Jenis Gangguan Pada Kulit Dan Penyebabnya

Jenis gangguan pada kulit dan penyebabnya – Kesehatan tubuh adalah sesuatu yang sangat mahal. Sekarang ini berbagai penyajit muncul tanpa memandang usia, jenis kelamin dan dapat menyerang bagian tubuh mana saja. Salah satunya adalah Gangguan pada kulit. Penyakit kulit sering dialami oleh sebagian orang. Berbagai hal bisa menjadi penyebab dari gangguan kulit ini diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat, tinggal di daerah yang kumuh yang rentan dengan bakteri dan kuman, lingkungan dan termasuk iklim juga bisa menjadi penyebabnya. Berikut adalah jenis gangguan pada kulit dan penyebabnya:

Jenis Gangguan Pada Kulit Dan Penyebabnya

Jenis Gangguan Pada Kulit Dan Penyebabnya

Ada beberapa jenis Gangguan pada kulit dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis dan penyebabnya maka Anda dapat mengetahui solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Panu

Panu merupakan salah satu masalah kulit yang bisa dialami oleh siapapun. Panu ini disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Gejala yang diakibatkan oleh penyakit kulit ini adalah kulit akan terasa gatal ketika berkeringat dan disertai juga munculnya bercak putih, merah atau coklat hal ini dipengaruhi oleh warna kulit penderita. Masalah kulit ini tentunya sangat mengganggu Anda.

2. Scabies/Kudis

Gangguan kulit berikutnya adalah scabies atau biasa yang dikenal dengan nama kudis. Penyakit kulit ini merupakan salah satu kulit yang menular. Penularan penyakit ini bisa ditularkan melalui pakaian, sprei, handuk dan lain-lain. Gejala yang akan dialami oleh penderita kudis ini adalah, rasa gatal tang teramat sangat dan biasanya terjadi di malam hari. Hal ini biasa disebabkan oleh gerakan dari tungau Sarcoptes scabiei. Bagian tubuh yang biasa terkena kudis adalah pinggul, paha, ketiak, sela bagian jari, kaki dan tangan. Gangguan kulit ini umumnya diderita oleh orang-orang yang tinggal di daerah kumuh dan mereka yang kurang memperhatikan kebersihan tubuh. Oleh karena itu jagalah kebersihan dari tubuh Anda, selain itu lingkungan juga perlu dijaga kebersihannya agar terhindar dari gangguan penyakit kulit.

3. Bisul

Bisul merupakan salah satu gangguan pada kulit yang berupa tonjolan yang berwarna merah. Dan biasanya tonjolan ini akan membesar dan akan terasa panas. Bisul ini disebabkan karena bakteri yang bernama Staphilococcus aureus di kulit seperti kelenjar minyak, keringat sehingga menimbulkan infeksi. Selain itu,bisul juga dapat muncul disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan, tersumbatnya pori yang disebabkan karena kosmetik yang berlebihan dan juga bisa disebabkan karena diabetes. Gangguan kulit ini biasa muncul di bagian-bagian tubuh seperti di ketiak, kaki, punggung dan lain-lain.

4. Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Jerawat banyak dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit yang berminyak. Hal ini disebabkan karena bakteri yang hidup di pori-pori bawah kulit yang memiliki kelenjar minyak. Dengan munculnya jerawat jelas akan mengganggu kenyaman Anda. jerawat selain muncul di wajah juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya (Baca juga : Macam dan Penyebab Jerawat)

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit

Penyakit kulit dapat menimpa siapa saja. Bagi mereka yang mengalami masalah tersebut pastilah sangat mengganggu penampilan Anda. Penyakit kulit ini muncul karena ketidak sadaran Anda untuk menjaga kebersihan tubuh Anda sendiri dan juga tidak terlalu peduli dengan kesehatan Anda. Hal inilah yang menyebabkan gangguan-gangguan penyakit kulit seperti disebutkan atas dapat muncul.

Setelah mengetahui jenis gangguan pada kulit dan penyebabnya, maka Anda dapat mengetahui solusi atau jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mencegah masalah kulit datang kembali, mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk anda yang kurang memperhatikan kebersihan.

Demikianlah artikel “Jenis Gangguan Pada Kulit Dan Penyebabnya“, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.


Baca juga :
loading...