Makanan Untuk Penderita Diabetes


Baca juga :
loading...

Diabetes melitus, atau biasa dikenal dengan diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat memicu penyakit komplikasi seperti jantung iskemik, amputasi, stroke, kebutaan, gagal ginjal dll. Jika anda adalah seorang penderita diabetes dan tidak ingin hal tersebut terjadi pada anda, tentunya anda harus mengontrol pola hidup anda yaitu dengan mengadopsi pola hidup sehat dan seimbang. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan atau diet sehari-hari, agar tidak terjadi penumpukan gula dalam darah.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Agar penderita diabetes dapat hidup dengan normal, maka anda harus memperhatikan makanan untuk penderita diabetes, yaitu makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari. Berikut adalah makanan untuk penderita diabetes.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

  1. Hindarilah makanan dengan kadar gula tinggi, misalnya es krim, cokelat, madu, cake, sirup, selai serta makanan dengan pemanis buatan. Makanan dengan kadar gula tinggi dapat meningkatkan gula dalam darah. Sebaiknya pakailah gula yang terbuat dari jagung untuk menghindari tingginya kadar gula dalam darah.
  2. Hindarilah minuman beralkohol. Minuman beralkohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah, selain itu konsumsi alhohol dapat merusak liver yang nantinya akan menyulitkan tubuh untuk mengontrol gula dalam darah.
  3. Hindarilah makanan berlemak dan berkolesterol tinggi seperti fast food, gorengan, mentega, santan serta produk-produk susu (seperti keju dan yoghurt). Konsumsilah makanan rendah lemak, rendah kalori dan kaya protein seperti daging ayam dan salmon.
  4. Makanlah buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk tubuh anda. Serat dapat menurunkan kecepatan penyerapan karbohidrat serta menurunkan kadar lemak dalam serum, sehingga dapat menekan kadar gula darah. Tetapi tidak semua buah boleh dikonsumsi penderita diabetes. Hindarilah buah yang mengandung kadar sukrosa dan glukosa yang tinggi seperti stroberi dan mangga. Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, salak, semangka, pepaya, pisang dan melon. Untuk sayuran konsumsilah sayuran yang mengandung sedikit protein dan karbohidrat seperti lobak, jamur, timun, sawi, tomat, taoge, kangkung, terong, kol, lobak dan labu air. Batasilah konsumsi sayuran berikut ini (konsumsi maksimal 100 gram/hari) : melinjo, buncis, daun singkong, daun pepaya, pare, nangka muda, labu siam, jagung muda, kacang kapri, labu waluh, kacang panjang, daun beluntas, bayam dan wortel.
  5. Makanlah sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, ubi jalar, singkong, gandum, sagu, sereal dan roti.
  6. Konsumsilah multivitamin dan multimineral yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.
  7. Minumlah 6-7 gelas per hari untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Itulah makanan untuk penderita diabetes yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi ataupun dihindari, diharapkan anda dapat melakukan diet sehat diabetes yang nantinya dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga anda terhindar dari komplikasi penyakit akibat diabetes. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah berolahraga, rajinlah berolahraga karena dapat menunjang kesehatan anda.

Demikian artikel “Makanan Untuk Penderita Diabetes” apabila anda memiliki pengalaman ataupun pengetahuan seputar makanan untuk penderita diabetes, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.

 

 


Baca juga :
loading...