Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita

Tips memilih jenis sepatu wanita. Sepatu merupakan salah satu aksesoris wanita, baik untuk menunjang aktivitas maupun penampilannya. Memilih sepatu wanita yang cocok merupakan salah satu cara meningkatkan daya tarik bagi wanita. Bagaimana jadinya apabila busana anda sudah trendy, make up sudah oke namun sepatu yang anda kenakan tidak sesuai dengan penampilan ataupun tidak nyaman dipakai. Tentunya itu semua akan merusak penampilan kita bukan??

Saat ini telah beredar berbagai merk dan model sepatu wanita. Bahkan diantara sepatu wanita tersebut dibandrol dengan harga yang tinggi. Tidak jarang wanita yang memilih sepatu wanita branded untuk menunjang penampilannya tersebut. Namun demikian, sepatu wanita branded dengan harga selangit tidak menjamin kenyamanan kaki anda.

Untuk menunjang penampilan anda serta memperhatikan kenyamanan kaki anda, kali ini kita akan membahas tips memilih jenis sepatu wanita.

 

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita

1. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Sisi Terpotong (Cutaway Arch Shoes)

Sepatu jenis ini memiliki ciri satu bagian atau sisi kiri atau kanan terbuka.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Sisi Terpotong (Cutaway Arch Shoes)

Cutaway Arch Shoes

Sepatu ini cocok digunakan untuk wanita yang memiliki kaki pendek. Dengan memakai sepatu cutaway arch, kaki pendek akan terlihat lebih jenjang dan kecil. Ujung sepatu yang menyempit serta bagian sisi terpotong menambah kesan panjang pada kaki. Ini adalah pilihan tepat jika Anda harus mengenakan sepatu berhak pendek tetapi perlu tampilan yang membuat tinggi.

2. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu datar (Flat Shoes)

Sepatu jenis ini berbentuk datar tanpa hak. Sepatu datar cocok digunakan oleh siapapun yang mengutamakan kenyamanan saat menggunakan sepatu.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu datar (flat Shoes)

Flat Shoes

Sepatu datar dengan ujung bulat cocok untuk kaki yang panjang dan kurus. Sepatu datar dengan ujung depan menyempit cocok untuk yang bertubuh mungil ataupun memiliki paha tebal, karena ujung menyempit membuat kaki terlihat lebih panjang.

Sepatu ini sesuai digunakan dengan jenis baju apapun. Jeans, celana kapri, dan baju casual lainnya sangat cocok dipadupadankan dengan sepatu ini. Hindari pemakaian sepatu datar dengan rok selutut, karena outfit anda terlihat berat dibawah, sangat kuno dan membuat kaki terlihat pendek.

3. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Ujung Jari Mengintip (Peep-Toe Shoes)

Sepatu peep-toe memiliki lubang kecil berbentuk bulat yang akan memperlihatkan jari kaki, biasanya ibu jari atau jari tengah yang hanya akan terlihat.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Ujung Jari Mengintip (Peep-Toe Shoes)

Peep-Toe Shoes

Seperti halnya dengan sepatu datar (flat), peep-to shoe juga cocok bagi siapapun. Namun demikian, pilihlah peep-to shoe dengan tipe platform (bagian sol di bawah bola kaki depan lebih tebal), karena akan menciptakan siluet yang tinggi dan semampai.

4. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Ujung Jari Terbuka (Open-Toe Shoes)

Sepatu open toe shoe memiliki lubang lebih besar dibanding peep toe shoes dan memperlihatkan keseluruhan jari kaki pemakai. Bagian belakang pada umumnya tertutup, sehingga baik digunakan pada acara formal atau informal.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Dengan Ujung Jari Terbuka (Open Toe Shoes)

Open Toe Shoes

Sepatu ini cocok digunakan oleh wanita yang memiliki kaki yang ramping. Kelebihan menggunakan sepatu ini adalah kaki tidak berkeringat sehingga lebih nyaman dan dengan lubang di ujung sepatu, memungkinkan Anda untuk pamer cat kuku kaki

5. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Tali di Pergelangan Kaki (Ankle Strap)

Sepatu ini memiliki satu atau dua tali pada pergelangan kaki yang berfungsi untuk mengencangkan serta sebagai pemanis pergelangan kaki.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Tali di Pergelangan Kaki (Ankle Strap)

Ankle Strap Shoes

Sepatu ankle strap cocok untuk mereka yang memiliki kaki jenjang, kurus, dan tinggi. Tali pada pergelangan tersebut bisa memutuskan garis pada kaki, sehingga membuatnya terlihat tidak terlalu panjang atau kurus.

