Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Dan Pria

Penyebab rambut rontok pada wanita dan pria – Masalah rambut merupakan sesuatu yang sering dialami oleh sebagian besar orang, diantaranya adalah ketombe, kerontokan, rambut bercabang dan lain-lain. Jelas sekali masalah ini sangat mengganggu Anda bukan? Salah satu masalah rambut yang sering menimpa kita adalah kerontokan rambut. Rambut rontok sering dialami kaum wanita, tak jarang juga dialami oleh kaum lelaki. Masalah rambut rontok jelas sekali mengganggu percaya diri Anda, apalagi kalau terjadi kerontokan rambut yang parah. Kerontokan parah bisa mengakibatkan rambut menjadi tipis dan bahkan akan mengalami kebotakan. Kebotakan ini lebih banyak dialami oleh kaum lelaki namun sebagian wanita juga mengalaminya. Sebelum mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, tidak ada salahnya jika Anda perlu mengetahui penyebab rambut rontok pada wanita dan pria, agar nantinya anda dapat menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Dan Pria

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Dan Pria

Berikut adalah 5 penyebab rambut rontok pada wanita dan pria.

1. Penyebab Rambut Rontok Karena Perubahan Hormon

Kerontokan rambut bisa diakibatkan oleh perubahan hormon yang ada dalam tubuh. Kerontokan rambut yang sering dialami oleh wanita umumnya diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon pada saat para wanita dalam kondisi hamil, menopause, menghentikan alat kontrasepsi dan melahirkan. Tetapi Anda jangan khawatir, karena masalah kerontokan akan selesai dengan sendirinya pada saat hormon yang ada di dalam tubuh sudah kembali seimbang. (Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil)

2. Penyebab Rambut Rontok Karena Faktor Genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan merupakan salah satu penyebab rambut rontok pada pria. Biasanya apabila mereka memiliki ayah yang juga mengalami masalah kebotakan, maka bisa jadi anak mereka akan mengalami kebotakan juga. Oleh karena itu, apabila Anda terindikasi akan mengalami masalah kebotakan karena faktor genetik ini, maka rawatlah rambut Anda sebaik mungkin dari sejak awal. Hal ini dimaksudkan untuk membantu Anda memperlambat terjadinya kebotakan rambut.

3. Penyebab Rambut Rontok Karena Gangguan kesehatan

Beberapa gangguan kesehatan yang menimpa beberapa orang bisa juga menjadi penyebab dari masalah kebotakan. Gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kebotakan adalah biasa dialami oleh penderita lupus, diabetes, gigi berlubang dan infeksi jamur pada kulit kepala. Untuk mengatasi masalah kebotakan rambut tersebut, disarankan untuk melakukan pengobatan terlebih dahulu dari penyakitnya itu. dengan sembuhnya gangguan kesehatan tersebut maka secara tidak langsung masalah kebotakan akan teratasi dengan sendirinya.

4. Penyebab Rambut Rontok Karena Depresi

Depresi merupakan tekanan psikis yang dapat membuat seseorang menjadi stres. Kondisi ini bisa berpengaruh pada kesehatan rambut Anda. Penyebab rambut rontok yang diakibatkan oleh kondisi stres seseorang akan membuat ketidakseimbangan hormon. Hal inilah yang membuat Anda mengalami kerontokan rambut. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari stres.

5. Penyebab Rambut Rontok Karena Penggunaan Bahan Kimia

Sekarang ini banyak sekali produk-produk untuk rambut yang mengandung bahan kimia. Bahan kimia yang terkandung dalam produk yang diperuntukkan untuk rambut sangatlah berbahaya untuk kesehatan rambut Anda, apalagi jika penggunaannya secara berlebihan dan tanpa dibarengi dengan perawatan rambut yang rutin. Oleh karena itu, kurangi untuk melakukan kebiasaan seperti mengeriting, mewarnai rambut, meluruskan rambut yang semuanya itu menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia.

Itulah 5 penyebab rambut rontok pada wanita dan pria. Dengan mengetahui penyebab-penyebab dari masalah kerontokan rambut, Anda bisa mencari solusi yang tepat bagi rambut Anda. Untuk mengatasi masalah kerontokan ini, disarankan untuk melakukan perawatan rambut secara alami. Karena dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut, tidak akan memberi efek samping yang berbahaya bagi kesehatan rambut Anda. Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk perawatan rambut adalah seperti lidah buaya, minyak zaitun, jeruk nipis, madu, santan dan minyak kelapa. Tidak ada salahnya untuk sekarang beralih ke perawatan rambut secara alami. (Baca juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami)

Demikianlah artikel “Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Dan Pria“, semoga informasi tersebut dapat memberikan pengetahuan lebih pada anda agar dapat mencegah kerontokan rambut. Tidak ada salahnya jika anda berbagi artikel ini pada teman anda. Barangkali mereka belum mengetahui tentang penyebab rambut rontok pada wanita dan pria.


Baca juga :
loading...