Tips Memilih Maskara Yang Bagus


Baca juga :
loading...

Tips memilih maskara yang bagus. Maskara adalah salah satu kosmetik andalan wanita. Salah satu alasan utama mengapa wanita suka menggunakan maskara adalah untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang, lentik dan tebal. Tidak setiap orang memiliki bulu mata yang panjang dan menarik, hal inilah mengapa maskara digunakan terutama oleh wanita yang memiliki bulu mata pendek dan tidak lentik.

Tips Memilih Maskara Yang Bagus

Mascara dapat dipadukan dengan semua jenis make up dari penampilan sehari-hari ataupun untuk penampilan yang eksotis. Mascara dibuat dari bahan yang berbeda, namun semuanya berbahan dasar lilin.  Lalu bagaimanakah tips memilih maskara yang bagus?? Sebelum kita membahas tips memilih maskara yang bagus ada baiknya kita mengenal jenis maskara terlebih dahulu.

Jenis Maskara

Ada berbagai jenis maskara yang beredar dipasaran, mulai dari maskara anti gumpal, maskara untuk melentikkan, maskara untuk memanjangkan, maskara waterproof (anti air) dan maskara menebalkan.

  • Maskara anti gumpal (Non-Clumping Mascara)

Jenis anti gumpal berisi bahan-bahan tambahan seperti ekstrak sutra dan gliserin untuk membuat maskara lebih halus dan tidak menggumpal. Biasanya maskara anti gumpal dilengkapi dengan sikat yang panjang untuk meminimalkan gumpalan.

  • Maskara melentikkan bulu mata (Curling mascara)

Maskara ini digunakan untuk membuat bulu mata anda lebih lentik.

  • Maskara Water Proof (Tahan Air)

Maskara waterproof tidak memiliki bahan sensitif terhadap air, tahan terhadap keringat dan kelembaban, tahan terhadap hujan dan air mata. Maskara waterproof cocok digunakan untuk acara pernikahan ataupun acara diluar ruangan. Maskara waterproof dapat dihilangkan dengan menggunakan make-up remover. Namun, tidak dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki bulu mata yang halus karena dapat menyebabkan kerusakan.

  • Maskara untuk memanjangkan bulu mata (Lengthening mascara)

Lengthening mascara adalah pilihan terbaik jika Anda memiliki bulu mata pendek. Lengthening mascara dilengkapi dengan bulu sikat yang tebal untuk membantu meratakan maskara pada bulu mata.

  • Maskara untuk menebalkan bulu mata (Volumizing mascara)

Volumizing mascara dapat menambahkan volume untuk bulu mata Anda. Volumizing mascara berisi zat polimer silikon dan lilin yang membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal.

Tips Memilih Maskara Yang Bagus Sesuai Dengan Bulu Mata Anda

  1. Kenali jenis bulu mata anda. Sebelum membeli dan memakai maskara, ada baiknya anda mengenali terlebih dahulu bulu mata anda.
    • Bulu mata tipis : pilih maskara yang berfungsi mempertebal bulu mata. Maskara jenis ini pada umumnya terdiri dari 2 komponen. Komponen pertama untuk pulasan dasar maskara dan komponen kedua untuk mempertegas warna bulu mata anda.
    • Maskara untuk bulu mata tebal dan pendek. Karena bulu mata sudah tebal, maka anda tidak perlu memakai maskara yang memberikan efek volume. Sebaiknya, pilih maskara yang memanjangkan (lengthen) dan melentikkan (curl up). Untuk tekstur maskara, pilihlah tekstur maskara yang sedikit cair.
    • Maskara untuk bulu mata tebal & panjang. Beruntunglah bagi anda yang memiliki jenis bulu mata ini, karena anda dapat memakai jenis maskara apapun. Namun yang perlu anda perhatikan, jika memakai maskara dengan efek mempertebal (volume) maka oleskan sekali agar tidak berat dan menghindari penggumpalan.
    • Maskara untuk bulu mata tipis & pendek. Untuk bulu mata yang tipis dan pendek, pilihlah maskara yang mempertebal dan memanjangkan. Lebih baik lagi jika bentuk kuas sedikit melengkung untuk mempermudah jangkauan lapisan maskara dalam sekali sapuan. Sebaiknya pilih tekstur maskara yang sedikit cair.
    • Maskara untuk bulu mata tipis & panjang. Untuk jenis bulu mata tipis dan panjang, gunakan maskara yang mempertebal dan/atau melentikkan (curl up). Pakailah maskara dengan mengulang, untuk memberikan kesan tebal.
  2. Bentuk Sikat Maskara. Bentuk kuas maskara ada bermacam-macam untuk menghasilkan efek yang berbeda-beda.
    • Sikat Lurus

