Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa


Baca juga :
loading...

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa – Siapa yang tidak tau kurma? Pastinya hampir semua orang sudah tau kurma itu sendiri. Kurma erat kaitannya dengan puasa ramadhan yang dilakukan oleh umat muslim. Pada saat puasa ramadhan, kurma banyak dijual di toko dimanapun juga. Rasanya kurang afdol jika puasa tanpa hidangan kurma sebagai makanan berbuka puasa.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa

Buah Kurma

Kurma ternyata memiliki banyak manfaat, apa sajakah manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa?? Sebelum kita membahas manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk kurma dan asal usulnya.

Pohon dan Buah Kurma

Kurma dalam bahasa arab dikenal dengan Tamr; sedangkan nama latin kurma adalah Phoenix dactylifera. Pohon kurma adalah tanaman palma yang buahnya dapat dimakan. Kurma sejak lama telah dibudidayakan manusia, walaupun asal usulnya tidak diketahui persis, namun kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohon kurma berukuran sedang, dengan tinggi sekitar 15-25 m, memiliki daun menyirip dengan panjang 3-5 m, memiliki duri pada tangkai daun.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa

Buah kurma muda ketika masih di pohon

Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya ‘Barhee’, ‘Halaw’, ‘Khadrawy’, ‘Medjool’), semi-kering (contohnya ‘Dayri’, ‘Deglet Noor’, ‘Zahidi’) dan kering (contohnya ‘Thoory’). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung sumber vitamin C dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit dan hal ini tidak menjadikannya jauh lebih pekat pada saat proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C-nya akan hilang.

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun dan pohon kurma juga memiliki manfaat. Berikut adalah manfaat daun dan pohon kurma

Manfaat Pohon Kurma

  • Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung. Untuk kuncup bunga kurma, biasanya digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.
  • Benih pohon kurma dapat digunakan untuk membuat roti dengan cara digiling halus dan dicampur dengan tepung. Selain itu, biji kurma juga dapat digunakan sebagai pakan ternak dan minyak biji kurma juga digunakan untuk sabun dan kosmetik. Dibeberapa negara benih kurma dibakar untuk dijadikan arang.
  • Pohon kurma menghasilkan getah yang manis, biasanya disadap untuk dijadikan sirup dan makanan. Getah manis dari pohon kurma tersebut nantinya dijadikan gula kelapa, sirup gula dan minuman beralkohol.

 

Itulah manfaat pohon kurma, cukup banyak bukan?? Nah setelah kita membahas asal usul dan manfaat pohon kurma, saatnya kita membahas manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa. Apa saja?? Berikut ulasannya.

 

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa

Pada saat berbuka puasa ataupun sahur, biasakan mengkonsumsi kurma, karena kurma sangat baik untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa??

1. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Mengandung Vitamin

Kurma mengandung berbagai macam vitamin, diantaranya adalah vitamin A, C, B dan vitamin K yang dapat membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Kurma juga berperan penting dalam pembekuan darah serta metabolisme tulang.

2. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Baik Untuk Jantung

Kurma apabila dikonsumsi secara rutin akan menyehatkan jantung dan membantu menurunkan potensi serangan kanker dan penyakit jantung.

3. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Bersifat Laksatif

Kurma adalah makanan yang bersifat laksatif, yang dapat melancarkan buang air besar serta mencegah sembelit.

4. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Mengandung Zat Besi

Kurma mengandung zat besi yang dapat membantu melancarkan peredaran oksigen di dalam darah.

5. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Kaya Serat

Kurma sangat kaya serat sehingga ia juga ampuh menyerap kolesterol jahat di dalam usus. Serat dari kurma ini membantu melindungi selaput lendir usus dan mengurangi paparan bahan kimia yang berbahaya bagi usus besar.

6. Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa Karena Mengandung Antioksidan

Kurma mengandung antioksidan yang disebut Tanin. Zat ini juga bersifat anti infeksi, anti imflamasi dan anti hemoragik.

 

Cukup banyak bukan manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa?? Jika anda belum terbiasa mengkonsumsi kurma, mulai sekarang siapkan kurma sebagai hidangan berbuka dan sahur anda. Dengan mengkonsumsi kurma, kesehatan anda akan terjaga sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Demikianlah artikel “Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Saat Puasa”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki informasi mengenai manfaat kurma bagi kesehatan saat puasa, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...