Menu Buka Puasa Untuk Diet

Menu buka puasa untuk diet. Bulan yang penuh rahmat dan dinantikan telah tiba, yaitu Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa. saatnya bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa di bulan itu. Sebulan lamanya, umat muslim berpuasa makan, minum, menahan amarah dan nafsu.

Di saat puasa makan dan minum tersebut, tubuh mengalami banyak kekurangan energi dan cairan (dehidrasi). Untuk mengatasi hal tersebut dan sebagai “balas dendam” atas pantangan makan dan minum saat pagi sampai sore hari, banyak orang yang makan makanan berlebih saat berbuka puasa. Mereka tidak mempedulikan lagi makanan sehat, yang dipikirkan hanyalah menghilangkan dahaga dan rasa lapar.

Kondisi tersebut tentunya berakibat buruk bagi kesehatan anda, terutama bagi anda yang mengalami kegemukan (obesitas), karena justru meningkatkan berat badan anda saat puasa. Jadi tak heran jika banyak orang yang berat badannya naik setelah usai melakukan puasa di Bulan Ramadhan.

Lalu apakah bulan puasa merupakan penghambat program diet anda?? Anda tentunya menginginkan puasa berjalan lancar tanpa mengganggu program diet anda. Untuk mengatasi perut buncit/kegemukan, ada baiknya kita memilih menu buka puasa untuk diet. (Baca juga : Cara Mengecilkan Perut Dan Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat)

Dengan memilih menu buka puasa untuk diet, anda akan terhindar dari meningkatnya berat badan seusai puasa. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet yang dapat anda lakukan.

Menu Buka Puasa Untuk Diet

Ada banyak sekali pilihan makanan yang dapat anda santap ketika berbuka, namun anda harus jeli memilihnya. Pilihlah makanan sehat yang dapat me-recovery stamina anda tanpa takut akan perut buncit. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet.

1. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Makanlah makanan berkarbohidrat komples dan kaya vitamin serta minumlah air putih banyak-banyak untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Misal, setelah minum air putih, makanlah kurma atau buah secukupnya, kemudian dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah :

  1. Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam dan kedelai)
  2. Buah (jeruk, pir, anggur dll)
  3. Sayur (Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke dan asparagus)
  4. Biji-bijian (gandum dan beras merah)

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah secara drastis seperti halnya Anda minum segelas teh manis.

 

2. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Rumput Laut

Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Rumput Laut

Rumput Laut

Rumput laut kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan dan mengurangi tumpukan racun dalam usus. Kandungan fitokimia di dalamnya membantu tubuh tetap sehat.

 

3. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Ikan

Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Ikan

Ikan Tuna, Makarel dan Salmon

Ikan tuna, salmon, cod, hingga makarel memiliki BCAA yang tinggi dengan kandungan asam lemak omega 3. Zat ini bagus untuk memperbaiki fungsi otak hingga mengurangi lemak dan kolesterol dalam darah.

 

4. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Daging Sapi

Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Daging Sapi

Daging Sapi

Bagian daging sapi yang memiliki BCAA tinggi adalah topside atau round, yang terletak di paha belakang dekat pantat.

 

Cukup simple bukan menu buka puasa untuk diet?? Selain mengkonsumsi menu buka puasa untuk diet diatas, anda juga harus menghindari makanan dan minuman saat berbuka puasa untuk menjaga kesehatan serta berat badan agar tidak naik. Berikut adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa

 

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

1. Hindari minuman es

Saat berbuka hindari kebiasaan minum air es karena air es menyebabkan konstraksi pada lambung. Selain itu juga dapat menahan lapar sehingga nafsu makan anda akan turun. Akibatnya adalah makanan menu buka puasa untuk diet diatas tidak tersantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan.

2. Hindari Makanan Berlemak

Anda tentu sudah tau bukan kalau makanan berlemak dapat mengakibatkan kegemukan?? Salah satu jenis makanan berlemak adalah gorengan dan fast food.

3. Hindari Makanan dan Minuman Bersantan

Makanan dan minuman bersantan mengandung kolesterol yang tinggi. Jika anda mengkonsumsi makanan dan minuman bersantan, kadar kolesterol anda juga meningkat yang menyebabkan tekanan darah naik (hipertensi), serta kadar gula darah melambung dan penyakit lainnya.

4. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pada perut yang berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Hal itu dikarenakan air soda sangat mudah menyerap air, itulah mengapa meskipun kita banyak minuman bersoda, tubuh kita tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus. Dengan meminum minuman bersoda yang ada justru kita akan menjadi lebih mudah merasakan haus.

Itulah menu buka puasa untuk diet serta pantangan saat berbuka puasa. Dengan menjalankan menu buka puasa untuk diet tersebut, puasa anda akan berjalan lancar, tubuh tetap fit sepanjang hari dan tidak kalah pentingnya, diet juga tetap jalan, sehingga berat badan tidak akan naik seusai bulan puasa. Bagaimana, tertarik mencoba menu buka puasa untuk diet??

Seusai menjalankan ibadah puasa, sangat dianjurkan bagi anda untuk meneruskan diet sehat anda. Anda dapat mencoba diet mayo, diet mudah dengan air putih ataupun diet OCD. Diet sehat tersebut akan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga berat badan akan turun tanpa mengabaikan kesehatan.

Demikianlah artikel “Menu Buka Puasa Untuk Diet”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips menu buka puasa untuk diet, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...