Kurang Jam Tidur Dapat Menaikkan Berat Badan


Baca juga :
loading...

Taukah anda bahwa kurang jam tidur dapat menaikkan berat badan?? Jangan pernah menganggap enteng kurang tidur. Selain tidak baik untuk kesehatan, kurang tidur juga akan merusak metabolisme tubuh yang akan menghancurkan diet anda. Bagi yang sedang tidak melakukan diet maka bobot tubuh anda akan bertambah gemuk. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Mari kita cari tahu.

Kurang Jam Tidur Dapat Menaikkan Berat Badan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur akan menimbulkan reaksi pada otak melalui jaringan salience untuk meningkatkan nafsu makan terutama makanan yang berlemak. Penelitian ini melibatkan beberapa orang sebagai sampel yakni orang dengan kurang jam tidur dan orang yang mempunyai jam tidur yang terkontrol.

Dan hasilnya adalah orang dengan kurang jam tidur akan menambah 1.000 kalori selama melewatkan jam tidur dan bertambah dengan jumlah kalori yang sama di hari berikutnya.

Kurang Jam Tidur dapat Menaikkan Berat Badan

Tak hanya itu, dalam penelitian tersebut juga mengungkap bahwa mereka yang kurang jam tidur mengkonsumsi kalori dari lemak lebih banyak daripada kalori dari karbohidrat. Inilah yang membuat orang dengan jam tidur kurang menambah asupan lemaknya dan berakibat pada kenaikan berat badan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan konektivitas pada jaringan salience berkolerasi positif dengan prosentasi kalori yang dikonsumsi dari lemak dan berkolerasi negatif dengan prosentasi konsumsi kalori dari karbohidrat.

Oleh karena itu jika anda sedang melakukan diet atau ingin menjaga berat badan jangan sampai anda kurang jam tidur, dan pastikan pola tidur anda sehat karena kurang jam tidur dapat menaikkan berat badan.


Baca juga :
loading...