Tips Olahraga Saat Berpuasa

Tips Olahraga Saat Berpuasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga tidak bisa dihapuskan begitu saja dari diagram pola hidup sehat . Saat berpuasa mungkinkah hal itu tetap dilakukan? Puasa bukan pantangan untuk tetap berolahraga, ladies. Namun tentu perlu berbeda dalam beberapa hal mengingat kondisi tubuh kita selama berpuasa berbeda dengan di saat tidak puasa.

Tips Olahraga Saat Berpuasa

Berolahraga berpengaruh secara signifikan pada proses metabolisme tubuh. Saat berolahraga tubuh akan merasa dehidrasi dan menurunkan daya tahan tubuh. Sejumlah peneliti membuktikan berolahraga mampu menyebabkan dehidrasi pada otot sekitar 3 persen dan menurunkan kekuatan otot hingga 12 persen. Hal ini membuktikan jika berolahraga saat berpuasa sangat tidak dianjurkan, karena yang terjadi justru lebih banyak merugikan bagi tubuh. Namun jika dilakukan dengan benar dan pada waktu yang tepat, olahraga pada waktu puasa justru dianjurkan. Justru puasa adalah waktu yang pas untuk merampingkan perut. Kenapa? Karena saat perut dalam keadaan kosong, otot-otot perut lebih mudah diaktifkan. Saat puasa kita bisa lebih merasakan otot perut. Psst, saat puasa, perut lebih mudah untuk ramping.

Sebelum mengetahui tips olahraga saat berpuasa, perlu kita tahu tentang kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Waktu yang Tepat Berolahraga Saat Berpuasa

1. Setelah Sholat Tarawih

Waktu terbaik untuk berolahraga yakni malam hari setelah salat tarawih. Hal ini dikarenakan tubuh telah mendapatkan kembali asupan makanan dan minuman yang dapat dijadikan ‘bekal’ sebelum berolahraga.

2. Menjelang berbuka

Salah satu waktu yang tepat untuk olahraga dan bergerak badan adalah satu jam menjelang buka. Alasannya selain begitu selesai dapat langsung minum, kemungkinan kehabisan gula dalam darah bisa segera tergantikan saat berbuka. Dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya gula darah, kecil kemungkinan sampai terjadi.

3. Setelah Berbuka

Anda yang masih memiliki sedikit waktu luang juga bisa berolahraga sesaat setelah berbuka puasa. Jeda waktu yang singkat antara waktu berbuka dan adzan Isya membuat anda hanya memiliki waktu sekitar 30 menit untuk berolahraga.

4. Sebelum Sahur

Memang rasanya sulit untuk bangun dini hari sebelum sahur hanya untuk berolahraga. Namun, jika hal itu terasa memungkinkan, baiknya 30 menit sebelum mulai berolahraga anda mengkonsumsi segelas air putih atau teh. Berlatih kardio pada waktu ini dapat dilakukan selama 30-45 menit untuk berjalan di atas treadmill.

Berolahraga dalam arti luas mencakup bergerak badan. Bentuk latihan fisiknya hendaknya memberikan dampak positif terhadap kerja jantung. Apa pun jenis aktivitas fisik yang dipilih, selama degup jantung meraih zona aerobik, ia tergolong bermanfaat bagi kesehatan. Seperti itu pilihan aktivitas fisik selama berpuasa. Tips olahraga saat berpuasa, menjadi salah satu bahan yang cukup banyak dicari saat Bulan Ramadhan sekarang.

Tips Olahraga Saat Berpuasa

1. Tips Olahraga Saat Berpuasa Dengan Low impact exercise

Apa pun pilihan olahraga, hendaknya bukan jenis yang berat (high impact), cukup kategori sedang atau low impact saja. Terlebih bukan pula jenis yang kompetitif agar tak sampai terkuras seluruh tenaga yang tersisa, selain tak perlu kehilangan lebih banyak cairan tubuh. Kalau pilihannya low impact, bisa memilih jalan cepat (brisk walking), bersepeda santai, taichi, atau yoga. Bukan berkeringat benar yang kita kejar, melainkan apakah degup jantung sudah memasuki zona aerobik. Bagi yang berumur 25 tahun, dapat dihitung zona aerobik cukup 60% dari 225- (umur) atau minimal meraih sekitar 120 degup/menit.

2. Tips Olahraga Saat Berpuasa Dengan Perhatikan Kondisi tubuh.

Perlu diperhatikan kalau selama berolahraga sudah sampai merasakan gelap berkunang-kunang, kemungkinan gula darah turun. Atau kalau sudah lama tidak berkemih, dan urine terakhir kental kuning pekat, bibir dan lidah kering, kelopak mata cekung, kemungkinan tanda awal dehidrasi. Jangan melanjutkan latihan fisik.

3. Tips Olahraga Saat Berpuasa Dengan Hindari beberapa olahraga berikut!

Ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari sementara saat puasa. Hindari olahraga aerobik. Olahraga yang memaksa jantung kita memompa oksigen lebih banyak. Misalnya, saja lari, basket, bulu tangkis, fitness, dan olahraga lain yang bisa membuat kita terengah-engah dan membuat keringat bercucuran. Kenapa? Karena olahraga seperti ini bekerja dengan menggunakan otot besar yang mencuri gula dalam darah. Nah, jika gula dalam darah turun dan berkurang, pastinya kita akan merasa lemas dan pusing. Ditambah lagi tidak adanya asupan yang masuk ke tubuh.

4. Tips Olahraga Saat Berpuasa Dengan Pilihan Jenis Olahraga Yang Tepat

Saat puasa, lebih baik lakukan olahraga pembentukan, misalnya saja pilates dan yoga. Walaupun pilates dan yoga membuat kita mengeluarkan keringat bercucuran, tapi olahraga ini tidak membuat kita merasa lemas. Kenapa? Karena pilates dan yoga menggunakan whisperingmuscle dan energi yang diambil untuk pembakaran berasal dari oksigen dan tidak membuat kadar gula dalam darah turun. Oleh karena itu, pernapasan merupakan kunci utama dalam melakukan yoga dan pilates.

Begitulah, Tips Olahraga Selama Berpuasa .Semoga bermanfaat bagi Anda. Karena sesungguhnya saat berpuasa, kita malah mendapatkan manfaat yang besar dengan berolahraga. Jika Anda memiliki tips-tips lain seputar olahraga selama berpuasa, Anda dapat sharing pengalaman dengan menulis pada kolom komentar dibawah.


Baca juga :
loading...