Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Terkena Diabetes Tipe 2

Taukah anda bahwa sering begadang bisa mengakibatkan terkena diabetes tipe 2?? Apakah anda sering begadang??berhati-hatilah karena begadang tidak hanya menyebabkan sirosis hati seperti telah saya tulis disini, namun begadang ternyata dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2. Begadang merupakan salah satu penyebab diabetes tipe 2 selain kegemukan (obesitas).

Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Terkena Diabetes Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 atau biasa disingkat diabetes tipe 2 adalah diabetes yang tidak tergantung oleh hormon insulin atau diabetes onset dewasa. Diabetes melitus tipe 2 merupakan kelainan metabolik yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi dalam konteks resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Penyakit diabetes melitus tipe 2 merupakan kebalikan dari diabetes melitus tipe 1, dimana terdapat defisiensi insulin mutlak akibat rusaknya sel islet di pankreas. Gejalanya antara lain haus berlebihan, sering kencing, dan lapar terus-menerus. Dari total pengidap diabetes, diabetes tipe 2 paling banyak jumlahnya yaitu 90%, sedangkan diabetes tipe 1 hanya 10%. Nah, sekarang apa hubungannya begadang dan diabetes tipe 2?? Berikut penjelasan kenapa sering begadang bisa mengakibatkan terkena diabetes tipe 2.

Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Terkena Diabetes Tipe 2

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Occupational and Enviromental Medicine, menunjukan bahwa orang yang sering begadang lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2. Studi ini berangkat dari pemikiran mengenai risiko diabetes tipe 2 yang dipengaruhi oleh lingkar pinggang, hormon dan jam tidur. Dari hasil studi ternyata ditemukan 9% orang yang sering begadang merupakan penyandang diabetes tipe 2. Selain itu resiko diabetes pada laki-laki diketahui sebesar 35%. Namun, bagi laki-laki yang sering begadang, resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat hingga 42%.

Kenapa sering begadang bisa mengakibatkan terkena diabetes tipe 2?? Alasannya karena orang yang sering begadang, banyak yang memiliki jadwal makan dan tidur tidak teratur. Makan malam membuat tubuh lebih mudah menyimpan energi sebagai lemak. Hal ini juga mendukung obesitas yang erat kaitannya dengan diabetes tipe 2. Nah, anda sudah tau kan kenapa sering begadang bisa mengakibatkan terkena diabetes tipe 2. Lalu bagaimana cara mengobati dan mencegah diabetes tipe 2?? Berikut ulasannya

Cara Mengobati dan Mencegah Diabetes Tipe 2

Cara mengobati dan mencegah diabetes tipe 2 dilakukan dengan meningkatkan olahraga dan diet. Bila kadar glukosa darah tidak turun melalui cara ini, pengobatan misalnya dengan metforminatau insulin, mungkin diperlukan. Pasien yang menggunakan insulin harus memeriksa kadar glukosa darah secara rutin.

Untuk pencegahan diabetes tipe 2, dilakukan melalui pengaturan nutrisi dan olahraga yang teratur.Perubahan gaya hidup yang intensif dapat menurunkan risiko menjadi setengahnya. Selain itu disarankan juga untuk rajin berolahraga serta banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan mengurangi konsumsi minuman mengandung gula.

Seperti diketahui bahwa diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronik yang berhubungan dengan harapan hidup sepuluh tahun lebih pendek karena diabetes tipe 2 menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi antara lain jantung iskemik, stroke, amputasi tungkai bawah, kebutaan non-traumatik, gagal ginjal, disfungsi seksual, dan sering mengalami infeksi.

Anda sudah tau kan penyebab diabetes tipe 2 serta cara mengobati dan mencegah diabetes tipe 2?? Dengan mengetahui penyebab dan bahayanya diabetes melitus tipe 2 diharapkan anda lebih berhati-hati. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya jika mulai sekarang anda mencoba untuk hidup sehat dengan makan makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Jagalah pola makan dan imbangi dengan olahraga yang teratur. Dengan hidup sehat anda akan terhindar dari bahaya diabetes tipe 2.

Demikian artikel “Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Terkena Diabetes Tipe 2“. Apabila anda memiliki pengalaman seputar penyakit diabetes tipe 2, alangkah indahnya jika anda mau berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...