Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil


Baca juga :
loading...

Manfaat puasa untuk ibu hamil. Dibulan Ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Namun demikian, niat yang baik tersebut kadang terhalang dengan kondisi tubuh, salah satunya adalah kehamilan. Banyak ibu hamil yang takut menjalankan puasa dibulan Ramadhan ini, dengan alasan kesehatan pribadi dan janin yang dikandungnya.

Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebenarnya boleh melakukan ibadah puasa, asalkan kesehatan ibu hamil dan janin dinyatakan baik oleh dokter untuk meminimalkan resiko puasa pada kehamilan. Jika kenaikan berat ibu hamil selama awal kehamilan tidak mencapai 3,5 – 4 kg atau di akhir masa kehamilan kenaikannya masih di bawah 12,5-14 kg, maka disarankan untuk tidak berpuasa karena dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin. Apabila persyaratan berpuasa telah terpenuhi, anda dapat menjalankan ibadah puasa. Demi kesehatan ibu hamil dan janinnya, sebelum puasa ikutilah Tips Puasa Untuk Ibu Hamil.

Selama kesehatan dinyatakan baik oleh dokter serta asupan nutrisi dipenuhi ketika menjalankan puasa, maka kesehatan ibu hamil dan janin tidak akan terpengaruh, bahkan memberikan manfaat. Apa sajakah manfaat puasa untuk ibu hamil?? Berikut ulasannya.

 

Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Apakah anda tau manfaat puasa untuk ibu hamil?? Tidak banyak yang tau mengenai manfaat puasa untuk ibu hamil, Nah berikut akan dipaparkan manfaat puasa untuk ibu hamil:

1. Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Dapat Mencegah Penyakit

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan berlebih. Makanan yang penuh gizi belum tentu baik untuk ibu hamil dan janinnya karena kelebihan nutrisi dapat menyebabkan obesitas pada ibu hamil dan janinnya. Obesitas tersebut, selain menimbulkan masalah penampilan juga menyebabkan penyakit lainnya seperti kolesterol, jantung koroner, kencing manis dll.

 

2. Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Dapat Melancarkan Metabolisme

Setelah berbuka puasa, pastinya kita menyiapkan untuk shalat tarawih. Shalat tarawih setelah berbuka puasa ternyata dapat membantu metabolisme tubuh dalam mencerna makanan. Selama shalat tarawih, jumlah kalori yang dibakar sebesar kurang lebih 200 kalori.

 

3. Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil Dapat Membersihkan Tubuh dari Racun

Manfaat puasa untuk ibu hamil dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran atau disebut juga detoksifikasi. Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan berpuasa, jumlah kalori yang masuk ke tubuh menjadi terbatas, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.

 

Ternyata sangat besar manfaat puasa untuk ibu hamil. Selama kondisi ibu hamil dan janinnya memungkinkan untuk menjalankan puasa, maka puasa dapat mencegah berbagai penyakit tidak hanya untuk ibu hamil namun juga janin yang dikandungnya. Dengan demikian puasa tidak akan mengganggu perkembangan janin, tetapi justru mendatangkan manfaat yang cukup besar.

Demikianlah artikel “Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil“, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki pengalaman berpuasa ketika hamil serta tips menjalankan puasa ketika hamil, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...