Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan.  Yoga pastilah bukan kata asing bagi telinga kita. Tapi, apa sejatinya yoga itu? Yoga adalah sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 3000 SM lalu. Yoga atau yuj dalam bahasa sansekerta kuno berarti union (penyatuan). Penyatuan antara manusia dan Tuhan. Intinya, dengan yoga seseorang dapat mengenal lebih baik tubuhnya, sekaligus Tuhannya.

Yoga pada mulanya hanya dilakukan oleh umat beragama Hindu, namun sekarang sudah banyak orang melakukan yoga. Gerakan yoga dilakukan bukan lagi hanya untuk beribadah bagi umat Hindu, namun lebih cenderung digunakan sebagai olahraga.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat cocok untuk wanita terutama bagi wanita yang malas berolahraga dengan gerakan yang cepat dan tinggi. Ada banyak gerakan dalam yoga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan baik fisik maupun psikologis.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Yoga sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut adalah manfaat yoga bagi kesehatan

  • Menyehatkan pikiran, menguatkan tubuh, otot, serta meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh.
  • Menurunkan berat badan dengan efektif dan tanpa latihan berat.
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas
  • Membuang racun dari dalam tubuh
  • Memperlambat penuaan
  • Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung
  • Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran dan mental, serta lebih kuat saat menghadapi stres.

 

Manfaat olahraga yoga untuk menurunkan berat badan merupakan keinginan utama bagi wanita yang menginginkan tubuh yang langsing dan semampai. Namun bagi pemula terkadang merasa minder karena tidak mampu melakukan gerakan yoga yang rumit. Belum memulai yoga, timbul rasa pesimis tidak dapat melakukan.
Pada artikel ini, kami akan member informasi olah raga yoga untuk menurunkan berat badan yang mudah dan efektif terutama bagi pemula.

 

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah olahraga Yoga untuk menurunkan berat badan dengan 5 pose berbeda. Pose berikut ini cukup mudah dilakukan. Anda dapat mencobanya sendiri dirumah untuk menurunkan berat badan anda.

1. Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Vriksasana

Pose vriksasana merupakan gerakan paling gampang sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus memberikan ketenangan. Pose ini membentuk seperti pohon berdiri dengan Anda berdiri menggunakan satu kaki dan satu lutut ditekuk, tarik nafas, naikkan kedua tangan ke atas. Buang nafas dan tarik kedua tangan ke samping.

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Vriksasana

Pose Vriksasana

2. Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Pose Bhujangasana

Cara melakukannya yoga pose Bhujangasana adalah dengan posisi menelungkup di atas matras, selanjutnya angkat bagian pinggang ke atas sambil bertumpu pada kedua telapak tangan. Gerakan ini mampu mengurangi lemak di daerah perut sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus mengurangi keluhan sakit punggung.

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Pose Bhujangasana

Pose Bhujangasana

3. Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Dhanurasana

Pose Dhanurasana mampu mengurangi lemak-lemak tersembunyi di area perut, paha, pinggang, dan dada. Cara melakukannya dengan menelungkup di atas matras, kemudian angkat tangan dan kaki Anda, pegang pergelangan kaki dengan tetap mengusahakan paha menempel di matras. Tarik nafas dalam-dalam dan coba membuat rileks dalam posisi ini. Pose ini agak berat tetapi cukup efektif sebagai cara menurunkan berat badan.

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Dhanurasana

Pose Dhanurasana

4. Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Paripurna Navasana

Cara melakukannya pose Paripurna Navasana dimulai dengan posisi duduk dengan kaki lurus di atas matras. Kemudian angkat kaki dan tangan sembari mencondongkan tubuh ke belakang sehingga membentuk posisi segitiga. Luruskan tangan di samping lutut. Pertahankan selama 5 kali hitungan. Gerakan ini sebagai cara efektif menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak di area perut, pinggang, dan paha serta lengan.

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Pose Paripurna Navasana

Pose Paripurna Navasana

5. Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Baddha Konasana

Pose Baddha Konasana paling mudah gerakannya. Hanya duduk bersila sambil mempertemukan kedua telapak kaki dan pegang dengan kedua tangan. Posisi duduk harus tegak. Pose ini efektif mengurangi lemak di area perut dan paha.

Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Pose Baddha Konasana

Pose Baddha Konasana

Itulah 5 gerakan olahraga yoga untuk menurunkan berat badan yang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Jangan lupa menggunakan matras atau karpet sebagai alas untuk berolahraga. Olahraga yoga untuk menurunkan berat badan ini akan mendapatkan hasil maksimal jika dilakukan secara rutin setiap hari. Olahraga yang konsisten namun sering akan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Semoga artikel Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada gerakan-gerakan yoga lain yang Anda ketahui, bisa dishare ke kami pada kolom komentar dibawah.


Baca juga :
loading...