Pantangan Ibu Hamil


Baca juga :
loading...

Pantangan Ibu Hamil. Setiap pasangan suami istri pastinya mendambakan hadirnya si buah hati. Anda pastinya menginginkan si buah hati lahir dengan sehat bukan?? Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas makanan sehat untuk ibu hamil. Kali ini kita akan membahas pantangan ibu hamil untuk mencegah keguguran dan menjaga agar ibu dan si buah hati dalam kondisi sehat. Ada 2 jenis pantangan ibu hamil, yaitu makanan pantangan ibu hamil dan kegiatan pantangan ibu hamil. Berikut ulasannya

Baca juga : 7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman

pantangan ibu hamil

Ibu hamil harus memperhatikan makanan pantangan untuk ibu hamil

Makanan Pantangan Ibu Hamil

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi ibu hamil ataupun janin, sebaiknya anda menghindari makanan pantangan ibu hamil berikut :

  • Makanan mentah atau setengah matang. Makanan mentah ataupun setengah matang merupakan salah satu makanan pantangan ibu hamil, karena mengandung kuman dan bakteri seperti Listeria dan Salmonella yang menyebabkan keguguran, parasit Toksoplasma yang menyebabkan cacat pada janin serta bakteri E. coli yang dapat merusak usus dan ginjal. Beberapa contoh makanan mentah atau setengah matang seperti daging mentah, ikan mentah, kerang mentah, sashimi, sushi mentah.

Selain itu terdapat beberapa makanan yang terbuat dari campuran makanan mentah (telur mentah) seperti mayonaise, ice cream, custard, salad dressing, ataupun cream kue sebaiknya dihindari.

Makanan mentah merupakan makanan pantangan ibu hamil

Makanan mentah merupakan makanan pantangan ibu hamil

  • Sayuran Mentah. Tidak hanya ikan dan daging mentah, sayuran mentah juga merupakan makanan pantangan ibu hamil. Sayuran mentah mengandung Toxoplasma dan pestisida yang mengganggu pertumbuhan janin. Pastikan anda mencuci bersih sayuran yang anda konsumsi.
  • Seafood. Dalam artikel “Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil“, disebutkan bahwa seafood merupakan salah satu makanan yang baik untuk perkembangan janin, namun demikian anda harus membatasi konsumsi seafood, karena sebagian makanan laut tercemar logam merkuri yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bayi, bayi cacat bahkan keguguran. Anda masih boleh mengkonsumsi makanan laut, namun batasi tidak lebih dari 170 g/minggu.
  • Alkohol. Alkohol juga merupakan makanan pantangan ibu hamil, oleh karena itu hindari minuman atau makanan yang mengandung alkohol (dimasak dengan arak misalnya) karena alkohol bersifat racun bagi janin.
  • Rokok. Hindari kebiasaan merokok. Apabila anda tidak merokok, sebaiknya hindari juga lingkungan berasap rokok.
  • Kafein. Kafein dapat mengganggu detak jantung serta pernafasan janin. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan resiko keguguran. Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi, namun juga dalam minuman suplemen yang banyak beredar dipasaran. Ada baiknya jika anda mengkonsumsi minuman suplemen, terlebih dahulu baca komposisi pada minuman tersebut, selain itu konsultasikan juga pada dokter anda.
  • Hindari obat-obatan tanpa pengawasan dokter. Konsumsilah obat setelah anda berkonsultasi dengan dokter, apakah obat yang anda konsumsi aman untuk kesehatan janin anda.
  • Susu dan produk turunannya (keju). Susu dan produk turunannya sangat baik untuk pertumbuhan janin, namun demikian hindarilah susu mentah dan keju lunak seperti keju brie, camembert, feta, blue cheese dan roquefort karena produk turunan susu tersebut tidak dipasteurisasi sehingga mengandung bakteri Listeria, Salmonella dan E. coli. Pastikan susu yang anda konsumsi telah dimasak serta anda juga boleh mengkonsumsi keju keras dan yoghurt.
  • Hindari makanan yang mengandung pengawet, zat aditif dan MSG (penyedap rasa), karena zat kimia yang terkandung didalamnya dapat membahayakan kondisi kesehatan janin.
  • Teh herbal. Teh herbal kaya akan manfaat, namun tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Hindari teh herbal yang diramu dengan daun rosemary atau raspberry karena dapat memicu kontraksi. Ibu hamil juga dilarang minum teh bunga chamomile. Sebelum anda mengkonsumsi teh herbal, konsultasikan pada dokter.
  • Pemanis buatan. Sebisa mungkin, hindari minuman yang mengandung pemanis buatan. Lebih baik Anda mengkonsumsi minum air putih atau jus buah segar.
  • Kurangi makanan siap saji dan gorengan. Kurangi konsumsi makanan siap saji dan gorengan karena makanan tersebut mengandung kalori tinggi dan menyebabkan kegemukan berlebih saat hamil. Sebagai gantinya anda dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.
  • Hindari makanan/minuman yang mengandung gas sebab bisa membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil. Makanan/minuman yang mengandung gas diantaranya adalah minuman bersoda, garam, kopi dan minuman berkafein.
  • Makanan pantangan ibu hamil yang terakhir adalah buah Nanas. Buah Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat melemahkan leher rahim dan menyebabkan kontraksi hingga keguguran. Bromelian paling banyak terkandung dalam nanas hijau dan mentah. Jika Nanas sudah dikalengkan atau diproses menjadi jus, kemungkinan bromelian akan hancur. Untuk ibu hamil muda sebaiknya menghindari buah nanas.
nanas merupakan salah satu makanan pantangan ibu hamil

