Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Cara merawat wajah berminyak secara alami – Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, tentunya sering mengalami permasalahan kulit seperti komedo, jerawat dan wajah mengkilat. Selain itu, wajah berminyak dapat menyebabkan make up anda jadi berantakan.

Untuk mengatasi wajah berminyak, sebenarnya telah banyak produk yang beredar di pasaran mulai dari sabun pencuci muka, cream pembersih wajah, kertas minyak dll. Namun sebaiknya anda harus berhati-hati menggunakan produk perawatan wajah berminyak karena kadang mengandung bahan kimia berbahaya yang merugikan kesehatan anda. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan cara merawat wajah berminyak secara alami.

Sebelum kita membahas cara merawat wajah berminyak secara alami, ada baiknya kita mengetahui penyebab kulit berminyak agar kita tidak hanya mengatasi kulit berminyak, namun juga mencegah kulit berminyak datang kembali.

 

Penyebab Kulit Berminyak

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Kosmetik

Kosmetik juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Sebelum anda membeli kosmetik alangkah baiknya jika anda mengenali jenis kulit anda terlebih dahulu. Pastikan kosmetik anda tidak menggunakan bahan kimia dan terdaftar di BPOM. Untuk mengecek apakah terdaftar di BPOM anda dapat membaca artikel saya sebelumnya yaitu “Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM Suatu Produk?

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Makanan Berlemak

Produksi minyak oleh kelenjar minyak dapat mengalami peningkatan karena konsumsi makanan berlemak, oleh karena itu sebaiknya hindari makanan berlemak.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Cuaca

Taukah anda bahwa produksi minyak juga ditentukan oleh perubahan cuaca yang ekstrim? Agar make up anda tidak kacau karena minyak tersebut, gunakanlah foundation yang mampu menyerap minyak. Untuk kosmetik, gunakanlah kosmetik yang tidak mudah luntur (waterproof).

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Stres

Ketika anda mengalami stres, kulit secara otomatis akan memproduksi minyak secara berlebih. Hal ini terjadi karena sikap psikis anda yang sering waspada dan banyak berfikir ketika sedang stres. Sehingga wajah akan memproduksi banyak kortisol.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Hormon dan Siklus Menstruasi

Bagi wanita, umumnya produksi minyak mengalami peningkatan saat sebelum dan sesudah haid. Produksi minyak tersebut apabila tidak diatasi akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul komedo dan jerawat.

  • Penyebab Kulit Berminyak Karena Keturunan/Genetika

Keturunan genetik dari orang tua juga menyebabkan anda memiliki kulit berminyak. Hal tersebut tidak bisa di cegah, tapi tetap bisa diatasi yaitu dengan perawatan kulit kering.

 Itulah penyebab kulit berminyak. Nah sekarang saatnya kita membahas cara merawat wajah berminyak secara alami. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ulasannya

 

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Ada beberapa cara merawat wajah berminyak secara alami. Anda dapat memilih salah satu cara dibawah ini.

 

1. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Air Panas

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Air Panas

Air panas ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan dan membersihkan luka. Air panas juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu air panas juga dapat mengurangi minyak diwajah. Bagi anda yang memiliki kulit kering, dianjurkan untuk tidak membasuh wajah dengan air panas, karena dapat membuat wajah semakin kering.

 

2. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Minyak Zaitun

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan baku produk kecantikan, karena berkhasiat melembabkan kulit. Kulit zaitun cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang paling sensitif sekalipun. Bagi kulit berminyak, minyak zaitun dapat mengurangi produksi minyak pada wajah anda. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah secara merata. Tunggu selama 15 menit dan lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

 

3. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Mentimun

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Mentimun

Untuk mengurangi minyak pada wajah, anda dapat menggunakan buah mentimun. Caranya dengan menghaluskan buah mentimun kemudian oleskan secara merata pada wajah. Selain itu anda juga dapat mencampurkan dengan air jeruk nipis. Setelah mengoleskan pada wajah, tunggu semalaman. Sebaiknya lakukan tiap malam.

 

4. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Apel

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Apel

Apel tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi namun juga dapat digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Caranya adalah dengan menghaluskan apel, kemudian tambahkan 5 sendok makan madu. Oleskan cream alami tersebut pada wajah secara merata kemudian diamkan selama 10 menit. Selanjutnya basuh dengan air dingin.

 

5. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Putih Telur

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Putih Telur

Putih telur dapat berkhasiat untuk mengatasi wajah berminyak, caranya dengan memisahkan putih telur secara sempurna. Kocok putih telur tersebut kemudian oleskan pada wajah secara merata selama 15 menit.

 

6. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Lemon

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Lemon

Seperti halnya minyak zaitun, Lemon juga banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik. Lemon banyak dipakai untuk merawat rambut dan kulit. Untuk wajah berminyak juga dapat menggunakan Lemon, caranya cukup mudah yaitu dengan mengiris lemon kemudian oleskan pada seluruh wajah secara merata, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

 

7. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Aloe Vera

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Aloe Vera

Aloe Vera atau Lidah Buaya biasanya digunakan untuk perawatan rambut. Namun ternyata juga dapat digunakan untuk merawat wajah berminyak. Cara merawat wajah berminyak secara alami dengan aloe vera cukup mudah, yaitu dengan mengambil daging bagian dalam kemudian oleskan pada wajah. Selain itu dapat juga dilakukan dengan membuat pasta, yaitu merebus lidah buaya kemudian campurkan dengan madu. Oleskan daging lidah buaya atau pasta ini pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan ini sekali dalam seminggu.

 

8. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Yoghurt

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Yoghurt

Yoghurt tidak hanya untuk dikonsumsi, namun juga dapat dipakai untuk merawat wajah berminyak. Asam laktat dalam yoghurt berkhasiat mengelupas kulit mati serta menyerap produksi minyak berlebih. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan yoghurt pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

 

9. Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Madu

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Dengan Madu

Madu tidak hanya baik untuk kesehatan anda, namun juga banyak digunakan di dunia kecantikan. Madu dapat mengontrol produksi minyak berlebih serta mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Cara merawat wajah berminyak secara alami dengan madu dilakukan dengan mengoleskan secara langsung kemudian biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori pada wajah. Selain itu anda juga dapat mencampurkan gandum kemudian oleskan pada wajah secara merata.

 

Itulah cara merawat wajah berminyak secara alami. Cukup mudah bukan?? Anda dapat memilih salah satu cara diatas. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin. Dengan cara alami saja anda dapat merawat wajah berminyak, kenapa harus menggunakan produk pengontrol minyak?? Harganya lebih murah dan mudah didapat, selain itu tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Demikianlah artikel “Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami”, semoga bermanfaat. Apabila artikel diatas anda rasa memiliki banyak manfaat, sudilah kiranya untuk membagikan pada teman anda.


Baca juga :
loading...