Khasiat dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan manfaat jeruk untuk kesehatan dan kecantikan – Anda pastinya sudah kenal dengan buah yang satu ini, jeruk. Jeruk memiliki ciri khas yaitu rasanya yang masam dan manis serta aroma yang unik. Rasa masam pada jeruk, berasal dari kandungan asam sitrat yang notabene terkandung pada jeruk jenis apapun.

Khasiat dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan

Ada banyak sekali macam jeruk, mulai dari jeruk manis, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis dll. Tidak hanya dikonsumsi, jeruk banyak dijadikan sebagai produk olahan, baik diambil rasanya ataupun aromanya.

Jeruk mengandung berbagai nutrisi penting yand dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, kalori, protein serta kaya akan serat. Karena nutrisinya  begitu banyak tersebut, jeruk memiliki segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan seperti dipaparkan berikut ini.

Khasiat Dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain menyegarkan untuk dikonsumsi, ternyata terdapat banyak khasiat dan manfaat jeruk untuk kesehatan dan kecantikan.

A. Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

1. Jeruk dapat mencegah penyakit ginjal

Apabila anda suka minum jus jeruk, ternyata jeruk dapat menangkal berbagai penyakit ginjal. Namun perlu diingat, lebih baik dikonsumsi tanpa gula untuk menghindari kelebihan kalori. Selain itu, anda tetap disarankan untuk minum air putih yang banyak untuk menghindari penyakit ginjal.

2. Jeruk dapat mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit mematikan yang sangat menakutkan kita semua. Siapa sangka dengan mengkonsumsi jeruk secara  rutin dapat menurunkan resiko terkena berbagai macam jenis kanker.

3. Jeruk seagai pengontrol kolesterol

Kandungan serat yang tinggi pada jeruk tidak hanya baik untuk pencernaan, namun dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

4. Jeruk dapat mencegah penyakit Liver

Tidak hanya vitamin  C, jeruk juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan liver anda. Disarankan untuk mengkonsumsi jeruk mandarin.

5. Jeruk dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan  penyakit yang banyak merenggut jiwa di Indonesia. Apabila anda memiki penyakit darah tinggi, konsumsilah jeruk karena dapat menurunkan tekanan darah. Jeruk dapat menurunkan  tekanan darah karena mengandung Hesperidin dan Magnesium.

6. Jeruk dapat Mengatasi radang sendi

Jeruk juga baik bagi anda yang memiliki penyakit radang sendi ataupun cidera karena patah tulang atau otot yang kaku.

7. Jeruk sebagai antioksidan

Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin, akan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit.

8. Jeruk dapat menjaga fungsi otak

Kandungan asam folat pada jeruk berfungsi untuk menutrisi otak yang dapat membantu perkembangan otak. Asam folat ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terutama oleh ibu hamil (Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil)

9. Jeruk dapat memelihara kesehatan jantung

Menurut beberapa penelitian, buah jeruk dapat mencegah kardiak artimia atau detak jantung yang tidak beraturan karena jeruk mengandung kalium yang notabene memiliki peran untuk menstabilkan detak jantung.

10. Jeruk dapat menangkal bakteri dan virus

Jeruk mengandung polyphenol yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

11. Jeruk dapat melancarkan pencernaan

Seperti disebutkan diatas, jeruk kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar tersebut dapat menghindarkan anda dari penyakit sembelit, sulit BAB, wasir dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan pencernaan yang lancar, maka metabolisme anda juga semakin bagus.

12. Jeruk dapat menangkal sariawan

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeruk dapat menyembuhkan sariawan. Hal itu karena jeruk mengandung vitamin C yang tinggi

Selain manfaat jeruk untuk kesehatan seperti dipaparkan diatas, jeruk juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan terutama untuk kecantikan wanita. Penasaran ingin tau apa saja manfaat jeruk untuk kecantikan, simak ulasan berikut.

Manfaat Jeruk Untuk Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Jeruk nipis memiliki segudang manfaat untuk kecantikan

1. Jeruk membuat rambut berkilau

Siapa sangka ternyata jeruk dapat digunakan untuk meningkatkan kilau rambut anda. Caranya cukup mudah siapkan sari buah jeruk lemon dan oleskan pada rambut secara merata kemudian pijit halus. Lakukan secara rutin, niscaya rambut anda akan berkilau.

2. Jeruk dapat menghaluskan kulit

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kasar, anda tidak perlu khawatir karena dengan jeruk ini , dapat membuat kulit anda lebih halus. Caranya cukup mudah, pertama tama gosok kulit anda dengan batu apung kemudian gosokkan jeruk lemon pada kulit kemudian ikuti dengan mengoleskan pelembab. Untuk hasil optimal sebaiknya lakukan secara teratur.

3. Jeruk nipis untuk mengatasi jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat membandel, gunakan jeruk nipis untuk menyembuhkan jerawat anda. Caranya dengan mengoleskan sari jeruk nipis pada jerawat secara rutin, lama kelamaan jerawat akan sembuh.

4. Jeruk nipis untuk mencerahkan wajah

Tidak hanya menyembuhkan jerawat, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mencerahkan wajah. Bagi anda yang memiliki kulit kusam lakukan perawatan menggunakan jeruk nipis ini agar kulit wajah anda menjadi cerah. Caranya cukup mudah, pertama belah jeruk nipis kemudian oleskan jeruk nipis secara langsung pada wajah.

5. Jeruk lemon untuk memutihkan ketiak hitam

Malu menggunakan baju lengan pendek?? Jangan khawatir, jeruk lemon dapat memutihkan ketiak anda dengan cepat. Pertama-tama siapkan jeruk lemon kemudian belah menjadi dua dan oleskan pada ketiak hitam anda.

6. Jeruk nipis untuk mengecilkan perut buncit

Bagi anda yang memiliki masalah perut buncit atau berat badan berlebih, anda dapat mencoba mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin. Jeruk nipis ini berkhasiat melunturkan lemak dalam tubuh anda. Namun konsumsilah tanpa disertai gula atau gunakan gula non kalori seperti gula jagung.

7. Jeruk Lemon untuk memutihkan wajah

Ingin kulit putih?? Jeruk lemon adalah salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit anda. Caranya, campurkan air perasan jeruk lemon dengan 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa, kemudian oleskan pada wajah secara merata selama 15 menit.

8. Jeruk Nipis untuk memutihkan wajah

Wanita Indonesia umumnya menyukai untuk memiliki kulit yang putih. Tidak perlu mahal-mahal, dengan jeruk nipis dan putih telur anda dapat melakukan perawatan untuk memutihkan kulit. Caranya cukup mudah, aduk putih telur sampai berbusa dan tambahkan jeruk nipis. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit.

Ternyata cukup banyak juga ya khasiat dan manfaat jeruk untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi jeruk secara rutin. Selain menyehatkan tubuh juga dapat mempercantik tampilan anda. Harganya pun juga murah dan mudah didapat.

Demikianlah artikel “Khasiat dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan“, semoga memberi banyak informasi dan pengetahuan bagi anda. Selamat mencoba. [info-kecantikan.com]


Baca juga :
loading...