Buah nanas merupakan salah satu makanan pantangan ibu hamil

 

Selain makanan pantangan ibu hamil diatas, masih ada juga kegiatan pantangan ibu hamil yang perlu anda waspadai, berikut adalah kegiatan pantangan ibu hamil :

 

Kegiatan Pantangan Ibu Hamil

  • Sauna. Sauna dapat menenangkan pikiran ibu hamil, membuat rileks dan tidak stress. Namun demikian, suhu yang terlalu hangat atau panas dapat mengganggu pertumbuhan janin. Oleh karena itu, hindarilah melakukan sauna.
  • Untuk usia kehamilan 1-3 bulan, hindari melakukan perjalanan jauh karena ibu hamil membutuhkan kekuatan maksimal untuk mensuplai semua hal yang penting bagi pertumbuhan janin. Perjalanan jauh dapat memicu kecapekan, yang berakibat buruk pada janin yaitu suplai nutrisi, energi dan oksigen untuk janin menjadi terhambat dan menyebabkan keguguran.
  • Kegiatan pantangan ibu hamil selanjutnya adalah diet. Ibu hamil tidak boleh melakukan diet, karena membahayakan kondisi kesehatan janin. Janin akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan. Kekurangan nutrisi pada janin dapat menyebabkan bayi cacat bahkan keguguran.
  • Ibu hamil dilarang menggunakan pakaian ketat dan kaku. Pakaian ketat dan kaku dapat menyebabkan pertumbuhan janin tidak maksimal. Sebaiknya gunakan pakaian longgar atau elastis. Sama halnya dengan bra, kenakanlah bra yang nyaman.
  • Kegiatan pantangan ibu hamil selanjutnya adalah olahraga atau aktivitas yang terlalu berat. Pantangan ibu hamil ini penting untuk dihindari, terutama pada trimester 1. Jika terlalu berlebihan, maka aktifitas yang Anda lakukan dapat menyebabkan keguguran.
  • Hubungan suami istri tetap boleh dilakukan namun perlu dilakukan secara hati-hati, karena hubungan suami istri saat hamil juga memiliki manfaat. Anda dapat membacanya manfaatnya disini. Tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan dokter sebelum berhubungan. Pada umumnya dokter hanya melarangnya dalam situasi medis tertentu, seperti dengan placenta previa (ketika sebagian atau seluruh plasenta menutupi pembukaan di serviks Anda), persalinan prematur, atau membran yang pecah terlalu cepat.
  • Kegiatan pantangan ibu hamil lainnya adalah larangan untuk terpapar radiasi dalam waktu yang cukup lama. Misalnya foto rontgen ataupun bekerja di radiologi, hal ini tidak diperbolehkan.
  • Kegiatan pantangan ibu hamil yang terakhir adalah menggunakan kosmetik yang mengandung Hydroquinone, Merkuri/Raksa (Hg) dan Tretinoin / Retinoic Acid / Asam Retinoat yang berakibat buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

 

Itulah pantangan ibu hamil yang perlu anda ketahui. Dengan membatasi kegiatan dan konsumsi makanan pantangan ibu hamil diharapkan anda dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bayi lahir cacat ataupun keguguran. Agar bayi anda sehat, sebaiknya anda juga mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Sebagai panduan, tidak ada salahnya anda membaca 7 Penyebab dan Tanda Keguguran serta Tips Mencegah Keguguran untuk meminimalkan terjadinya keguguran.

Demikianlah Kegiatan dan Makanan Pantangan Ibu Hamil, apabila anda memiliki pengalaman dan tips pantangan ibu hamil, alangkah baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...