Sepatu ini cocok dipadupadankan dengan rok mini, rok pencil selutut, dan gaun cantik. Namun demikian sepatu ini tidak cocok saat dipadukan dengan loose jeans (jeans longgar), celana kargo, harem, celana panjang dengan siluet lurus yang lebar.

6. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Stiletto

Sepatu stiletto merupakan salah satu jenis sepatu hak tinggi yang digemari banyak wanita karena bentuknya yang unik dan juga menarik. Sepatu stiletto mempunyai hak yang ramping dan tipis sedangkan bagian depannya terlihat runcing.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Stiletto

Sepatu Stiletto

Sepatu stiletto dapat memberikan kesan seksi dan membuat kaki terlihat lebih kencang dan juga panjang. Sangat pas digunakan ketika menghadiri acara formal ataupun ke pesta dan menonjolkan sisi feminin, elegan dan seksi.

Sepatu stiletto cocok dipadukan dengan celana panjang agar kaki anda terlihat jenjang atau rok pensil. Memilih sepatu berhak stiletto sedikit lebih rumit, pastikan haknya kuat dan tidak mudah goyah agar Anda pun bisa berjalan dengan nyaman. Namun, untuk beberapa wanita, penggunaan stiletto yang terlalu sering akan mengakibatkan sakit pada bagian pinggang.

7. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Tali belakang (Sling Back)

Sepatu slingback adalah jenis sepatu wanita yang memiliki bagian terbuka dibagian tumit serta terdapat tali dibagian belakang yang melingkari pergelangan kaki.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Tali belakang (Sling Back)

Sling Back Shoes

Sepatu jenis ini akan terlihat lebih seksi jika bagian depan sol sepatunya tebal (platform) untuk menambah tinggi, plus bagian depannya terbuka (peep toe).

8. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak kecil (Kitten Heels)

Sepatu kitten heels memiliki hak yang rendah atau medium. Sepatu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan sepatu french heels, namun memiliki hak yang sangat kecil dan berbentuk seperti busur panah. Biasanya, sepatu ini memiliki tinggi kurang dari 3 cm.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak kecil (Kitten Heels)

Kitten Heels

Sepatu jenis ini cocok digunakan untuk wanita yang pendek. Selain itu, sepatu hak kecil juga cocok digunakan untuk wanita yang gemuk, tanpa menyiksa diri dengan hak tinggi.

Sepatu kitten heels cocok dipadankan dengan gaun semi formal, kantoran (blazer casual, rok lurus, atau rok A-Line), celana 7/8 ataupun digunakan dalam acara-acara kasual.

9. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak tebal (Chunky Heels)

Chunky heels merupakan sepatu yang dengan hak yang tebal dan tinggi. Chunky heels sempat populer ketika The Spice Girls menjadi artis pada jamannya.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak tebal (chunky heels)

Chunky Heels

Sepatu hak tebal (chunky heel) cocok digunakan untuk wanita yang memiliki kaki kurus dan panjang, karena membuat tubuh terlihat pendek serta menarik perhatian ke arah kaki, meninggalkan pandangan siluet yang tinggi dan kurus.

10. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Boot

Sepatu boot memiliki ciri tertutup secara keseluruhan. Boots ada yang hanya sampai pergelangan kaki, sampai setengah betis dan ada yang sampai selutut.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Boot

Sepatu Boot

Sepatu boot selutut (knee-high boot) cocok jika dipadu padankan dengan celana sewarna, yaitu untuk menghindari kesan pendek. Sepatu boot selutut (knee-high boot) cocok digunakan oleh wanita yang memiliki tubuh tinggi dan jenjang. Sebaliknya, wanita yang bertubuh mungil ataupun memiliki paha tebal tidak cocok memakai sepatu jenis ini.

