Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Fungsi Hati Terganggu

Taukah anda bahwa sering begadang bisa mengakibatkan fungsi hati terganggu?? Apakah anda tipikal seorang workoholic atau mengejar karier?? Apabila iya, maka pastinya anda tidak jarang melakukan kerja lembur (begadang)sampai malam. Berhati-hatilah dengan begadang, karena sering begadang bisa mengakibatkan fungsi hati terganggu.

Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Fungsi Hati Terganggu

Begadang merupakan aktivitas dimalam hari dimana tubuh dipaksa untuk melakukan pekerjaan pada saat tubuh seharusnya beristirahat. Jika dilakukan sesekali, tubuh masih bisa beradaptasi.’Namun apabila anda sering begadang, maka kebiasaan tersebut akan mengganggu kesehatan hati anda karena hati adalah organ metabolisme. Saat basal meningkat, hati akan menghasilkan energi untuk mengakomodir kebutuhan basal.

Pekerja malam memiliki resiko terkena sirosis hati lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bekerja di siang hari. Jika sudah terjadi sirosis hati, maka metabolisme anda akan terganggu.

Apabila anda sering begadang, pastikan mengenai jam istirahat anda. Pada siang hari, anda harus meluangkan waktu beristirahat. Tidak lupa mengenai asupan gizi, hindari makanan yang tinggi lemak untuk mencegah perlemakan hati lebih lanjut dan pemberian protein dilakukan secara bertahap. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan untuk meningkatkan antioksidan dalam darah anda.

Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Fungsi Hati Terganggu

Begadang merupakan salah satu penyebab hepatitis

Sirosis hepatis memiliki gejala fisik berupa kulit kuning seperti hepatitis, tapi sudah mencapai tingkat sirosis di mana jaringan pada hati banyak yang mulai rusak dan mati. Akibatnya, bisa berujung pada kanker hati. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga kesehatan hati. Sebab, keluhan baru timbul ketika fungsi hati sudah sangat rendah. Sehingga, ketika diketahui ada gangguan, sudah mencapai tahap yang parah.

Dengan mengetahui resiko begadang terhadap kesehatan hati, diharapkan anda lebih berhati-hati pada saat begadang. Tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips diatas.

Semoga artikel “Sering Begadang Bisa Mengakibatkan Fungsi Hati Terganggu” dapat bermanfaat bagi anda.

 


Baca juga :
loading...