Macam dan Penyebab Jerawat

Macam dan penyebab jerawat – Kulit wajah yang bermasalah merupakan permasalahan yang sering kita alami, salah satunya adalah jerawat. Jerawat merupakan benjolan kecil yang keberadaannya yang menyakitkan dan bahkan akan menganggu penampilan kita.

Macam dan Penyebab Jerawat

Terdapat beberapa macam dan penyebab jerawat yang biasanya muncul di wajah kita. Kemunculan jerawat ini bisa disebabkan karena faktor genetik, kosmetik yang tidak cocok, ketidakseimbnagan hormon, pola hidup yang tidak sehat dan mikroorganisme yang terjebak di bawah lapisan kulit karena pori-pori tertutup oleh kotoran, minyak dan debu. Faktor-faktor tersebut yang bisa mengakibatkan munculnya jerawat di wajah kita.

Beberapa Jenis Jerawat di Wajah

Hampir sebagian besar kita pernah mengalami masalah kulit terutama jerawat. Ada beberapa macam dan penyebab jerawat yang bisa muncul di wajah kita. Memang jerawat ini tidak berbahaya tetapi jika tidak dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat, maka jerawat tersebut bisa jadi menyebar ke daerah di sekelilingnya bersama dengan minyak dan bakteri ketika pecah, dan menimbulkan inflamasi. Dengan tidak ditanganinya jerawat tersebut, dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin besar sehingga akan membentuk suatu benjolan yang sangat sakit. Oleh karena itu lebih baik jerawat ini ditangani sedini mungkin.

Macam dan Penyebab Jerawat

Sebagian besar orang-orang pastinya pernah mengalami masalah kulit terutama jerawat di wajah. Masalah kulit ini tidak memandang jenis kelamin dan usia. Mungkin sebagian besar yang sering mengalami masalah kulit ini adalah para remaja, tetapi ada juga mereka yang berusia 30 sampai 40 tahun yang kerap mengalami masalah jerawat ini. Peradangan yang ditimbulkan seperti gumpalan ini sering berwarna keputihan dan membuat rona kulit menjadi kemerahan. Tentunya dengan kemunculan jerawat ini bisa mengakibatkan ketidaknyamanan Anda dalam hal berpenampilan bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri Anda untuk bertemu dengan orang lain.

Macam dan Penyebab Jerawat

Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam dan penyebab jerawat :

  • Jerawat biasa, jerawat jenis ini memang yang sering kita alami. Ciri-ciri dari jenis jerawat tipe ini adalah sebagai berikut : munculnya benjolan yang berukuran kecil dan berwarna merah muda dan lama kelamaan akan menjadi warna merah. Faktor-faktor yang menyebabkan kemunculan jerawat ini adalah stres, pengaruh hormonal dan juga bisa diakibatkan karena menempelnya kotoran pada wajah akibat wajah yang berminyak sehingga menyumbat pori-pori kulit wajah.
  • Cystic acne atau yang biasa disebut jerawat batu. Jenis jerawat ini ukurannya lebih besar daripada jenis jerawat biasa. Jerawat ini akan muncul disertai dengan rasa sakit. Dengan munculnya jerawat ini tentunya dapat mengganggu penampilan Anda dan juga rasa sakit yang akan Anda rasakan. Biasanya jerawat ini tumbuh melebar dan hampir merata pada bagian kulit. faktor-faktor yang menyebabkan munculnya jerawat ini bisa dikarenakan faktor genetik, sehingga menyebabkan produksi minyak dalam kulit wajah berlebihan mengakibatkan penyumbatan di pori-pori kulit, kulit yang sensitif dan juga bisa diakibatkan karena regenerasi sel yang lambat.
  • Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah komedo. Komedo terbagi dalam dua tipe. Tipe yang pertama adalah komedo yang terbuka. Komedo dengan jenis ini akan terlihat seperti seperti bagian pori-pori yang menjadi besar lalu berubah warna menjadi hitam. Penyebabnya adalah penyumbatan yang terjadi di pori-pori kulit, namun karena pengaruh oksidasi udara maka terjadi perubahan warna. Tipe komedo yang kedua adalah tertutup. Komedo jenis ini biasanya bentuknya kecil seperti benjolan putih yang berada di bawah permukaan kulit. Munculnya komedo ini bisa diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat yaitu kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan diri sehingga mengakibatkan kotoran dan minyak menumpuk.

Dengan mengetahui informasi tentang macam-macam jerawat dan penyababnya, maka anda bisa mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Sehingga Anda akan terbebas dari masalah jerawat dan tentunya Anda akan percaya diri dalam hal penampilan.

Demikianlah artikel “Macam dan Penyebab Jerawat“, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi informasi ini dengan teman anda.


Baca juga :
loading...