaya zat besi yang dapat anda konsumsi saat berbuka dan sahur misalnya daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Tips Puasa Untuk Penderita Anemia Dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan untuk penderita anemia

 

3. Tips Puasa Untuk Penderita Anemia Dengan Konsumsi Suplemen Zat Besi dan Vitamin B

Bagi anda yang tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kalori selama berpuasa, sebaiknya konsumsilah suplemen tambahan yang mengandung zat besi vitamin B12, asam folat dan mineral lainnya. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dosisnya dapat disesuaikan.

Itulah tips puasa untuk penderita anemia. Ikutilah tips diatas, niscaya gejala anemia tidak akan datang lagi, terlebih ketika sedang berpuasa. Sekali lagi, ingatlah selalu menjaga makanan anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B.

Demikianlah artikel “Tips Puasa Untuk Penderita Anemia”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips puasa untuk penderita anemia, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...