Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut – Air beras atau dikenal sebagai tajin dimanfaatkan oleh orang jaman dulu sebagai minuman pengganti susu. Saat ini, air beras tidak banyak digunakan, dianggap sebagai limbah yang dibuang.

Taukah anda bahwa sebenarnya air beras tidak hanya bermanfaat sebagai pengganti susu, namun juga bermanfaat didunia kecantikan yaitu digunakan untuk memutihkan wajah secara alami serta mempercantik kulit dan rambut (baca juga Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Air Beras). Sebelum kita membahas manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut, kita akan bahas mengenai manfaat air beras (tajin) untuk kesehatan.

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

 

Manfaat Air Beras (Tajin) Untuk Kesehatan

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Air Beras

Air beras / tajin

Air beras (tajin) adalah air sisa pencucian beras yang memiliki kandungan glukosa, 2 macam Poliglukosa, magnesium (Mg), Kalsium (Ca) dan Protein. Glukosa dapat mempermudah penyerapan elektrolit, sehingga sangat baik untuk dehidrasi sehingga baik bagi anak kecil yang diare. Glukosa polimer dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Kandungan poliglukosanya dapat memadatkan feses sehingga cairan yang keluar bisa diminimalisir. Protein pada air tajin sangat tinggi yaitu 7-10%. Berikut ini disebutkan beberapa manfaat dari air tajin bagi kesehatan :

  1. Manfaat air beras (tajin) untuk mengobati penyakit pencernaan kolera dan diare

Air beras (tajin) dapat digunakan sebagai obat diare karena kandungan gizi didalamnya. Namun perlu diperhatikan, apabila suplai air tajin digunakan untuk bayi sebaiknya apabila bayi sudah berumur 6 bulan atau lebih. Diare disebabkan karena virus yang bernama Rotavirus yang bebas terdapat di udara dan menyebar melalui kontak tangan ke mulut, bahkan dari mereka yang terinfeksi tetapi tidak memiliki tanda dan gejala.

  1. Manfaat air beras (tajin) sebagai pengganti ASI

Seperti disebutkan diatas, air tajin dapat digunakan sebagai pengganti susu, namun tidak disarankan untuk menggantikan ASI, karena ASI merupakan asupan paling penting untuk tumbuh kembang bayi. Hal tersebut dikarenakan ASI mengandung Kolustrum. Kolustrum ini sendiri mengandung tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi. Selain itu, kolustrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolustrum adalah imunoglobulin (IgG, IgA dan IgM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit.

  1. Manfaat air beras (tajin) untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Protein yang terkandung dalam air tajin cukup tinggi yaitu berkisar 7-10%.sehingga berguna dalam menunjang keberadaan setiap sel tubuh sehingga sangat membantu untuk proses kekebalan tubuh.

 

Itulah manfaat air beras (tajin) untuk kesehatan. Nah berikut akan dibahas mengenai Manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut.

 

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

1. Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Kulit

Air beras (tajin) cocok digunakan untuk kulit sensitif. Jika anda memiliki kulit sensitif, air beras adalah solusinya. Air beras berkhasiat menenangkan dan mendinginkan kulit. Air beras juga mengandung pelembap, antioksidan, dan bersifat menyembuhkan yang meningkatkan sirkulasi, memudar bintik-bintik usia, dan menenangkan kulit meradang.

Cara menggunakan air beras untuk kecantikan kulit dilakukan dengan memercikkannya di wajah Anda. Pijat selama 1 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut setiap hari untuk hasil maksimal. Pemakaian air beras pada wajah anda secara rutin dapat mengencangkan dan melembutkan kulit anda.

 

2. Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Rambut

Tidak hanya untuk kulit anda, air beras juga bermanfaat bagi kecantikan rambut karena air beras mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin, dan mineral yang membantu untuk memperbaiki kerusakan dan meningkatkan elastisitas. Kandungan tersebut dipercaya mampu membuat rambut lebih kuat dan terlindungi. Rambut juga terasa lembut, mudah diatur, dan berkilau.

Cara menggunakan air beras untuk kecantikan rambut dilakukan dengan mencuci rambut anda dengan air hingga bersih kemudian bilas rambut anda dengan air beras, kemudian Pijat dengan lembut ke kulit kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 5 menit untuk mendapatkan manfaatnya. Lakukan cara tersebut setiap hari untuk rambut yang cantik alami, lembut dan berkilau.

 

Itulah manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut. Tertarik mencobanya?? Hanya bermodalkan air beras yang setiap hari anda masak, tentu tidak mahal bukan. Jangan meremehkan bahan alami, karena bahan alami selain berkhasiat untuk kecantikan juga aman dari bahan kimia berbahaya. Hasil yang didapat juga pastinya memuaskan.

Demikianlah artikel “Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut“, semoga bermanfaat. Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat, alangkah baiknya jika anda membagikannya pada teman anda.


Baca juga :
loading...