Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui – Seluruh umat muslim dibulan suci Ramadhan diwajibkan menjalankan ibadah puasa untuk meningkatkan amalan dan pahala kita. Tentunya tidak mudah bagi sebagian orang untuk menjalankan puasa tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan akibat penyakit ataupun kondisi tertentu misalnya menyusui.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Pada ibu menyusui, produksi ASI salah satunya ditentukan intensitas bayi menyusui. Semakin sering bayi menyusu maka produksi ASI juga semakin banyak. Hal tersebut dikarenakan isapan bayi merupakan stimulan pada kelenjar payudara untuk memproduksi ASI. Apabila anda memiliki masalah dengan produksi ASI, anda dapat membaca artikel sebelumnya “Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI

Lalu, bagaimanakah tips puasa bagi ibu menyusui agar ibu dan bayi dalam kondisi sehat tanpa kekurangan nutrisi?? Bagi ibu menyusui, dianjurkan agar menunda puasa terlebih ketika bayi masih berusia dibawah 6 bulan dimana bayi masih membutuhkan ASI eksklusif dari ibu. Apabila bayi anda sudah mencapai usia 6 bulan keatas, maka ASI eksklusif telah terlewati dan dapat diberikan makanan pendamping ASI. Pada usia bayi diatas 6 bulan, ibu sudah boleh menjalankan puasa. Berikut adalah tips puasa bagi ibu menyusui.

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui dan menjalankan puasa, perhatikan nutrisi makanan anda saat berbuka dan sahur. Saat sedang puasa, tubuh memiliki mekanisme yang menjaga komposisi ASI tidak berubah, yaitu dengan mengambil cadangan nutrisi tubuh, cadangan nutrisi tubuh tersebut harus dapat dikembalikan pada saat berbuka dan sahur. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memperhatikan nutrisi makanan anda. Berikut adalah tips puasa bagi ibu menyusui :

1. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Konsultasi Dokter Sebelum Puasa

Tips puasa bagi ibu menyusui yang pertama adalah konsultasi dengan dokter. Tanyakan apakah kondisi anda sudah memungkinkan puasa tanpa mengabaikan kesehatan anda dan bayi. Apabila dokter menyarankan agar tidak berpuasa, sebaiknya anda menurutinya karena faktor kesehatan.

2. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Melihat Usia Bayi

Seperti disebutkan diatas, bagi ibu menyusui yang memiliki usia bayi diatas 6 bulan dapat menjalankan puasa, namun untuk lebih amannya sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum puasa. Untuk bayi berusia 6 bulan kebawah, sebaiknya anda tidak berpuasa. Hal ini dikarenakan ASI merupakan makanan utama bayi yang berusia 0-6 bulan, dimana kandungan ASI sangat diperlukan untuk kekebalan tubuh bayi

3. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Makanan Bernutrisi

Saat sedang berbuka dan sahur, pastikan anda mengkonsumsi makanan secara seimbang dengan porsi secukupnya. Pertahankan frekuensi makan 3x sehari, pada saat sahur, berbuka dan sebelum tidur setelah shalat tarawih dengan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat.. Hal ini dikarenakan, ibu menyusui tetap membutuhkan tambahan kalori lebih banyak sehingga jumlah asupan dan keseimbangan gizi tetap perlu diperhatikan. Untuk sahur disarankan ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks (gandum, pasta, mie), kacang-kacangan, dan sayuran.

4. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Cairan tubuh sangatlah penting bagi kesehatan ibu menyusui, oleh karena itu konsumsilah cairan minimal 2 liter setiap hari selama puasa. Air putih dapat divariasikan dengan susu, jus buah maupun teh manis atau sirup. Apabila gejala dehidrasi muncul selama puasa, seperti sangat haus, air seni menjadi lebih pekat, demam, sakit kepala, kelelahan, lemas, hingga pingsan, sebaiknya hentikan puasa dan konsultasikan dengan dokter.

5. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Memompa ASI Pada Malam Hari

Kemungkinan produksi ASI akan berkurang di siang hari. Oleh karena itu manfaatkan malam hari untuk memompa ASI dan menyusui semaksimal mungkin. Stok ASI perah dapat digunakan di siang hari.

6. Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui Dengan Cukup Istirahat

Ketika ibu menyusui sedang menjalankan puasa, pastinya akan merasakan lemas. Hal tersebut wajar terjadi, karena cadangan nutrisi tubuh diambil untuk produksi ASI. Oleh karena itu, sebaiknya ibu menyusui tidak memaksakan diri beraktivitas terlalu keras. Sediakan waktu untuk beristirahat, dengan demikian energi yang anda pakai juga lebih sedikit.

7. Berhentilah Puasa Bila Diperlukan

Tips puasa bagi ibu menyusui yang terakhir adalah, apabila anda merasa khawatir terhadap kesehatan anda dan bayi anda, ataupun produksi ASI menurun ketika puasa, sebaiknya hentikan puasa. Jangan lupa mengkonsultasikan pada dokter mengenai keluhan anda. Bagaimanapun, puasa bagi ibu menyusui dapat digantikan dengan fidyah ataupun puasa di hari-hari lainnya.

 

Itulah tips puasa bagi ibu menyusui yang perlu anda ketahui. Sebaiknya perhatikan tips tersebut diatas, agar kesehatan ibu dan bayi dapat terjaga selama berpuasa. Semoga puasa anda tetap lancar dengan mengikuti tips puasa bagi ibu menyusui. Ternyata menyusui bukanlah suatu kendala untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

Demikianlah artikel “Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki pengalaman ataupun tips puasa bagi ibu menyusui, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...