Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan. Kesehatan dan kecantikan merupakan dua hal yang selalu diidamkan wanita. Bagaimana tidak, awet muda dan cantik, wanita mana yang tidak mau?? Ada banyak cara untuk memelihara kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Pada artikel kali ini, kami akan membahas manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

OatMeal

Sebelum mengetahui manfaat dari oatmeal, perlu kita ketahui kandungan dari oatmeal. Oat merupakan makanan dari golongan biji-bijian, yang kebanyakan orang menyebutnya oatmeal atau biji gandum utuh. Walupun Anda tak pernah secara sengaja berbelanja oat untuk dimasak sendiri dirumah, namun oat kini sudah ada di mana-mana termasuk dalam sereal, kue, biskuit, roti, dan kue.  Secara gizi, Oat terutama kaya akan serat pangan, vitamin B kompleks, dan masih banyak vitamin lainnya termasuk beberapa fitokimia dan berbagai mineral.

Dilihat dari kandungan oat yang kaya akan vitamin, ada banyak manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Taukah anda manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan?? Berikut adalah manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui.

Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan

  • Manfaat Oatmeal Untuk Kecantikan Sebagai Masker Pelembab dan Pembersih Kulit Wajah.

Kandungan alami yang terdapat pada Oat dapat menjaga kelembaban kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Anda bisa membuat sendiri masker Oatmeal dengan mudah, Caranya yaitu.

  1. Siapkan segenggam Oat organik
  2. Campurkan dengan air hangat secukupnya
  3. Aduk rata hingga nantinya adonan terlihat seperti bubur
  4. Oleskanlah masker Oatmeal pada permukaan wajah sambil melakukan sedikit pijatan
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  6. Bersihkan wajah anda dengan air hangat.

Lakukanlah perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan kulit yang kenyal dan halus.

  • Manfaat Oatmeal Untuk Untuk Mengencangkan Pori-Pori

Anda bisa menggunakan kombinasi oatmeal dan yogurt untuk memperoleh hasil yang maksimal karena Kandungan asam pada yogurt bersifat anti bakteri sehingga akan mecegah pertumbuhan berbagai bakteri jahat penyebab timbulnya jerawat. Cara perawatannya cukup mudah.

  1. Campurkan 2 sendok makan oat organik dengan dua sendok makan yogurt
  2. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta
  3. Simpan dahulu di dalam lemari es selama 4-6 jam
  4. Gunakan masker oatmeal ini pada area wajah secara merata
  5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  6. Bilas wajah anda dengan air hangat

Lakukanlah perawatan ini minimal 3 minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terhindar dari ganguan masalah kulit.

  • Manfaat Oatmeal sebagai Masker Jerawat dan Masker Penghalus Kulit.

Anda bisa menggunakan kombinasi oatmeal dan madu untuk menghaluskan kulit dan mengurangi jerawat. Sejak dulu madu telah dipercaya dapat menghaluskan kulit. Caranya yaitu:

  1. Ambil dua sendok oatmel dan sesendok madu murni
  2. Campurkan dengan sesendok air hangat
  3. Aduk sampai mengental
  4. Oleskan masker madu dan oatmeal tersebut pada wajah yang bersih
  5. Tunggu selama 15 menit
  6. Bersihan dengan air hangat

Cobalah cara ini dua hari sekali untuk mendapatkan kulit yang halus dan bebas dari jerawat.

 

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

  • Manfaat Oatmeal Untuk Menurunkan kolesterol

Oat merupakan makanan sumber serat terbanyak (7g serat dalam 100 g, memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan harian). Satu cangkir oat memiliki kandungan serat yang sama dengan satu cangkir beras merah dan satu buah apel, pisang, jeruk, pear, dan secangkir bluberi atau stroberi. Jenis serat dalam oat adalah serat larut yang disebut beta glucan, yang telah diketahui bersifat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus; sehingga dengan demikian bermanfaat mengurangi tingkat LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Jadi oat bagus untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar kolesterol tinggi yang makan 3 gram serat oat per hari (setara dengan satu mangkuk oatmeal),  kadar kolesterol mereka turun hingga sekitar 25%.

Ada banyak yang berbicara bahwa makan oat bisa menurunkan berat badan, tapi bagaimana cara kerjanya? Oatmeal tinggi serat sehingga lebih lama untuk dicerna, sehingga orang akan merasa kenyang dan membantu menekan nafsu makan lebih lama. Namun jangan membeli produk dari oat kemasan yang banyak ditambahkan lemak dan gula untuk tujuan ini.

  • Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 10.000 orang, yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine, menemukan bahwa kelompok obyek penelitian yang makan 21 gram serat per hari, lebih sedikit sekitar 10-15% yang mengalami penyakit jantung koroner dan gejala pentakit jantung, jika dibandingkan dengan kelompok yang makan 5 gram serat dalam sehari.

  • Manfaat Oatmeal Untuk Menstabilkan kadar Gula Darah

Dalam berbagai penelitian, pasien diabetes tipe 2 yang diberikan makanan oatmeal menunjukkan tingkat gula darah yang lebih rendah, dibandingkan dengan pasien  yang diberi nasi putih atau roti.

 

Dari bahasan di atas, ternyata banyak manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan. Mulailah dari diri anda dan keluarga sekarang untuk hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi oatmeal.

Demikianlah artikel “Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan dan Kecantikan”, apabila anda memiliki tips dan manfaat makanan sehat alami, ada baiknya anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...