Cara Merawat Rambut Rontok

Cara Merawat Rambut Rontok. Rambut adalah mahkota bagi pria dan wanita. Penampilan yang baik salah satunya ditentukan oleh penampilan rambut anda. Apabila rambut anda terlihat sehat, indah, rapi dan ngetrend tentunya membuat nilai lebih bagi penampilan anda. Salah satu masalah yang kerap mendera rambut anda adalah kerontokan. Kerontokan rambut adalah masalah umum yang dihadapi baik oleh pria dan wanita. Normalnya setiap hari rambut mengalami kerontokan sekitar 45-100 helai, apabila lebih dari itu anda harus waspada karena rambut anda akan mengalami penipisan.
Cara Merawat Rambut Rontok

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Faktor penyebab rambut rontok ada banyak, seperti :

1. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Usia

Penyebab rambut rontok karena usia

Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Usia

Ketika pria mencapai usia pubertas, jumlah folikel rambut mulai menurun dari waktu ke waktu. Pada usia 20 sampai 30, ada sekitar 615 folikel per sentimeter persegi di kulit kepala. Pada usia 30 sampai 50, jumlah folikel jatuh ke 485. Dan di usia 80 tahun, folikel akan turun menjadi 435 per sentimeter persegi. Penipisan rambut dapat dianggap sebagai bagian dari proses penuaan.

2. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Obat-Obatan

Obat-obatan pun bisa menjadi penyebab kerontokan. Contohnya ini terjadi pada pasien penerima kemoterapi atau radioterapi. Bahkan, untuk sebagian orang, pil kontrasepsi, obat asam urat, obat radang sendi, obat depresi, dan obat darah tinggi bisa menjadi pemicu kerontokan rambut.

Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Obat-Obatan

Obat sebagai salah satu pemicu kerontokan rambut

3. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Genetika (Keturunan)

Penyebab rambut rontok karena faktor genetika sangat sulit diatasi. Genetika tidak bisa dihilangkan begitu saja, karena hal tersebut bawaan sejak lahir. Kerontokan yag disebabkan karena genetika beresiko besar menyebabkan kebotakan.

4. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Stress

Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok, dan memperburuk masalah rambut rontok yang ada. Oleh karena itulah mengapa banyak pemikir dan manajer yang botak karena mereka selalu di bawah tekanan berat dari pekerjaan mereka. Masalah stres yang serius dapat menyebabkan penyakit psikologis seperti depresi. Ini mungkin menyebabkan beberapa orang untuk menarik rambut mereka dan menyebabkan kerusakan rambut. Dan untuk laki-laki, setelah hari yang menegangkan di tempat kerja, akan menikmati merokok dan minum alkohol untuk bersantai. Ini dapat membantu seseorang untuk bersantai dan menghilangkan stres, tetapi juga dapat memperburuk masalah kerontokan rambut.

Cara Merawat Rambut Rontok

Stress dapat menyebabkan kerontokan rambut

5. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium. Rambut akan kembali ke kondisi normal beberapa bulan setelahnya.

Kerontokan rambut kadang terjadi 3 bulan setelah melahirkan

Kerontokan rambut kadang terjadi 3 bulan setelah melahirkan

6. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Menopause

Salah satu gejala wanita yang memasuki masa menopause adalah kerontokan rambut. Hal ini normal dan biasa terjadi pada banyak wanita.

7. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Iklim

Khusus di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah iklim yang panas dan lembab. “Iklim tropis membuat kepala lebih mudah berminyak, kotor, dan berketombe.

8. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Kekurangan Nutrisi.

Kurangnya asupan nutrisi bagi rambut anda juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, seperti protein, vitamin B, mineral seng. Apabila kekurangan salah satu dari zat tersebut, akar rambut menjadi mudah lepas sehingga mengalami kerontokan.

Kekurangan nutrisi menyebabkan kerontokan rambut

Kekurangan nutrisi menyebabkan kerontokan rambut

9. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Infeksi Kulit Kepala.

