Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Ampuh

Penyebab dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh – Ketika sedang mengalami sakit gigi, kita sering mencari obat sakit gigi paling ampuh. Gigi merupakan bagian tubuh yang juga sering diperhatikan oleh wanita. Walaupun letaknya sedikit tersembunyi, namun akan terlihat ketika anda sedang berkomunikasi ataupun sedang memamerkan keramahan anda, yaitu tersenyum. Umumnya, wanita menginginkan gigi yang putih dan bersih. Dengan make up (terutama lipstik) yang bagus dan sesuai warna kulit, penampilan gigi anda juga akan semakin menawan.

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Ampuh

Perawatan gigi yang tepat dapat mencegah terjadinya sakit gigi

Siapa sangka, gigi juga pernah memiliki tren lho di kalangan remaja putri bahkan beberapa wanita pun juga mengikutinya. Beberapa tahun lalu, seperti anda lihat di televisi, banyak artis wanita muda yang menggunakan behel gigi untuk mempercantik giginya. Sampai sekarang pun demam behel juga masih banyak peminatnya. Selain itu, beberapa artis kini mendambakan gigi depan yang agak panjang, atau biasa disebut gigi kelinci, seperti Astrid Tiar, Olla Ramlan dan Vega Darwanti.

Mengikuti trend dengan menggunakan behel gigi, veneer gigi ataupun gigi kelinci memang sah-sah saja, namun juga harus didukung gigi yang sehat. Apa jadinya kalau anda kurang memperhatikan perawatan dan kesehatan gigi?? Nah, disini kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh. Artikel penyebab dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh ini tidak bermaksud mengganti peran dokter, namun hanya memberikan informasi pada anda. Berikut ulasannya :

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Ampuh

Berikut adalah penyebab dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh. Dengan mengetahui penyebab sakit gigi, diharapkan anda nantinya dapat melakukan pencegahan supaya tidak sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi Dan Gigi Berlubang

Sakit gigi disebabkan karena jasad renik yang tumbuh pada gigi yang retak atau berlubang. Munculnya jasad renik tersebut tidak lain disebabkan karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi yang retak atau berlubang. Secara spesifik, penyebab sakit gigi dapat dijelaskan sebagai berikut :

Penyebab Sakit Gigi Dan Gigi Berlubang

Lubang kecil pada gigi dapat menyebabkan sakit gigi

  1. Penyebab Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang & Abses Gigi. Gigi berlubang (karies) merupakan lubang pada lapisan dentin (lapisan kuning dibawa enamel) dan enamel (lapisan keras warna putih bagian luar). Enamel dan dentin tersebut dapat berlbang karena bakteri dalam mulut yang mengubah gula menjadi asam dan kemudian melarutkan enamel dan dentin sehingga terjadi lubang yang menuju pada rongga berisi pembuluh darah dan saraf. Adanya racun bakteri, makanan panas, dingin ataupun asam dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi.
  2. Penyebab Sakit Gigi Karena Penyakit Gusi. Merupakan peradangan pada gusi yang disebabkan oleh racun yang dikeluarkan oleh bakteri dalam plak (campuran sisa makanan, bakteri, air liur yang menumpuk). Peradangan gusi ini menimbulkan rasa sakit.
  3. Penyebab Sakit Gigi Karena Gigi Retak (Cracked Tooth Syndrome). Yaitu sakit gigi yang disebabkan oleh gigi patah. Gigi patah ini diakibatkan karena menggigit objek yang keras.
  4. Penyebab Sakit Gigi Karena Akar Gigi Sensitif. Beberapa orang memiliki akar gigi yang sensitif. Akar gigi sensitif disebabkan karena lapisan gusi serta tulang sekitar akar gigi menipis bahkan hilang, sehingga akar gigi menjadi tak terlindungi dan rawan terjadi rasa sakit akibat makanan panas, dingin atau asam.

Itulah 4 penyebab sakit gigi yang paling umum terjadi. Selain 4 faktor penyebab sakit gigi seperti disebutkan diatas, sebenarnya masih ada faktor lain penyebab sakit gigi seperti gangguan TemporoMandibular Joint (TMJ), impaksi dan erosi gigi serta ketidakseimbangan hormon. Setelah anda mengetahui penyebab sakit gigi, lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi?? Apa obat sakit gigi paling ampuh??

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Ada 2 cara mengobati sakit gigi yang kita bahas kali ini, yang pertama adalah dengan cara alami dan yang kedua adalah menggunakan resep obat sakit gigi. 2 Jenis obat sakit gigi paling ampuh tersebut dapat anda coba salah satunya, namun anda disarankan untuk tetap mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lanjutan ataupun memperoleh resep obat sakit gigi. Tanpa panjang lebar lagi berikut adalah obat sakit gigi paling ampuh secara alami dan menggunakan resep obat sakit gigi.

A. Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Dari Bahan Alami

Selain ampuh, obat sakit gigi tradisional dari bahan alami ini memiliki keunggulan lain, yaitu murah dan mudah didapatkan. Jika anda rasa sakit pada gigi anda melanda secara tiba-tiba namun tidak dapat keluar rumah untuk membeli resep obat sakit gigi, anda dapat mencoba cara mengobati sakit gigi dengan bahan yang mudah anda temukan dirumah anda. Bagaimana khasiatnya?? Jangan khawatir, walaupun tradisional dan alami, bahan berikut juga merupakan obat sakit gigi paling ampuh untuk menghilangkan sakit gigi anda.

