Tips Mudik Lebaran

Tips Mudik Lebaran – Mudik lebaran adalah salah satu budaya khas masyarakat Indonesia. Biasanya hal ini dilakukan oleh masyarakat urban yang kerja di luar kampung halamannya. Beribu-ribu bahkan berjuta masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik lebaran biasanya dilakukan saat libur panjang atau mendekati hari besar keagamaan salah satunya lebaran. Mudik lebaran biasanya dijadikan ajang kumpul bersama keluarga besar, sanak family dan kawan lama.

Tips Mudik Lebaran

Perjalan yang ditempuh pun beragam ada yang hanya beberapa jam saja ada pula yang sampai berhari-hari. Kendaraan yang digunakanpun bermacam-macam dari kendaraan umum, sepeda motor dan mobil pribadi. Namun perjalanan yang jauh tersebut akan terbayarkan dengan kebahagian bertemu dan keluarga dan kawan lama.

Oleh karena itu dalam menyambut lebaran, kegiatan mudik lebaran harus dipersiapkan dengan baik agar dapat sampai di kampung halaman dengan selamat dan kondisi tubuh yang fit pula. Angka kecelakaan pun harus ditekan seminimal mungkin. Disini akan diberikan beberapa tips mudik lebaran.

 

Tips Mudik Lebaran

  • Tips mudik lebaran yang pertama adalah menyelesaikan pekerjaan

Bagi anda yang bekerja hendaknya menyelesaikan pekerjaan anda sebelum mengambil cuti mudik lebaran agar dalam perjalanan tidak memikirkan pekerjaan. Memikirkan pekerjaan yang belum selesai akan mengganggu perjalanan serta mengurangi kebahagiaan saat berkumpul dengan keluarga dan teman lama karena hanya akan menjadi beban pikiran.

  • Tips mudik lebaran kedua adalah membuat daftar barang bawaan

Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak bingung dan tidak kelupaan membawa barang yang seharusnya dibawa. Hal ini juga dapat mengefisienkan barang bawaan, barang yang tak perlu dibawa atau tak terpakai agar tidak memenuhi tas atau koper.

  • Tips mudik lebaran ketiga adalah menyiapkan kondisi tubuh

Dalam menghadapi mudik lebaran hendaknya menjaga kondisi badan terutama bagi pengendara baik motor maupun mobil pribadi. Jangan sampai kurang tidur dan jika memang diperlukan bisa minum multivitamin. Jika ngantuk bisa berhenti di masjid atau rest area untuk beristirahat memulihkan kondisi tubuh.

  • Tips mudik lebaran keempat adalah menyiapkan kendaraan

Jika mudik lebaran menggunakan kendaraan umum hendaknya sudah memesan tiket jauh-jauh hari untuk menghindari tiket yang sold out. Pilihlah kendaraan umum atau travel yang terpercaya. Jika menggunakan kendaraan pribadi cek kondisi kendaraan baik mesin, rem, air radiator, oli, sparepart dll. Jika terjadi kerusakan segera bawa ke bengkel agar saat digunakan dalam perjalann tidak terjadi kendala.

  • Tips mudik lebaran kelima adalah membawa peta jalur mudik atau GPS

Sudah seperti kebiasaan saat arus mudik amupun balik lebaran akan terjadi kemacetan baik karena pasar tumpah ataupun perbaikan jalan. Ada baiknya kita menyiapkan peta jalur alternatif mudik atau GPS untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu diperlukan harus melewati jalur alternatif.

  • Tips mudik lebaran keenam adalah membawa handphone, charger atau powerbank

Perjalanan mudik lebaran kadang tidak bisa diprediksi bisa terjadi macet dll di jalan. Oleh karena itu agar kita tetap bisa terhubung dengan keluarga ataupun jaringan internet untuk mengetahui info terkini arus mudik kita memerlukan charger atau powerbank agar handphone atau gadget kita tetap aktif.

  • Tips mudik ketujuh adalah membawa P3K

Bawalah obat-obatan seperlunya seperti minyak angin, minyak kayu putih, obat sakit kepala, obat merah dan obat sakit perut jika sewaktu-waktu diperlukan.

  • Tips mudik lebaran kedelapan adalah membawa uang tunai

Bawalah uang tunai secukupnya. Jangan terlalu banyak karena sekarang sudah ada ATM dimana-mana tai juga jangan tak membawa sedikitpun karena bisa digunakan untuk keperluan mendadak seperti membeli bensin, snack dll.

  • Tips mudik lebaran kesembilan adalah membawa bekal makanan dan minuman

Bawalah makanan dan minuman yang cukup. Jika mudik dalam keadaan puasa bekal makanan dapat dipakai untuk sahur atau buka, hal tersebut mengantisipasi jika saat tersebut kita berada di jalan yang jauh dari tempa jual makanan.

  • Tips mudik lebaran kesepuluh adalah hiburan

Saat berada dalam perjalanan agar tidak jenuh kita bisa membawa mp3 player, cd musik dan kaset agar perjalanan lebih menyenangkan.

  • Tips mudik lebaran kesebelas adalah manfaatkan posko mudik

Kita dapat memanfaatkan posko mudik untuk bersitirahat. Biasanya disana banyak disediakan fasilitas seperti pijat refleksi, makanan dan minuman gratis serta promo barang lainnya yang dapat kita bawa ke kampung halaman atau sebaliknya untuk oleh-oleh saat kembali ke kota.

Itulah tips mudik lebaran, semoga setelah berpuasa selama sebulan penuh, anda dapat merayakan hari kemenangan bersama keluarga.


Baca juga :
loading...