Sepatu boot sangat cocok bila digunakan dengan jeans atau rok mini. Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis ankle boot menjadi salah satu pilihan tepat. Anda dapat memilih menswear style (seperti oxford) namun memiliki hak boot. Anda juga dapat memilih perpaduan antara sepatu gladiator dan boot untuk jalan-jalan di sore hari dan padukan dengan celana pendek.

11. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak Tebal (Wedge Heels)

Sepatu berhak tebal dari depan hingga belakang ini cocok untuk semua jenis tubuh. Sepatu jenis ini pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan stabilitas dan keseimbangan dan tak ingin mengenakan hak belakang yang tebal.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Hak Tebal (Wedge Heels)

Wedge Heels

Hak sepatu ini tidak mudah patah dan cocok bagi anda yang memiliki berat badan lebih. Namun, wedge tetap memberi kesan ramping pada kaki dan tinggi yang sesuai tanpa terlihat aneh.

Anda dapat memadukannya dengan Bohemian style, pencil skirt, A-line skirt, celana dengan potongan yang lebar, jeans, skinny pants. Sepatu jenis ini bentuknya sederhana dan terkesan santai sehingga cocok digunakan untuk sekedar jalan-jalan.

12. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Sandal (Sling Back Shoes)

Jenis sepatu ini perpaduan antara mole dan pump. Tertutup di bagian depan kaki, namun memiliki tali pengikat yang di bagian belakang kaki. Sering juga disebut sepatu sandal. Cocok digunakan dengan rok model A-line sehingga dapat memberi kesan feminim pada penampilan anda.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Sandal (Sling Back Shoes)

Sling Back Shoes

13. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Labu (Pump Shoes)

Dinamakan sepatu labu karena ujung sepatu ini menyerupai buah labu, berbentuk setengah bundar. Pump shoes merupakan sepatu hak tinggi yang tertutup disemua sisi kaki dan biasanya menggunakan hak model stiletto.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Labu (Pump Shoes)

Pump Shoes

Sepatu jenis ini cocok bila dikombinasikan dengan rok mini atau skinny jeans karena bentuk haknya membuat si pemakai terlihat lebih seksi.

14. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Selop/Mule/Slippers

Sepatu jenis ini sangat mudah digunakan karena hanya tertutup pada jari-jari kaki, tidak pada tumit. Bagian pada jari kaki bisa seluruhnya tertutup atau dapat berupa open toe atau peep hole shoe.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Selop/Mule/Slippers

Sepatu Selop

Sepatu jenis ini dapat disesuaikan pada situasi apapun. Selop dengan bagian belakang terbuka dan menyerupai sandal ini dapat digunakan bila anda ingin tampil santai tetapi ingin tetap berkesan sopan.

Anda dapat terlihat kasual dengan memakai selop yang tidak terlalu banyak detail, atau dengan bentuk desain seperti sneaker. Anda pun dapat memakainya pada pesta dengan memilih yang dihiasi batu-batu permata, atau warna glamor.

15. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Loafers

Loafer adalah sebutan untuk sepatu pantofel. Sepatu model loafers memiliki sol datar ataupun berbentuk selop, paling pas dipadankan dengan celana pantalon atau kapri. Jenis loafer untuk wanita biasanya berhak tapi tidak terlalu tinggi. Haknya berbentuk kotak dengan bentuk sepatu yang tertutup.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Loafers

Sepatu Loafers

Bagi Anda yang memiliki kaki jenjang, loafer bisa dipadukan dengan rok mid-length. Padukan celana chino, long sleeve motif garis, tas tali panjang dengan loafer datar untuk memberikan tampilan musim panas yang edgy.

16. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu French Heels

Sepatu French Heels memiliki tinggi hak yang medium dan biasanya berbentuk lengkung dan kotak di bagian bawah haknya. Sepatu yang dikembangkan oleh King Louis XIV ini dapat digunakan untuk beraktivitas di kantor dan cocok digunakan dengan pakaian apapun.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu French Heels

French Heels

17. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu T-Bar (T-Bar Shoes)

Sepatu ini memiliki tali pengikat yang berada di tengah-tengah pergelangan dan jari kaki berbentuk huruf T.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu T-Bar (T-Bar Shoes)

T-Bar Shoes

Sepatu T-bar cocok digunakan untuk wanita dengan postur tubuh sangat tinggi dan kurus, karena dapat memberikan ilusi lebih pendek.

18. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Mary Jane (Mary Jane/Dolly Shoes)

Sepatu mary jane merupakan sepatu yang terlihat kasual dan memiliki tali dibawah pergelangan kaki dengan ujung kaki bulat atau sedikit kotak. Sepatu mary jane dapat berupa flat ataupun berhak.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Mary Jane (Mary Jane/Dolly Shoes)

Mary Jane/Dolly Shoes

Sepatu mary jane cocok dipadukan dengan legging, skinny jeans ataupun rok mini. Namun, jangan menggunakannya dengan harem, celana kargo, dan celana berpotongan lurus dan lebar.

19. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Platform (Platform Shoes)

Istilah platform bukanlah untuk jenis hak yang digunakan tetapi untuk bagian sol. Sepatu platform memiliki ciri yaitu hak dan sol sepatunya sangat tebal, sehingga mampu menunjang tinggi badan pemakainya.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Platform (Platform Shoes)

Platform Shoes

Sepatu platform biasanya dipadukan dengan hak wedge (hak tebal), atau stiletto. Bedanya dengan wedges, hak nya terpisah dengan sol bagian depan, dan tinggi hak nya di atas 9 cm. Namun jika dipadukan dengan hak wedge maka dapat disebut platform wedge.

Sepatu ini cocok digunakan oleh wanita dengan tubuh mungil, sehingga akan terlihat lebih ramping dan tinggi semampai. Kelebihan sepatu ini adalah tidak membuat pemakainya mudah lelah. Sepatu ini cocok dipadukan dengan celana apapun kecuali celana kargo.

20. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Oxford (Oxford Shoes)

Jika anda sering melihat sepatu kerja para pria, berarti anda sering melihat jenis sepatu oxford. Sepatu jenis ini dikembangkan untuk dapat digunakan wanita. Oxford akan memberikan kesan maskulin pada wanita, tapi tetap terlihat cantik. Perpaduan antara oxford dengan skinny jeans, legging, mid-lenght skirt (rok selutut), atau rok mini akan membuat penampilan berbeda, namun tetap menarik.

Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Oxford (Oxford Shoes)

Oxford Shoes

 

Selain itu, masih ada beberapa tips memilih jenis sepatu wanita, yaitu dengan memperhatikan ujung sepatu :

1. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Ujung membulat

Sepatu hak tinggi dengan ujung membulat cocok untuk mereka yang memiliki tubuh tinggi dan kurus, karena ujungnya yang membulat seakan memotong bagian tubuh yang akhirnya akan membuat seseorang terlihat lebih pendek. Bagi wanita yang bertubuh mungil ataupun memiliki paha tebal tidak cocok memakai sepatu jenis ini.

2. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Ujung Runcing (Pointed Heels)

Sepatu dengan ujung runcing tidak cocok digunakan oleh wanita dengan tubuh yang sangat tinggi dan kurus, karena akan memperkuat penampilannya yang tinggi dan kurus tersebut.

3. Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita : Sepatu Ujung kotak

Sama seperti sepatu hak tinggi dengan ujung membulat, sepatu ujung kotak juga membuat wanita terlihat lebih pendek. Lebih baik dikenakan oleh yang memiliki kaki panjang dan kurus.

Itulah tips memilih jenis sepatu wanita yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui jenis sepatu wanita tersebut, anda tidak akan salah membeli jenis sepatu wanita yang cocok untuk anda.

Demikianlah artikel “Tips Memilih Jenis Sepatu Wanita”, semoga bermanfaat bagi anda dan dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri anda. Apabila anda memiliki tips memilih jenis sepatu wanita, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...