  1. Obat Sakit Gigi Dari Garam. Caranya, rebus segelas air sampai mendidih kemudian tambahkan garam secukupnya. Tunggu beberapa menit sampai dingin dan gunakan sebagai obat kumur.
  2. Obat Sakit Gigi Dari Tempurung Kelapa. Tempurung kelapa seringkali tak terpakai dan dibuang ternyata dapat menyembuhkan sakit gigi. Caranya, bakar tempurung kelapa sampai mengelarkan minyak. Oleskan minyak tempurung kelapa pada gigi yang sakit menggunakan kapas bersih. Tempelkan selama beberapa menit sampai sakit gigi anda hilang
  3. Obat Sakit Gigi Dari Bawang Merah. Kandungn antiseptik dan antimikroba pada bawang merah berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, haluskan bawang merah yang telah dikupas kemudian oleskan pada gigi yang sakit. Anda juga dapat mengunyah secara langsung.
  4. Obat Sakit Gigi Dari Jambu Biji. Caranya, siapkan beberapa helai daun jambu biji kemudian haluskan dan oleskan pada gigi yang sakit.
  5. Obat Sakit Gigi Dari Cengkeh dan Daun Sirih. Siapa sangka cengkeh dan daun sirih dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Caranya, rebus segenggam daun sirih dan cengkeh bersama-sama. Biarkan beberapa menit sampai dingin dan gunakan untuk obat kumur. Obat kumur alami ini memiliki khasiat yang sama dengan yang dijual dipasaran.
  6. Obat Sakit Gigi Dari Jeruk Nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga ampuh untuk mengobati sakit gigi. Caranya, peras jeruk nipis kemudian teteskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit. Akan terasa sakit sesaat namun lama-kelamaan akan hilang.
  7. Obat Sakit Gigi Dari Minyak Cengkeh. Minyak cengkeh menandung senyawa anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri yang dapat membunuh dan membasmi bakteri merugikan pada gigi. Caranya, campurkan minyak cengkeh dengan segelas air kemudian gunakan sebagai obat kumur. Anda juga dapat secara langsung meneteskan pada gigi sakit anda.
  8. Obat Sakit Gigi Dari Lada. Caranya, campurkan lada, garam dan sedikit air. Aduk merata sampai berbentuk cream. Oleskan cream alami tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit sampai sakitnya hilang kemudian kumur dengan air bersih.
  9. Obat Sakit Gigi Dari Bawang Putih. Senyawa antibiotik pada bawang putih berkhasiat untuk membunuh bakteri merugikan penyebab sakit gigi. Caranya, haluskan bawang putih dan campurkan garam kemudian oleskan pada gigi yang sakit.
  10. Obat Sakit Gigi Dari Biji Asam Jawa. Caranya, siapkan beberapa biji asam jawa kemudian sangrai sampai kering, lalu haluskan dengan blender dengan menambahkan sedikit air sampai berbentuk cream. Oleskan obat sakit gigi tradisional tersebuh pada gigi yang sakit.

B. Resep Obat Sakit Gigi

Selain menggunakan obat sakit gigi alami, anda tentunya dapat menggunakan resep obat sakit gigi. Penggunaan resep obat sakit gigi memiliki keunggulan yaitu anda tidak perlu meraciknya. Anda cukup meminumnya secara langsung sesuai dosis, dan sakit gigi anda akan hilang. Ingat, anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Beberapa resep obat sakit gigi berikut dapat anda beli secara langsung di apotek, dan beberapa lagi harus menggunakan resep dari dokter.

Resep Obat Sakit Gigi paling ampuh

Cara mengobati sakit gigi dengan resep obat sakit gigi paling ampuh

  1. Resep Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Untuk Sakit Gigi Ringan-Sedang. Jika sakit pada gigi anda tergolong ringan atau sedang, anda dapat mencoba golongan Analgetik Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAID) yang dapat anda beli tanpa menggunakan resep dokter, contohnya seperti ibuprofen dan aspirin. Anda juga dapat menggunakan obat oles berbentuk gel seperti dentasol yang juga tanpa resep dokter. Dentasol mengandung bensokain yang berkhasiat menghilangkan rasa sakit dengan cara melumpuhkan syaraf. Penggunaan dentasol ini sifatnya sementara saja, ketika syaraf anda pulih, anda akan merasa sakit kembali. Penggunaan dentasol ini dimaksudkan sebagai pertolongan pertama sebelum anda berkonsultasi dengan dokter.
  2. Resep Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Untuk Sakit Gigi Yang Berat. Anda dapat mencoba obat golongan anelgetik yang kuat seperti Natrium Diklofenak (Cataflam), naproxen sodium ataupun asam mefenamat. Beberapa diantaranya harus dengan resep dokter. Apabila anda masih merasa sakit setelah mengkonsumsi obat tersebut, anda dapat mencoba metampiron (antalgin). Metampiron ini merupakan obat sakit gigi paling ampuh.

Perhatian : Konsumsilah obat sesuai dosis yang dianjurkan. Untuk ibu hamil, jangan mengkonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter karena akan membahayakan ibu yang mengandung dan janinnya.

Itulah penyebab dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh. Sekali lagi disarankan pada anda untuk tetap mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sebagai tindakan pencegahan, rajin-rajinlah melakukan perawatan pada dokter gigi, menyikat gigi dan hindari penggunaan pemutih gigi secara berlebihan karena alasan kecantikan. Penggunaan pemutih gigi berlebihan dapat mengikis lapisan keras pada gigi sehingga gigi anda semakin rapuh dan rawan terjadi sakit gigi.

Demikianlah artikel “Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat dan Ampuh“, semoga dapat memberi tambahan pengetahuan pada anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi informasi ini pada teman anda. Barangkali mereka membutuhkan informasi mengenai obat sakit gigi paling ampuh.


Baca juga :
loading...