Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Bakar

Taukah anda khasiat dan manfaat lidah buaya untuk luka bakar?? – Anda pasti sudah kenal dengan tanaman yang satu ini bukan?? Ya, lidah buaya banyak anda saksikan di televisi sebagai tanaman yang berkhasiat untuk menyehatkan sekaligus menghitamkan rambut. Selain sebagai bahan dasar shampoo, adakah manfaat lidah buaya untuk kesehatan??

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Bakar

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Lidah buaya mengandung berbagai enzim dan nutrisi seperti 22 jenis asam amino, polisakarida, vitamin A, B, C, E, K dan nutrisi lainnya yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita, tidak hanya untuk kecantikan dan kesehatan rambut saja melainkan juga untuk perawatan kulit serta penyembuhan luka. Seiring perkembangan teknologi, lidah buaya ini ternyata juga dapat digunakan sebagai berbagai kepentingan seperti bahan baku farmasi, makanan, minuman kesehatan dan kosmetik.

Lidah buaya juga mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan aloe emodin yaitu senyawa organik yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah atau mengurangi resiko terkena gula darah. Jika anda memiliki gula darah yang tinggi atau diabetes, sangat baik untuk mengkonsumsi lidah buaya ini. Selain diabetes, bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi pun juga cocok mengkonsumsinya karena lidah buaya dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai zat anti inflamasi, anti bakteri dan anti jamur serta membantu proses regenerasi sel tubuh. Tidak hanya itu saja, lidah buaya juga dapat menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker.

Selain untuk kesehatan, lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan??

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Seperti disebutkan diatas, lidah buaya telah digunakan sebagai penyubur rambut, untuk merawat kulit serta membantu menyembuhkan luka. Adapun perawatan kulit yang dapat dilakukan menggunakan lidah buaya ini antara lain untuk menghilangkan jerawat, detoksifikasi kulit, melembabkan kulit, menghilangkan bekas luka atau flek hitam bekas jerawat, mengurangi peradangan dan peremajaan kulit.

Untuk pembahasan mendetail mengenai manfaat lidah buaya, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya:

  1. Cara Alami Mengatasi Komedo Membandel Dengan Lidah Buaya
  2. Cara Menghilangkan Ketombe Dan Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya
  3. Cara Mengatasi Wajah Kusam Secara Alami dengan Lidah Buaya
  4. Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Masker Lidah Buaya

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Bakar

Bagi anda yang seharian aktif diluar ruangan, penggunaan aloe vera ini juga cocok untuk anda. Paparan terik sinar matahari yang menyinari anda, akan membuat kulit anda terbakar dan nantinya berpotensi merusak jaringan kulit anda.

manfaat lidah buaya untuk wajah, kulit dan rambut

Lidah buaya memiliki segudang khasiat dan manfaat

Ketika kulit anda tersengat paparan sinar matahari, selain dengan menutupi kulit agar tidak terbakar, anda juga dapat mengurangi sensasi terbakar bahkan menyembuhkannya dengan menggunakan lendir dari lidah buaya. Caranya cukup mudah, ambil daun lidah buaya kemudian iris atau kupas sampai mengeluarkan lendir dan oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Disarankan bagi anda untuk sesering mungkin mengoleskan pada kulit, terutama saat siang hari, karena terjadi penguapan yang tinggi saat siang hari.

Kenapa lidah buaya cocok untuk mengobati kulit yang terbakar akibat sinar matahari?? Seperti disebutkan diatas, lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi iritasi, kemerahan serta pembengkakan. Dengan penggunaan yang teratur, pastinya kulit anda yang terbakar dapat cepat sembuh.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat lidah buaya untuk luka bakar dan manfaat lainnya yang tak kalah pentingnya. Tanaman lidah buaya ini sangat mudah sekali dikembang biakkan, nah tidak ada salahnya jika anda mencoba menanam tanaman lidah buaya ini di pekarangan anda atau di pot bunga. Anda tidak akan pernah menyesal, karena tanaman lidah buaya ini kaya manfaat.

Demikianlah artikel “Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Bakar“, semoga memberi tambahan pengetahuan dan informasi untuk anda, selamat mencoba. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...