Beberapa jenis infeksi, misalnya infeksi jamur di kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur kerontokan bisa dihentikan.

10. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Kesalahan Merawat Rambut

Kebiasaan mengikat atau menyasak rambut dapat menyebabkan akar rambut tertarik dan mudah lepas. Selain itu penggunaan bahan kimia, seperti pelembab rambut, shampo, pewarna rambut, serta obat pelurus atau pengeriting rambut juga mempengaruhi kesehatan akar rambut.

11. Faktor Penyebab Rambut Rontok Karena Hormon

Penyebab lain adalah kelebihan hormon androgen (androgenic alopecia). Hormon ini biasanya menyerang kaum pria berusia di atas 30 tahun. Biasanya, kebotakan terjadi di depan atau belakang kepala.

Itulah faktor penyebab kerontokan rambut, lalu bagaimana cara merawat rambut rontok?? Berikut akan dipaparkan cara merawat rambut rontok.

 

Cara Merawat Rambut Rontok

Berikut adalah cara merawat rambut rontok yang dapat anda lakukan sehari-hari. Tips merawat rambut rontok ini tentunya tidak memakan biaya yang mahal, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

1. Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Asupan Nutrisi dan Mineral

Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Asupan Nutrisi dan Mineral

Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Asupan Nutrisi dan Mineral

Agar tumbuh sehat, rambut memerlukan nutrisi seperti protein, vitamin B, mineral seng (Zinc). Rambut terdiri dari kolagen dan elastin yang diproduksi oleh protein. Oleh karena itu, pastikan anda mengkonsumsi makanan yang kaya protein serta buah dan sayuran yang mengandung vitamin B. Pastikan anda juga mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral seperti zat besi dan zinc akan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Besi merupakan unsur penting untuk membantu rambut tumbuh kuat dan tebal. Makanan seperti cokelat dan hati kaya akan zat besi. Zinc juga berguna untuk kesehatan rambut dan dapat ditemukan dalam makanan, seperti telur kuning, biji gandum, biji labu dan kerang.

2. Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Shampo Penebal Rambut

Gunakan shampo penebal rambut untuk meningkatkan volume rambut. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan shampo yang tidak mengandung sulfat dan alkohol.

3. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Santan

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Santan

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Santan

Santan tidak hanya digunakan untuk memasak, namun juga digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. cara merawat rambut rontok secara alami dengan santan cukup mudah yaitu :

  • Siapkan 300 – 500 ml santan
  • Bilas rambut anda menggunakan santan sampai mengenai kulit kepala.
  • Tutup rambut dengan handuk hangat
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air dingin.

 

Dengan melakukan perawatan ini, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan mengkilap. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

4. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Telur

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Telur

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Telur

Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol, anda pastinya sangat menghindari kuning telur. Tapi taukah anda bahwa kuning telur dapat digunakan untuk merawat rambut rontok?? Cara merawat rambut rontok secara alami dengan telur sangat mudah, yaitu :

  • Siapkan kuning telur secukupnya, pisahkan dengan putihnya secara sempurna agar tidak amis.
  • Oleskan kuning telur pada rambut dan kulit kepala
  • Pijat kulit kepala selama 10 hingga 15 menit
  • Cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo, agar tidak meninggalkan aroma amis pada rambut.
  • Lakukan cara tersebut 3-4 kali dalam seminggu.

 

5. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Minyak Kelapa

Coconut Oil (4404443713)

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat dipakai untuk menghilangkan ketombe. Ketombe dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkan ketombe agar rambut lebih cepat tumbuh, Anda dapat mengusapkan minyak kelapa pada kulit kepala hingga rambut. Pastikan seluruh akar rambut terkena minyak kelapa. Jika proses ini dilakukan setiap hari, maka dalam waktu 15 hari, ketombe akan hilang dan akar rambut yang kuat. Dengan perawatan yang teratur rambut anda akan cepat tumbuh.

6. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Biji Kemiri

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Biji Kemiri

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Biji Kemiri

Biji kemiri banyak digunakan oleh produk kecantikan rambut karena khasiatnya yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. Daripada anda membeli produk yang mengandung biji kemiri dengan harga mahal, ada baiknya anda menggunakan biji kemiri secara langsung, karena selain harganya murah juga tidak mengandung bahan berbahaya. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan biji kemiri sangat mudah dilakukan yaitu :

  • Siapkan biji kemiri secukupnya
  • Bakar biji kemiri hingga hangus kemudian digiling.
  • Oleskan cream biji kemiri tersebut pada rambut anda.
  • Lakukan pada malam hari saat tidur, jangan lupa untuk membungkus kepala agar bantal tidak kotor.
  • Cucilah rambut anda menggunakan shampo keesokan harinya.

 

Lakukan cara ini 3 kali seminggu, dijamin rambut anda akan tumbuh sehat, serta warnanya hitam mengkilat alami.

7. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Kulit Apel

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Kulit Apel

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Kulit Apel

Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna. Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan kulit apel yaitu :

  • Haluskan kulit apel
  • Oleskan pada rambut anda
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Bilas hingga bersih.

 

8. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Ginkgo Biloba

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Ginkgo Biloba

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Ginkgo Biloba

Gingko biloba adalah bahan alami untuk menumbuhkan rambut di kepala anda. Tanaman yang berasal dari Cina ini terkenal untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Bagi rambut, Gingko biloba berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan batang rambut.

Cara merawat rambut rontok secara alami dengan Gingko biloba adalah dengan mengoleskan minyak Ginkgo biloba pada rambut dan kulit kepala. Minyak Ginkgo biloba bisa didapatkan di apotik atau di toko obat cina.

9. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Teh Hijau

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Teh Hijau

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Teh Hijau

Teh hijau terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga berkhasiat untuk menumbuhkan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan teh hijau adalah :

  • Seduh teh hijau
  • Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Bungkus rambut menggunakan handuk
  • Tunggu hingga 20 menit
  • Bilas sampai bersih.

 

10. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Minyak zaitun

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Minyak zaitun

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun, banyak memiliki manfaat didunia kecantikan. Selain untuk memutihkan wajah secara alami, minyak zaitun juga dapat dipakai untuk menyehatkan serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara merawat rambut rontok secara alami dengan minyak zaitun adalah :

  • Siapkan minyak zaitun
  • Teteskan 4- 5 tetes minyak zaitun setelah keramas
  • Pijatlah kulit kepala

 

Sebaiknya, lakukan pada malam hari agar kandungan minyak zaitun terserap pada kulit kepala. Pada pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

11. Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Model Rambut Layer

Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Model Rambut layer

Model rambut layer untuk rambut tipis

Berbeda dengan tips diatas, sebenarnya tips ini hanyalah untuk menyembunyikan rambut tipis anda. Cara ini merupakan solusi jangka pendek, jika anda ingin rambut anda kelihatan tebal secara cepat, anda dapat menggunakan model rambut layer (lapisan). Ini adalah trik yang banyak penata rambut gunakan untuk membuat rambut terlihat lebih tebal. Model rambut layer dilakukan dengan membuat membuat beberapa lapisan (layer) sepanjang sisa rambut. Gaya rambut yang baik akan dapat mengubah penampilan Anda. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel model rambut untuk rambut tipis.

Itulah cara merawat rambut rontok yang dapat anda lakukan, mudah bukan?? Sebaiknya anda mencoba cara merawat rambut rontok secara alami seperti dipaparkan diatas karena selain harganya lebih murah, bahan alami juga tidak berbahaya bagi kesehatan dan kondisi tubuh anda. Apabila anda menggunakan produk penumbuh rambut yang beredar dipasaran, pastikan produk penumbuh rambut tersebut terdaftar di BPOM RI. Anda dapat membaca artikel saya sebelumnya “Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM Suatu Produk?“.

Demikianlah “Cara Merawat Rambut Rontok“, apabila anda memiliki pengalaman, tips ataupun cara merawat rambut rontok secara alami, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...