Pentingnya Membacakan Buku untuk Bayi dan Anak Anda

Apakah anda tau pentingnya membacakan buku untuk bayi dan anak anda?? Apakah anda seorang wanita karier?? Jika iya, maka tentulah anda sangat sibuk dan membuat waktu kebersamaan dengan suami dan si kecil menjadi sangat terbatas. Sesibuk-sibuknya anda sebagai wanita karier, usahakan anda tetap menyediakan waktu untuk membacakan buku untuk si kecil.

Pentingnya Membacakan Buku untuk Bayi dan Anak Anda

Studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa tidak hanya gizi anak yang harus diperhatikan oleh orang tua, namun juga perkembangan anak dalam hal berbicara. Anak yang mendengar lebih sedikit kata-kata sejak kecil akan lebih sulit mempelajari kata-kata nantinya. Tentu ini akan menghambat kemampuan belajarnya kelak. Oleh karena itu penting bagi anda sebagai orang tua untuk membacakan buku dengan suara lantang, dimulai dari usia hari pertama sang bayi. Bacakan cerita pengantar tidur untuk memberi otaknya kesempatan untuk berkembang.

Pentingnya Membacakan Buku untuk Bayi dan Anak Anda

“Jika para dokter turut merekomendasikan kepada orang tua tentang manfaat membacakan buku pada anak, maka ini sudah cukup membantu,” ungkap Patti Miller, dari Clinton Foundation and Next Generation.

Miller juga menyebutkan bahwa aktivitas seperti mengajak berbicara dan bernyanyi turut memberikan pengaruh penting pada pertumbuhan otak anak di tahun-tahun awal.

Miller sadar betul pada zaman seperti sekarang ini, peran wanita semakin besar, namun tidak boleh melupakan waktu kebersamaan dengan buah hatinya. Oleh sebab itu, ia merasa langkah kecil ini, yakni menyempatkan diri tetap berbicara dengan anak, bisa menjadi sangat bermanfaat.

“Jika Anda memiliki teman dengan bayi atau balita, dorong mereka juga untuk bernyanyi, berbicara dan membacakan cerita. Kegiatan tersebut sama pentingnya dengan memastikan sang anak mendapatkan nutrisi dan istirahat cukup untuk berkembang,” tandas Miller.

Demikianlah artikel “Pentingnya Membacakan Buku untuk Bayi dan Anak Anda“, apabila anda memiliki pengalaman ketika memberikan cerita pada anak anda, tidak ada salahnya jika anda mau berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...