Cara Merawat Kaki Secara Alami

Bagaimanakah cara merawat kaki secara alami?? Salah satu bagian tubuh yang masih sering terlewat dalam perawatan adalah kaki. Padahal fungsi kaki sangat banyak untuk kita. Selain untuk menopang tubuh, kaki juga dipakai untuk berjalan, berlari, bahkan melompat.

Beberapa perlakuan kita yang menyebabkan kaki sering merasa capek, terlihat kasar tidak terurus, sampai mengeluarkan bau tak sedap diantaranya adalah kebiasaan memakai sepatu high heel, terlalu lamanya kaki terbungkus kaus kaki, kebiasaan jalan tanpa memakai alas kaki, dan kebiasaan lain yang memicu kulit anda menderita.

Cara Merawat Kaki Secara Alami

Kaki bersih dan sehat sangat menunjang penampilan wanita, sehingga sudah sepantasnya jika kita mulai merawat kaki secara rutin dan teratur. Dengan perawatan kaki yang benar, tentunya anda akan memiliki kulit kaki yang sehat dan bersih juga.

Berikut akan kita ulas cara merawat kaki secara alami yang dapat anda lalukan sendiri di rumah, tanpa anda perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Cara Merawat Kaki Secara Alami :

1. Cara Merawat Kaki dengan Massage / Pemijatan

Pemijatan disini disarankan dengan memakai massage oil atau massage cream, pilih yang memiliki aroma harum, seperti minyak cendana, atau wangi-wangian bunga. Selain dapat mengurangi rasa lelah, aroma juga bisa membuat pikiran menjadi rilek. Pijat kaki perlahan mulai dari mata kaki menuju lutut. Kemudian pijat area telapak kaki termasuk jari-jari kaki. Pemijatan akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga kulit kakipun akan mendapatkan nutrisi dari dalam secara maksimal. Cara merawat kaki ini termasuk yang paling mudah untuk anda lakukan.

2. Cara Merawat Kaki dengan Masker Kaki

Tidak hanya wajah yang anda rawat dengan masker. Kakipun butuh perawatan intensif dengan menggunakan masker. Pilih masker alami yang berasal dari buah-buahan seperti alpukat, nanas, strawberry, jeruk, dll. (Pembahasan untuk cara membuat masker telah diulas dan dapat anda baca kembali di sub artikel). Cara pembuatan masker sama dengan membuat masker untuk wajah, yang terpenting masker mengandung pelembab dan nutrisi untuk kulit. Cara merawat kaki disini dengan mengoleskan masker merata pada kaki, diamkan hingga mengering sekitar 30 menit sebelum anda membilasnya dengan air bersih. Kulit anda akan kembali kencang dan rasa lelah pada kaki berangsur-angsur berkurang.

3. Cara Merawat Kaki dengan Foot lotion / Body Lotion / Body Cream

Ketiga bahan lotion dan cream di atas bisa anda pilih salah satu. Anda gunakan pada saat malam menjelang tidur dengan mengoleskan ke seluruh kaki termasuk di sekitar jari dan tumit. Biarkan sampai keesokan harinya baru anda bersihkan. Cara merawat kaki ini harus anda lakukan setiap malam untuk pengobatan, dan cukup 2 kali seminggu untuk perawatan. Pemberian lotion atau cream di malam hari akan membantu proses regenerasi kulit sehingga pertumbuhan kulit kaki akan optimal.

4. Cara Merawat Kaki dengan Scrub

Cara merawat kaki disini dengan mengoleskan scrub ke seluruh permukaan kulit, biarkan sebentar agar scrub agak mengering, kemudian gosok dengan lembut. Scrub akan mengangkat semua kotoran dan sel kulit mati, sehingga kaki anda akan bersih dan kulit akan beregenerasi dengan optimal. Setelah anda menggosok seluruh kulit kaki, bilas dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan menggunakan handuk kering sambil ditepuk-tepuk perlahan.

5. Cara Merawat Kaki dengan Bedak Anti Jamur

Apabila setelah melakukan perawatan pada kaki dan kaki anda ternyata masih bau tidak sedap, maka kemungkinan besar itu disebabkan oleh jamur. Jamur sangat menyukai tempat yang lembab, misalnya pada kaki yang berkeringat dan terlalu lama terbungkus kaus kaki. Tidak hanya menimbulkan bau kurang sedap, jamur juga akan menyerang kuku kaki anda, sehingga pertumbuhan kuku menjadi terhambat. Taburkan bedak anti jamur pada kaki, setelah sebelumnya kaki telah anda cuci dan keringkan terlebih dahulu. Jika beberapa kali mencoba namun bau tidak mau hilang, anda bisa menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Anda bisa mencoba cara merawat kaki secara alami tersebut di rumah saat malam hari setelah seharian beraktivitas. Cara merawat kaki yang kita ulas sangat sederhana, namun kuncinya, anda tetap harus me lakukannya secara rutin dan teratur.[RA]


Baca juga :
loading...