Cara Merawat Rambut Tanpa ke Salon

Bagaimanakah cara merawat rambut tanpa ke salon?? Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita, karena rambut yang sehat dan alami akan menambah pesona kecantikan dan rasa percaya diri saat bertemu dengan banyak orang. Tak terkecuali bagi sebagian pria, akan menambah ketampanan dan salah satu faktor untuk memikat wanita. Bagi anda yang sedang mengalami kerontokan hebat, adakalanya anda membaca lebih lanjut mengenai perawatan rambut rontok. Perawatan rambut rontok tentunya lebih sulit dan memakan biaya yang lebih banyak, oleh karena itu untuk mencegah kerontokan rambut, adakalanya anda memperhatikan cara merawat rambut.

Cara Merawat Rambut Tanpa ke Salon

Berikut adalah cara merawat rambut tanpa ke salon :

1. Cara Merawat Rambut Normal

Gunakan sehelai tanaman lidah buaya, potong kecil-kecil, kemudian tumbuk halus. Lebih bagus lagi bila anda gunakan alat blender untuk melembutkannya. Tampung pada wadah gelas, lalu tambahkan 2 sendok makan minyak jarak dan sebutir telur. Pisahkan kuning telur dari putih telur, karena hanya putih telur yang akan digunakan. Campur dan aduk semua bahan tersebut, kemudian oleskan pada rambut anda. Pijat-pijat halus agar meresap ke dalam kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum anda keramas. Penggunaan lidah buaya bisa digantikan atau dipakai bersama dengan minyak kemiri. Kemiri dibakar hingga hangus, kemudian tumbuk hingga lembut sebelum dicampur dengan minyak jarak dan telur.

Cara Merawat Rambut Tanpa ke Salon menggunakan lidah buaya

2. Cara Merawat Rambut Berminyak

Minyak zaitun (olive oil) ambil sebanyak 2 sendok makan, aduk bersama satu sendok makan perasan jeruk nipis. Tambahkan putih telur dan aduk kembali. Oleskan pada rambut anda sembari dipijat perlahan. Tunggu sekitar 30 menit sebelum anda keramas. Gunakan air dingin, jangan air hangat saat anda keramas. Perawatan ini bisa anda lakukan 1 – 2 kali dalam seminggu.

Cara Merawat Rambut Tanpa ke Salon menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun

3. Cara Merawat Rambut Kering

Buatlah adonan dengan campuran : 1 sendok makan susu mentah, 6 hingga 8 tetes air jeruk nipis, 2 sendok makan tepung terigu, dan 2 tetes minyak zaitun (olive oil). Aduk hingga merata, kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa dan kuning telur. Oleskan pada rambut anda dan pijat-pijat. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian keramaslah dengan shampoo dan selalu gunakan conditioner setelahnya.

4. Cara Merawat Rambut Ketombe

Ambil 1 sendok makan lemon yang telah diblender, atau bisa dari juice lemon, campur dan aduk bersama 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga merata. Pijat-pijat teratur agar meresap dalam kulit kepala. Diamkan selama 3 jam sebelum anda cuci dengan air hangat. Beberapa saat kemudian keramaslah dengan shampoo.

5. Cara Merawat Rambut Rontok

Perawatan dengan menggunakan air santan, yaitu air parutan kelapa yang telah diperas. Gunakan santan yang masih segar, oleskan pada bagian kepala yang mengalami kerontokan. Pijat dan tekan dengan lembut selama 3 menit, kemudian biarkan hingga 30 menit. Bilas telebih dahulu sebelum anda keramas dengan menggunakan air dingin.

Demikianlah artikel “Cara Merawat Rambut Tanpa ke Salon“. Cukup mudah bukan? Semua bahan bisa didapatkan di sekitar kita, harga juga relatif murah dibandingkan bila anda pergunakan jasa salon untuk merawat rambut anda.[RA]


Baca juga :
loading...