Mengenali Penyebab Jerawat Batu Di Wajah


Baca juga :
loading...

Mengenali penyebab jerawat batu di wajah – Masalah kulit terutama jerawat bukan hanya menimpa remaja saja, tetapi juga bisa menimpa orang dewasa. Munculnya jerawat ini tidak memandang jenis kelamin dan usia. Beberapa orang memiliki masalah jerawat akut yaitu meradang dengan bintil-bintil merah yang tersebar di wajah ataupun bagian tubuh lain misalnya punggung (Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dengan Mudah).

Mengenali Penyebab Jerawat Batu Di Wajah

Munculnya jerawat batu yang susah dihilangkan dapat menyebabkan turunnya rasa percaya diri

Salah satu jenis jerawat yang agak susah dihilangkan adalah jerawat batu. Jerawat batu terlihat lebih besar daripada jerawat pada umumnya. Biasanya jerawat batu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen. Bagi pria, mungkin hal itu terasa sepele, namun bagaimana jika terjadi pada wanita? Pastinya dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri dalam hal penampilan.

Sebelum anda mencoba cara menghilangkan jerawat batu, ada baiknya anda mengenali penyebab jerawat batu di wajah terlebih dahulu. Tujuannya agar dapat mengambil tindakan pengobatan yang tepat.

Mengenali Penyebab Jerawat Batu Di Wajah

Jerawat batu atau dalam bahasa kedokteran disebut Cystic acne adalah jerawat dengan tampilan fisik yang besar, umumnya menimbulkan peradangan hebat dan berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:

  • Respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit
  • Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak
  • Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal

Penyebab Jerawat Batu Di Wajah

Jerawat batu dipicu oleh berbagai macam hal, yaitu:

  • Penyebab jerawat batu karena faktor genetik. Faktor genetik merupakan salah satu yang bisa menjadi penyebab jerawat batu meradang. Salah satu yang bisa mengakibatkan kemunculan dari jerawat ini adalah regenerasi kulit yang lambat, tipe kulit yang berminyak dan juga diakibatkan karena sangat sensitif terhadap peradangan sehingga munculnya jerawat ini bisa menimbulkan bekas berupa lubang kecil atau bopeng.
  • Penyebab jerawat batu karena gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat, bisa mengakibatkan munculnya jerawat. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat. Karena kulit yang kotor karena debu dan minyak dapat mengakibatkan penyumbatan di pori-pori kulit sehingga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat dan iritasi kulit. Oleh karena itu sekarang saatnya untuk beralih menerapkan pola gaya hidup yang sehat.
  • Penyebab jerawat batu karena ketidakseimbangan hormon. Hormon dapat menjadi penyebab jerawat batu. Biasanya ini menimpa para remaja yang memasuki fase akil balig.
  • Penyebab jerawat batu karena penggunaan kosmetik dan pembersih wajah. Bagi mereka yang memiliki jenis kulit yang berminyak, disarankan untuk menghindari kosmetik yang berbahan dasar minyak. Selain itu juga hindari penggunaan pembersih wajah cleanser, hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut dapat memicu terjadinya jerawat.
  • Penyebab jerawat batu karena produksi hormon tertentu yang secara berlebih. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang yang sedang stres atau wanita yang sedang mengandung. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan munculnya jerawat batu, karena tubuh memproduksi hormon tertentu secara berlebih.
  • Penyebab jerawat batu karena penggunaan obat-obatan tertentu. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Dengan mengenali penyebab jerawat batu di wajah, anda harus mencari cara menghilangkan jerawat batu. Bagi mereka yang mengalami jerawat batu yang kondisinya sudah sangat parah, jalan keluar yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendatangi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya Anda akan diberi resep berupa antibiotik dan menyuntik jerawat Anda dengan cortisone. Suntikan ini, dalam waktu 1 hingga 2 hari akan membuat jerawat akan mengering. (Baca juga : Macam dan Penyebab Jerawat)

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat

Cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dapat dilakukan secara alami yaitu dengan kentang dan putih telur yang nantinya dibuat sebagai masker wajah. Berikut ini adalah cara membuat masker alami untuk mengatasi jerawat batu dan cara penggunaannya :

1. Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dengan Masker Kentang

Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dengan Masker Kentang

Haluskan kentang untuk membuat masker wajah alami penghilang jerawat batu

Masker kentang merupakan salah satu masker yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat batu. Hal ini dikarenakan, di dalam kentang terdapat kandungan bahan alkali yang berguna untuk membantu mengurangi minyak pada wajah, dengan begitu maka jerawat secara tidak langsung akan berkurang. Cara untuk membuat masker ini cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan sebuah kentang segar. Lumatkan kentang tersebut dan setelah itu oleskan secara merata di seluruh bagian wajah yang berjerawat. Tunggu dan diamkan kurang lebih setengah jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dengan Masker Putih Telur

Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dengan Masker Putih Telur

Kocok putih telur sampai menjadi busa

Ternyata putih telur berkhasiat untuk mengatasi jerawat batu. Untuk membuat masker dari putih telur cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan putih telur. Kocok putih telur tersebut hingga berbentuk seperti busa. Jangan lupa untuk mencampurkan sedikit madu. Oleskan masker ini di wajah, dan tunggu sampai masker tersebut mengering. Setelah mengering bersihkan dengan menggunkan air bersih. Putih telur berfungsi sebagai bahan pembersih wajah yang efektif sedangkan madu berkhasiat sebagai antibiotik yang berfungsi untuk membunuh kuman penyebab jerawat.

Setelah anda mengenali penyebab jerawat batu di wajah dan cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat secara alami, anda juga diwajibkan untuk mengunjungi dokter kulit. Konsultasikan lebih lanjut agar jerawat batu tidak meradang. Untuk perawatan harian yang murah, anda dapat menerapkan cara alami seperti dipaparkan diatas. Lakukan perawatan secara alami untuk mencegah datangnya jerawat. Dengan perawatan yang rutin dan teratur, Anda akan terbebas dari masalah kulit terutama masalah jerawat. Untuk kulit berminyak, anda dapat membaca artikel sebelumnya Tips Menghilangkan Jerawat Dan Kulit Berminyak.

Demikianlah artikel “Mengenali Penyebab Jerawat Batu Di Wajah“, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.


Baca juga :
loading...