Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Manfaat Puasa Untuk KesehatanDi bulan suci Ramadhan seperti saat ini, puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat muslim. Perlu kesabaran, perjuangan dan pengendalian hawa nafsu dalam menjalankan puasa Ramadhan.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Selain untuk mendapatkan pahala dan beribadah, ternyata juga ada manfaat puasa untuk kesehatan, terutama untuk menangkal radikal bebas. Apa sebenarnya radikal bebas itu??

 

Definisi Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul-molekul yang sangat reaktif di dalam tubuh dan pada hakekatnya dapat merusak bio molekul penting di dalam sel-sel. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan mengurangi aktivitas kerja enzim, menyebabkan terjadinya mutasi, dan kerusakan dinding sel.

Beberapa penyakit yang disebabkan radikal bebas diantaranya adalah parkinson, katarak, kanker dan jantung. Didunia kecantikan, radikal bebas menimbulkan efek negatif yaitu penuaan dini, kulit menjadi keriput karena kehilangan elastisitas jaringan kolagen serta otot, terjadinya bintik pigmen kecoklatan.

Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan seperti dipaparkan berikut ini.

 

Beberapa Zat Antioksidan

Beberapa zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas diantaranya adalah :

1. Selenium

Sebenarnya Selenium bukan termasuk antioksidan namun berguna untuk produksi enzym yang berfungsi sebagai antioksidan. Selenium terdapat pada brokoli, bawang merah dan putih, air minum, kuning telur dan anggur merah.

2. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E bersama-sama dengan Lipoprotein melindungi tubuh dari oksidasi sehingga tidak terbentuk radikal bebas. Oksidasi dari lipoprotein ini merupakan langkah awal pembentukan: Atherosclerosis ,pengerasan pembuluh darah dan berperan pada kerusakan hati

3. Vitamin A

Seperti halnya Vitamin E, Vitamin A juga larut dalam lemak. Vitamin A menjadi antioksidan dengan cara bereaksi dengan radikal bebas melalui struktur ikatan rangkapnya

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air. Vitamin tidak dapat dibentuk oleh tubuh jadi harus dari makanan atau supplement ( buah-buahan dan sayuran). Vitamin C ini secara kuat dapat melemahkan radikal bebas serta mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan system kekebalan tubuh. Vitamin C dan vitamin E berjalan di seluruh tubuh bersama molekul yang namanya Lipoprotein, dan dapat melindunginya dari oksidasi sehingga tidak terbentuk radikal bebas.

 

Itulah tadi radikal bebas, efek negatifnya dan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Ternyata radikal bebas sangat merugikan kesehatan kita. Nah untuk menangkalnya, ternyata dapat melalui puasa. Berikut manfaat puasa untuk kesehatan.

 

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat puasa untuk kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan pembentukan sel kanker.

2. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan berpuasa, sel lemak lebih efektif terbakar daripada saat diet biasa, hal tersebut dikarenakan ketika puasa, tubuh menggunakan energi yang bersumber dari cadangan lemak yang ditimbun dalam tubuh.

3. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Kecepatan Metabolisme

Puasa dapat mengatur pencernaan dan memberikan fungsi usus yang lebih sehat yaitu dengan memberikan istirahat untuk sistem pencernaan. Dengan demikian, tubuh menggunakan energi untuk metabolisme yang digunakan saat membakar kalori.

4. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Membuat Panjang Umur

Penelitian mengatakan bahwa umur orang dalam budaya tertentu memiliki umur yang tinggi. Hal tersebut disebabkan karena pola hidup mereka yaitu diet dan sedikit mengkonsumsi makan sehingga metabolisme menjadi lebih cepat dan tubuh menjadi lebih awet muda.

5. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan Anda untuk menolerir karbohidrat (gula) yang lebih baik daripada jika Anda tidak berpuasa. Penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk menurunkan kadar glukosa dari darah.

6. Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa mampu meningkatkan produksi protein neurotropik yang dihasilkan oleh otak. Substansi ini mengaktifkan sel-sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak Anda dari kelainan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.

 

Itulah manfaat puasa untuk kesehatan. Ternyata ada banyak juga ya manfaat puasa untuk kesehatan. Puasa Ramadhan tidak hanya menjadi ajang mendekatkan diri dengan Allah, namun juga memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Apakah anda masih terbebani dengan menjalankan puasa??

Demikianlah artikel “Manfaat Puasa Untuk Kesehatan”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki informasi mengenai manfaat puasa untuk kesehatan, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...