Tips Puasa Untuk Lanjut Usia

Tips Puasa Untuk Lanjut Usia – Bulan Ramadhan seperti saat ini, saatnya umat muslim mengumpulkan pahala dengan melakukan amalan ibadah, salah satunya dengan berpuasa. Bagi umat muslim, puasa wajib dilakukan selama bulan Ramadhan. Namun demikian, sering kali kondisi fisik membatasi untuk melakukan puasa, salah satunya adalah kondisi fisik yang menurun karena lanjut usia.

Tips Puasa Untuk Lanjut Usia

Jika anda memiliki orang tua ataupun kakek dan nenek yang ingin menjalankan ibadah puasa, ada baiknya anda memberikan tips puasa untuk lanjut usia seperti dipaparkan berikut ini.

 

Tips Puasa Untuk Lanjut Usia

Tak bisa dipungkiri, usia bukanlah suatu halangan untuk melakukan puasa. Banyak orang lanjut usia yang ingin melakukan puasa Ramadhan dengan penuh. Namun bagaimana kesehatan orang lanjut usia jika melakukan puasa Ramadhan??

Sebenarnya tidak ada larangan bagi orang lanjut usia untuk melakukan puasa. Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat.

Tips Puasa Untuk Lanjut Usia Ketika Berbuka dan Sahur

Seiring meningkatnya usia dan menurunnya kondisi tubuh maka jumlah cairan dalam tubuh akan berkurang. Tidak hanya itu, rasa haus dan lapar juga berkurang. Untuk menjaga agar orang lanjut usia dapat melakukan puasa Ramadhan dalam kondisi sehat, maka harus memperhatikan menu sahur untuk lanjut usia berikut ini :

  • Tips puasa untuk lanjut usia yang pertama adalah dengan mengkonsumsi gizi seimbang, tidak boleh menambah atau mengurangi porsi makan karena jumlah kalori saat puasa ataupun tidak puasa adalah sama. Perbanyak makan makanan berserat untuk melancarkan pencernaan.
  • Tips puasa untuk lanjut usia yang kedua adalah dengan menghindari konsumsi makanan berminyak dan berlemak.
  • Orang lanjut usia sebaiknya selalu menjaga cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi, caranya dengan minum air putih yang cukup, serta mengkonsumsi jus buah ketika berbuka dan waktu tidur.
  • Orang lanjut usia sebaiknya mengurangi konsumsi teh dan kopi karenadapat merangsang pengeluaran urin sehingga air dan mineral akan banyak terbuang sebelum waktu berbuka.
  • Tips puasa untuk lanjut usia yang terakhira adalah jangan menunda waktu berbuka dan sahur agar tidak kekurangan nutrisi dan cairan.

 

Itulah tips puasa untuk lanjut usia. Jika anda memiliki orang tua ataupun kakek dan nenek, sebaiknya terapkan tips puasa untuk lanjut usia diatas, agar kondisi kesehatan mereka tetap terjaga. Dengan nutrisi seimbang dan minum banyak air dapat menjaga kesehatan orang lanjut usia ketika puasa.

Demikianlah artikel “Tips Puasa Untuk Lanjut Usia”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips puasa untuk lanjut usia, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...