Tips Dan Trik Memilih Maskara Yang Cocok Untuk Kulit Anda

Bagaimanakah tips dan trik memilih maskara yang cocok untuk kulit anda?? Kebanyakan wanita mungkin setuju bahwa maskara yang baik adalah sangat penting untuk setiap rutinitas anda. Ada banyak sekali jenis maskara yang saat ini beredar mulai dari mempertebal, mempergelap, memperpanjang dan/atau memperjelas bulu mata.

Dengan begitu banyak pilihan maskara tersebut, tentu akan membingungkan anda karena beberapa maskara mungkin tidak cocok bagi anda, pemakaian maskara yang salah akan menyebabkan bulu mata anda rontok. Lalu bagaimanakah tips dan trik memilih maskara yang cocok untuk kulit anda?? Berikut ulasannya.

Tips Dan Trik Memilih Maskara Yang Cocok Untuk Kulit Anda

Bagaimana tips dan trik memilih maskara yang cocok untuk kulit anda??

  1. Bacalah Review Produk Maskara. Sebelum menggunakan maskara, bacalah review produk dari maskara tersebut. Pilihlah review produk yang tidak bertujuan komersial, karena review yang bertujuan komersial sama saja dengan iklan dan cenderung menyembunyikan kelemahan produk tersebut.
  2. Kenali jenis bulu mata anda. Sebelum membeli dan memakai maskara, ada baiknya anda mengenali terlebih dahulu bulu mata anda.
    • Bulu mata tipis : pilih maskara yang berfungsi mempertebal bulu mata. Maskara jenis ini pada umumnya terdiri dari 2 komponen. Komponen pertama untuk pulasan dasar maskara dan komponen kedua untuk mempertegas warna bulu mata anda.
    • Maskara untuk bulu mata tebal dan pendek. Karena bulu mata sudah tebal, maka anda tidak perlu memakai maskara yang memberikan efek volume. Sebaiknya, pilih maskara yang memanjangkan (lengthen) dan melentikkan (curl up). Untuk tekstur maskara, pilihlah tekstur maskara yang sedikit cair.
    • Maskara untuk bulu mata tebal & panjang. Beruntunglah bagi anda yang memiliki jenis bulu mata ini, karena anda dapat memakai jenis maskara apapun. Namun yang perlu anda perhatikan, jika memakai maskara dengan efek mempertebal (volume) maka oleskan sekali agar tidak berat dan menghindari penggumpalan.
    • Maskara untuk bulu mata tipis & pendek. Untuk bulu mata yang tipis dan pendek, pilihlah maskara yang mempertebal dan memanjangkan. Lebih baik lagi jika bentuk kuas sedikit melengkung untuk mempermudah jangkauan lapisan maskara dalam sekali sapuan. Sebaiknya pilih tekstur maskara yang sedikit cair.
    • Maskara untuk bulu mata tipis & panjang. Untuk jenis bulu mata tipis dan panjang, gunakan maskara yang mempertebal dan/atau melentikkan (curl up). Pakailah maskara dengan mengulang, untuk memberikan kesan tebal.
  3. Formula. Selain berfungsi mempertebal atau memperpanjang bulu mata, produsen maskara juga menawarkan maskara yang tahan air dan tahan gumpal.
    • Maskara tahan air atau waterproof umumnya tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari karena bisa membuat bulu mata lebih kering. Maskara tahan air digunakan dalam keadaan basah misal cuaca sering hujan atau kondisi panas yang membuat tubuh berkeringat. Untuk membersihkan, anda harus berhati-hati karena maskara anti air membuat bulu mata kaku sehingga bulu mata anda rapuh atau rontok saat membersihkan.
    • Maskara anti gumpal, jika memungkinkan pilihlah maskara yang dilengkapi dengan formula anti gumpal (anti clump). Karena maskara anti gumpal membuat riasan wajah anda semakin sempurna.
  4. Bentuk Kuas Maskara. Seperti halnya dengan sisir rambut, bentuk kuas maskara berbeda-beda dirancang untuk memberikan efek yang berbeda. Maskara yang membuat bulu mata menjadi lentik maka bentuk kuas maskara juga melengkung. Bentuk kuas yang panjang akan memberikan efek bulu mata yang lurus. Untuk maskara yang berfungsi mempertebal bulu mata, gunakan kuas yang tebal dengan bulu kuas yang lebih padat. Untuk anda yang belajar memakai maskara, gunakan maskara dengan bulu kuas yang pendek, karena lebih mudah mengatur bulu mata anda.
  5. Warna. Sesuaikan maskara sesuai warna rambut anda. Untuk pemakaian harian, gunakan maskara warna hitam atau coklat tua. Untuk acara khusus, pilihlah maskara sesuai riasan anda.

Itulah tips dan trik memilih maskara yang cocok untuk kulit anda. Bagaimana jika maskara anda luntur? Hal yang paling ditakuti pemakai maskara adalah lunturnya maskara. Ada kemungkinan anda menggunakan maskara yang salah untuk bulu mata anda, selain itu bisa juga terjadi karena cara anda salah dalam memakai maskara. Agar maskara anda tidak mudah luntur anda dapat membaca artikel saya “Cara menggunakan maskara agar tidak cepat luntur“.

Jadi sekarang anda tahu tentang Tips Dan Trik Memilih Maskara Yang Cocok Untuk Kulit Anda, semoga bermanfaat bagi anda.


Baca juga :
loading...