Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencegah Ketiak Hitam

Penyebab ketiak hitam dan cara mencegah ketiak hitam – Masalah yang dihadapi oleh banyak wanita selain wajah kusam adalah ketiak hitam. Kulit ketiak hitam mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang saat memakai baju tanpa lengan. Ketika kamu memakai tank top, pastinya kamu tidak akan membiarkan bulu ketiakmu kelihatan kan?? Untuk menghilangkan bulu ketiak, banyak wanita yang memiliki kebiasaan mencukur bulu ketiak, tujuannya agar ketiak menjadi putih bersih. Nah, taukah kamu kebiasaan mencukur rambut ketiak akan membuat kulit ketiak menjadi hitam?? Penyebab ketiak hitam selain karena kebiasaan mencukur bulu ketiak juga disebabkan oleh faktor lain. Berikut adalah penyebab ketiak hitam dan cara mencegah ketiak hitam :

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencegah Ketiak Hitam

Ketiak putih dambaan setiap wanita

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencegah Ketiak Hitam

Apa sajakah penyebab ketiak hitam dan cara mencegah ketiak hitam?? berikut ulasannya.

 

Penyebab Ketiak Hitam

  • Penyebab ketiak hitam karena faktor genetik, yaitu adanya faktor keturunan dari orang tua ataupun kakek dan nenek.
  • Penyebab ketiak hitam karena iritasi akibat deodoran. Pemakaian deodoran yang salah dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi teriritasi dan selanjutnya menjadi hitam.
  • Penyebab ketiak hitam karena cara mencukur yang salah. Kulit ketiak merupakan kulit yang sangat sensitif, oleh karena itu sebaiknya kamu berhati-hati ketika mencukur bulu ketiak. Proses pencukuran yang salah dan kasar dapat menyebabkan kerusakan pada kulit ketiak dan menjadi penyebab ketiak hitam. Hindari terlalu seringnya mencukur bulu ketiak.
  • Penyebab ketiak hitam karena keringat. Aktivitas yang kamu lakukan pastinya membuat tubuh kamu berkeringat, tak terkecuali di bagian ketiak. Keringat merupakan salah satu penyebab ketiak hitam. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu sering-sering membersihkan ketiak dari keringat. Selain menjadi penyebab ketiak hitam, keringat juga menimbulkan bau yang tak sedap.
  • Penyebab ketiak hitam karena menumpuknya sel kulit mati. Karena menumpuknya sel kulit mati, sebaiknya bersihkan sel kulit mati tersebut dari kulit ketiak agar sel kulit mati digantikan dengan yang baru. Secara alami, pengelupasan sel kulit mati pada kulit ketiak dapat dilakukan dengan menggosoknya dengan batu apung atau mengoleskan krim gula pada ketiak.
  • Penyebab ketiak hitam karena sering memakai baju ketat. Ketiak yang sering tertutupi dengan rapat membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar, kurangnya sirkulasi udara itulah menjadi penyebab ketiak hitam. Sebisa mungkin pakailah baju yang lebih longgar, terutama ketika tidur.

Itulah beberapa penyebab ketiak hitam, nah bagaimana cara mencegah ketiak hitam??

 

Cara Mencegah Ketiak Hitam

Setelah kita mengetahui penyebab ketiak hitam, berikut ini adalah cara mencegah ketiak hitam.

  • Cara mencegah ketiak hitam dengan tidak menggunakan pakaian terlalu ketat. Terlalu sering memakai pakaian ketat membuat sirkulasi udara pada ketiak menjadi tidak lancar. Sirkulasi yang tidak lancar dapat menjadi penyebab ketiak hitam.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan membersihkan ketiak dari keringat. Apabila berkeringat, bersihkan ketiak dari keringat, jangan biarkankan ketiak terlalu lama basah atau lembab karena keringat dapat menjadi penyebab ketiak hitam.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan tidak memakai produk pemutih ketiak sembarangan. Berhati-hatilah dengan produk pemutih ketiak yang mengandung bahan berbahaya atau tidak terdaftar pada BPOM, karena bahan berbahaya dapat menjadi penyebab ketiak hitam.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan menjaga kebersihan.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan tidak teralu sering mencukur bulu ketiak. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan bulu ketiak, pakailah cream yang aman untuk mencukur rambut.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan menjaga pola makan yang sehat. Konsumsilah berbagai macam buah sayur untuk memutihkan wajah ataupun memutihkan ketiak hitam dari dalam.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan memakai lulur body scrub yang berbahan alami misalnya susu, yoghurt dan bengkoang. Lulurkan scrub tersebut secara hati-hati agar lapisan kulit pada ketiak tidak rusak dan pori-pori dalam ketiak tidak melebar.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan membersihkan ketiak pada saat mandi. Setiap kali mandi, bersihkan ketiak dengan seksama agar sisa deodoran atau bedak dapat terangkat. Dengan begitu, ketiak kamu akan bersih. Setelah mandi, keringkan ketiak dengan handuk yang lembut, seka-lah dengan lembut agar kulit ketiak tidak terluka.
  • Cara mencegah ketiak hitam dengan menggunakan deodorant antiperspirant. Pilihlah deodorant yang memiliki kandungan asam linolenat dari minyak biji bunga matahari untuk memutihkan ketiak hitam.

Itulah penyebab ketiak hitam dan cara mencegah ketiak hitam. Semoga dengan mengetahui penyebab ketiak hitam dan cara mencegah ketiak hitam, kamu dapat menghindari faktor penyebab ketiak hitam. Bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki ketiak hitam, tidak ada salahnya kamu membaca artikel mengenai “Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami”, karena produk pemutih ketiak secara alami lebih murah dan bebas efek samping

Demikianlah artikel “Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencegah Ketiak Hitam”. Apabila kamu memiliki pengetahuan, pengalaman dan tips seputar ketiak hitam ataupun cara memutihkan ketiak hitam, tidak ada salahnya jika kamu berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...