    Sikat lurus digunakan untuk bulu mata yang tidak terlalu panjang. Maskara dengan sikat lurus juga sangat bagus digunakan untuk mempertebal bulu mata.

    • Sikat Runcing

    Sikat runcing digunakan untuk menjangkau ujung bulu mata. Maskara dengan sikat runcing ini akan membuat maskara merata di bulu mata. Biasanya sikat runcing adalah salah satu sikat maskara yang paling banyak digunakan selain sikat lurus.

    • Sikat Melengkung

    Sikat melengkung digunakan untuk melentikkan bulu mata agar terlihat lebih cantik. Maskara dengan sikat melengkung cocok digunakan untuk bulu mata pendek.

    • Sikat Tebal

    Sikat tebal digunakan untuk menebalkan bulu mata. Jika anda mempunyai bulu mata tebal hindari menggunakan maskara dengan jenis sikat ini.

    • Sikat Panjang

    Sikat panjang digunakan untuk mempermudah dalam membuat bulu mata lebih panjang. Maskara dengan sikat panjang ini sangat sesuai untuk anda yang menginginkan bulu mata terlihat panjang dan natural secara alami.

    • Sikat Bulat / The spherical wand

    Sikat bulat digunakan untuk memudahkan pengaplikasian secara teratur pada setiap helai bulu mata.

    • Sikat Sisir

    Maskara dengan sikat sisir ini digunakan dibagian akhir setelah menggunakan maskara utama. Pernah memakai maskara dan ada sebagian maskara yang menggumpal? Sikat sisir ini berfungsi untuk merapikan maskara yang menggumpal sehingga bulu mata terlihat rapi dan teratur.

  3. Warna. Sesuaikan maskara sesuai warna rambut anda. Untuk pemakaian harian, gunakan maskara warna hitam atau coklat tua. Untuk acara khusus, pilihlah maskara sesuai riasan anda.
  4. Bacalah Review Produk Maskara. Sebelum menggunakan maskara, bacalah review produk dari maskara tersebut. Pilihlah review produk yang tidak bertujuan komersial, karena review yang bertujuan komersial sama saja dengan iklan dan cenderung menyembunyikan kelemahan produk tersebut.

Ada banyak produk maskara yang bisa anda pilih. Apapun yang Anda pilih, pastikan bahwa maskara tidak berbahaya atau menyebabkan kerusakan. Bacalah label pada maskara untuk mengetahui komposisi maskara. Jangan lupa, pastikan bahwa maskara tersebut terdaftar di BPOM RI, karena banyak produk kecantikan berbahaya yang beredar dipasaran.

Itulah tips memilih maskara yang bagus sesuai dengan bulu mata anda, jangan terburu-buru membeli produk maskara sebelum anda memperhatikan hal diatas. Semoga tips memilih maskara yang bagus tersebut dapat bermanfaat anda dan dapat anda jadikan pedoman sebelum membeli maskara.

Demikianlah artikel “Tips Memilih Maskara Yang Bagus“, apabila anda memiliki pengalaman tentang tips memilih maskara yang bagus, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.

 


Baca juga :
loading...