Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Dibandingkan Pria

Kenapa usia wanita lebih panjang dibandingkan pria?? Pernahkah anda bertanya tentang hal itu ketika anda mengamati kondisi sekitar anda?? Anda tentu sering menjumpai wanita tua daripada pria tua di berbagai daerah. Hal ini tentunya memiliki alasan tersendiri kenapa usia wanita lebih panjang dibandingkan pria. Hasil penelitian dapat menjawab kenapa usia wanita lebih panjang dibandingkan pria. Hal tersebut dikarenakan sel-sel tubuh mereka lebih baik ketimbang pria dalam hal memperbaiki diri. Dalam laporan yang diterbitkan Scientific American, Professor Tom Kirkwood dari Newcastle University, Inggris, menyatakan, tubuh wanita secara genetika memiliki mekanisme lebih baik dalam hal perbaikan sel-sel rusak demi melahirkan keturunan yang sehat. Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kenapa usia wanita lebih panjang dibandingkan pria.

Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Dibandingkan Pria

Umumnya, usia wanita lebih lama dibanding pria

Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Dibandingkan Pria

1. Pria berperilaku agresif dan membahayakan

Banyak kasus menunjukkan bahwa pria muda mati di usia 12-30 tahun. Hal tersebut dikarenakan tindakan agresif dan nekatnya. Anda dapat melihat kondisi tersebut pada saat menyetir. Pria cenderung sering kebut-kebutan dibandingkan wanita. Perilaku bunuh diri juga lebih banyak ditemukan pada pria, misalnya karena putus cinta. Jarang sekali dijumpai seorang wanita bunuh diri karena putus cinta. Jadi bisa dikatakan pria lebih labil dibanding wanita.

2. Pria lebih sering mengalami stres

Taukah anda, bahwa pria ternyata lebih sering mengalami stres. Pria jauh lebih rentan stres daripada wanita. Umumnya stres pada pria berawal dari wanita yang memberikan banyak tekanan pada pria, misalnya tentang nafkah dan pekerjaan, sehingga mereka mau tidak mau harus bekerja dengan sangat keras.

3. Perbedaan faktor genetika/kromosom antara pria dan wanita

Susunan kromosom wanita sungguh sangat membantu. Susunan kromosom XX pada wanita membuat mereka jauh lebih stabil daripada kromosom pria yang secara genetik adalah XY.

4. Perbedaan hormon seks antara pria dan wanita

Wanita mengalami menopause dan berhentinya produksi hormon estrogen dan menurunnya hormon seks lainnya. Sebaliknya pria terus memproduksi hormon testosteron sepanjang hidupnya yang tidak menguntungkan saat mereka tua. Perubahan genetik wanita ini dipercaya ilmuwan memberikan perlindungan kematian pada kaum hawa.

5. Wanita mengalami defisiensi (kekurangan) zat besi

Wanita cenderung kekurangan zat besi di dalam tubuhnya karena mengalami menstruasi bulanan. Zat besi ini sebagian besar ditemukan dalam daging merah yang jika kebanyakan memberi kontribusi terhadap banyaknya produksi radikal bebas. Dampak radikal bebas ini bisa mempercepat penuaan dan menyumbat arteri, meningkatkan resiko stroke dan jantung. Pria secara alami memiliki zat besi lebih banyak dalam darahnya ketimbang wanita.

6. Wanita jarang memiliki sakit jantung

Apakah Anda pernah mendengar seorang wanita mengalami serangan jantung? Hampir tidak pernah. Hal ini dikarenakan wanita jarang terkena penyakit jantung. Pria lebih mudah mengalami serangan jantung saat memiliki masalah yang berat dan mengejutkan.

7. Pria punya kebiasaan yang tidak sehat

Rata-rata, pria memiliki kebiasaan hidup yang tidak sehat. Hal tersebut bisa dilihat dari pola makan yang tidak teratur, pola tidur larut malam (begadang), kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol. Gaya hidup seperti ini yang menyebabkan mereka tidak sehat dan lebih berisiko terhadap kematian.

8. Pria malas melakukan tes kesehatan

Sebagian besar pria pasti menolak jika diminta untuk melakukan tes kesehatan. Selain karena masalah ego atau percaya diri yang berlebihan, pria selalu enggan ke dokter jika tidak ada sesuatu yang besar terjadi dalam tubuhnya.

Demikianlah artikel “Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Dibandingkan Pria“, semoga dengan membaca artikel tersebut dapat menambah ilmu anda.


Baca juga :
loading...