Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat Dan Non Kolesterol

Menu buka puasa dan sahur yang sehat dan non kolesterol – Datangnya bulan ramadhan disambut sukacita oleh kaum muslim diseluruh dunia. Bulan ramadhan merupakan saatnya kita menunaikan ibadah puasa dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Namun sayangnya, moment indah tersebut seringkali tidak dibarengi dengan berita bahagia tentang kesehatan kita. Seringkali kita justru mengalami masalah kesehatan ketika berpuasa. Bukan karena kita tidak kuat menjalankan ibadah puasa, melainkan masalah kolesterol yang sering menghinggapi kita yang sedang berpuasa.

Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat Dan Non Kolesterol

Menu buka puasa dan sahur yang sehat dapat membuat puasa terasa ringan

Masalah kolesterol sering menjadi kendala bagi sebagian besar orang karena umumnya kita memiliki kebiasaan buruk saat berbuka dan sahur. Kita cenderrung mengkonsumsi makanan hingga berlebihan. Puasa yang seharusnya kita bisa mengerem pola makan namun sebaliknya dibuat dengan sangat mewah dari hari biasanya.

Tanpa memperhatikan menu buka puasa dan sahur yang sehat dan non kolesterol, kita akan merasakan kecenderungan untuk lemas, mengantuk dan bahkan tak jarang kadar kolesterol kita ikut naik pula. Agar tubuh tetap sehat dan berstamina saat menjalani ibadah puasa sebaiknya anda simak menu buka puasa dan sahur yang sehat dan non kolesterol berikut ini.

Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat Dan Non Kolesterol

Tidak hanya makanan berbuka saja yang perlu anda perhatikan, makanan sahur pun juga harus ikut diperhatikan juga. Makanan sahur merupakan bekal kita untuk menjalani aktivitas dipagi dan siang hari.

A. Menu Sahur Yang Sehat Non Kolesterol

  • Konsumsilah karbohidrat kompleks karena lebih tahan lama dan membuat kadar gula dalam darah lebih stabil karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Karbohidrat kompleks terdapat pada beras merah, ubi jalar, singkong, gandum, sagu, sereal dan roti. Anda dapat membuat makanan seperti spageti atau bubur kacang hijau dengan gula aren.
  • Konsumsilah buah dan sayuran segar karena selain mengandung serat yang tinggi juga kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Makanan berserat tinggi penting untuk dikonsumsi terutama ketika puasa karena menjadi alat untuk membersihkan makanan dalam saluran pencernaan.
Menu Buka Puasa Dan Sahur dengan buah dan sayuran

Buah dan sayuran baik dikonsumsi ketika puasa

  • Cukupi kebutuhan cairan anda. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari karena cairan sangat penting dan diperlukan untuk metabolisme tubuh.
Menu Buka Puasa Dan Sahur dengan air putih

Cairaan sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh terutama saat puasa

  • Pilihlah lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Lemak bermanfaat untuk mencegah lapar karena pergerakan makanan di perut menjadi berkurang. Namun tidak disarankan penyajiannya melalui proses penggorengan karena dapat meningkatkan kolesterol dan memasukkan radikal bebas dalam tubuh.

Itulah menu sahur yang sehat yang perlu anda ketahui. Untuk contoh resep sahur dengan kriteria diatas, anda dapat mencoba contoh resep sahur berikut ini.

  • Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.
  • Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk
  • Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
  • Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.

B. Menu Buka Puasa Yang Sehat Non Kolesterol

Menu buka puasa sering dianggap hal yang sangat istimewa, dibuat sedemikian rupa menjadi ajang makan yang menyenangkan bersama teman atau keluarga. Kondisi demikian membuat kita lupa akan menu buka puasa yang sehat dan non kolesterol. Sebagian besar orang akan mengalami kenaikan berat badan akibat menu buka puasa yang salah dan kurang sehat. Berikut adalah menu buka puasa yang sehat yang perlu anda ketahui:

Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat

Air, karbohidrat kompleks, sayur dan buah sangat baik dikonsumsi ketika puasa

  • Seperti halnya dengan makanan saat sahur, buka puasa sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hindarilah makanan yang digoreng. Nasi dan gorengan dapat membuat tubuh anda lemas dan mengantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%.
  • Minumlah minuman yang manis alami tanpa gula. Anda dapat meminum jus buah segar tanpa gula. Hindari konsumsi gula karena dapat menyebabkan naiknya berat badan. Anda tentu tidak ingin bukan saat Idul Fitri, tubuh anda menjadi tambah gendut dan perut menjadi buncit??
  • Setelah buka puasa, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih. Penuhi kebutuhan cairan anda minimal 8 gelas sehari. Untuk kondisi setelah berbuka sampai menjelang tidur, konsumsilah minimal 1 liter air putih.

Untuk resep menu buka puasa sesuai kriteria diatas, berikut adalah contoh resep menu buka puasa yang sehat.

  • Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang
  • Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk
  • Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Mudah bukan membuat menu buka puasa dan sahur yang sehat dan non kolesterol?? Dengan menerapkan puasa yang sehat, tidak hanya ibadah anda lancar namun kesehatan anda ikut terpelihara dengan baik. Bagi anda ibu hamil atau menyusui, anda juga dapat tetap menjalankan ibadah puasa. Anda dapat membaca artikel sebelumnya tips puasa untuk ibu hamil dan tips puasa untuk ibu menyusui.

Demikianlah artikel “Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat Dan Non Kolesterol”, semoga memberi tambahan informasi dan pengetahuan bagi anda. Tidak ada salahnya anda berbagi tips menu buka puasa dan sahur yang sehat dan non kolesterol ini pada teman anda.


Baca juga :
loading...