Pasien Hepatitis Rawan Terancam Kematian Karena Sirosis Hati

Pasien hepatitis rawan terancam kematian karena sirosis hati. 1 dari 4 pasien hepatitis terancam mengalami sirosis hati atau pengerasan hati yang mematikan. Hal tersebut merupakan salah satu tema dari hari hepatitis sedunia yang jatuh pada tanggal 28 Juli.

Jumlah kematian akibat hepatitis sebanyak 1,4 juta orang diseluruh dunia. Menurut data Global Burden of Disease Study 2010, CEVHAP (Coalition to Eradicate Viral Hepatitis in Asia Pacific), disebutkan bahwa penyubang terbesar akibat kematian hepatitis berasal dari Asia Pasifik. Asia pasifik menyumbang kematian akibat hepatitis sebesar 70 Persen dari kematian akibat hepatitis di seluruh dunia. Kematian akibat kanker hati tercatat 9 kali lebih banyak dari kanker prostat dan 2 kali lebih banyak dari kanker payudara.

Sirosis hati menyebabkan berbagai fungsi metabolisme di hati terganggu. Jika tidak tertangani, sirosis hati bisa menyebabkan kanker hati yang mematikan. Adapun gejala sirosis hati adalah putih mata tampak kekuningan, sering merasa lelah, badan terasa lemas serta gatal dan nafsu makan menurun.

Beberapa penyebab utama sirosis hati adalah :

  1. Alkohol. Semakin anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol, semakin tinggi pula anda kemungkinan anda terkena sirosis hati.
  2. Perlemakkan hati nonalkoholik yaitu terjadinya penumpukan lemak dalam hati yang terjadi pada orang yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebih. Selain menyebabkan sirosis hati juga menyebabkan resistensi insulin, sindroma metabolik dan diabetes tipe 2.
  3. Sirosis kriptogenik yaitu sirosis tanpa penyebab yang jelas. Dugaan sementara adalah adanya obesitas dalam waktu lama, diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.
  4. Hepatitis B atau C yang diderita pasien selama bertahun-tahun. Bila infeksi virus hepatitis ini berlangsung lama, maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel hati dan menyebabkan terjadinya sirosis hati, atau bahkan kanker hati.
  5. Kelainan genetika (herediter). Karena adanya kelainan genetika, penderita cenderung menyerap zat besi dalam makanan dalam jumlah berlebihan. Lama-kelamaan, zat besi akan menumpuk dalam berbagai organ dan menyebabkan terjadinya sirosis, radang sendi, gagal jantung dan disfungsi buah zakar.

Dengan mewaspadai gejala dan penyebab sirosis hati, kita diharapkan dapat menjaga kesehatan kita agar terhindar dari penyakit sirosis hati.

Demikianlah artikel “Pasien Hepatitis Rawan Terancam Kematian Karena Sirosis Hati”, semoga bermanfaat untuk anda.

 


Baca juga :
loading...