Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Baca juga :
loading...

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan – Kehadiran buah hati adalah hal paling ditunggu oleh pasangan suami istri. Tetapi ditengah kebahagian itu tersimpan kegelisahan bagi para ibu-ibu tersebut. Berat badan berlebih usai melahirkan akan membuat ibu menjadi bingung dan mencari cara cepat mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami

Tubuh langsing pasca melahirkan

Melahirkan dan memiliki buah hati tentunya bukanlah halangan bagi wanita yang menginginkan tubuh ideal. Tujuan utama memiliki tubuh ideal pasca melahirkan selain berhubungan dengan penampilan juga kesehatan. Selain itu juga memelihara keharmonisan dengan suami. Anda pasti tidak ingin bukan jika suami anda melirik wanita lain yang lebih langsing dari anda, karena berat badan anda naik usai melahirkan??

Jika anda menginginkan berat badan ideal pasca melahirkan, simaklah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dibawah ini. Sebelum membahas mengenai cara menurunkan berat badan setelah melahirkan ada baiknya kita mengetahui penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan.

Penyebab Naiknya Berat Badan Setelah Melahirkan

Ada beberapa penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan, diantaranya adalah :

1. Kurang Olahraga

Usai melahirkan, pastinya seorang ibu membutuhkan waktu recovery agar pulih setelah melahirkan. Saat recovery tersebut tentunya ibu dilarang untuk berolahraga. Karena kurangnya olahraga tersebut, lemak semakin menumpuk dalam tubuh. Untuk menghindari berat badan naik saat hamil, disarankan mengikuti olahraga untuk ibu hamil. Olahraga bagi ibu hamil, selain untuk mengurangi timbunan lemak juga memelihara kesehatan janin, serta mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan (Baca juga : 7 Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Aman).

2. Menyusui

Penyebab Naiknya Berat Badan Setelah Melahirkan Karena Menyusui

Menyusui merupakan salah satu faktor penyebab obesitas pasca melahirkan. Menyusui membuat ibu menjadi sering lapar, karena asupan nutrisi tidak hanya diserap oleh tubuh ibu namun juga untuk si buah hati.

3. Sering Makan

Wanita hamil disarankan untuk memenuhi nutrisi agar bayi yang dikandungnya dalam kondisi sehat. Oleh karena itu banyak wanita sering makan dan mengkonsumsi makanan dalam porsi banyak. Ditambah lagi jika seorang ibu juga hobi mengkonsumsi junk food, tentu saja hal itu meningkatkan resiko obesitas pasca melahirkan. (Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil).

4. Kurang tidur

Ibu hamil yang sering begadang karena tidak bisa tidur, rentan mengalami kenaikan berat badan. Rata-rata ibu hamil kurang tidur di malam hari karena rasa gatal, pegal atau ngidam. Karena waktu istirahat yang kurang, berat badan Anda akan cepat naik.

5. Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan karena sekresi hormon tiroid membuat wanita mendapatkan berat badan ekstra setelah kehamilan.

6. Stres

Penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan yang terakhir adalah karena stres. Seorang ibu yang baru memiliki buah hati dan mengalami stres, secara tidak sadar akan melepaskan hormon tertentu yang mengakibatkan kenaikan berat badan secara signifikan.

Itulah penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan, saatnya kita membahas tentang cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Namun, kita tidak akan membahas metode instant yang menggunakan produk obat pelangsing perut, karena obat pelangsing perut memiliki efek samping yang merugikan kesehatan. (Baca juga : Efek Samping Obat Pelangsing Perut). Kita hanya akan membahas mengenai cara alami mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami

Seperti disebutkan diatas, cara alami mengecilkan perut setelah melahirkan ini tidak menggunakan obat pelangsing perut, namun dengan olahraga yang aman bagi ibu pasca melahirkan. Setelah melahirkan, disarankan bagi ibu untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Apalagi bagi mereka yang melahirkan dengan caesar. Dengan aktivitas yang berat tentunya akan membuat jahitan yang ada diperut akan merasa nyeri. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara sehat menurunkan berat badan secara alami yang dapat membantu melangsingkan badan tanpa membahayakan diri Anda dan juga si kecil.

1. Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Olahraga

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami dapat dilakukan dengan olahraga misalnya yoga. Yoga dapat mengembalikan bentuk tubuh bagian bawah Anda. Cara mengatasi perut buncit setelah melahirkan dengan yoga dilakukan dengan 2 pose, yaitu :

  • Tiger Pose
Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Dengan Yoga Tiger Pose

Yoga Tiger Pose

Cara melakukan tiger pose adalah: letakkan tangan dan kaki di alas seperti gerakan merangkak, lalu lipat salah satu kaki. Kemudian satu kaki diluruskan lalu dilipat dalam hitungan 10. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

  • Triangle Pose
Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Dengan Yoga Triangle Pose

Yoga Triangle Pose

Cara melakukan yoga tiger pose adalah ; ambil posisi berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar. Tekuk badan Anda ke kanan hingga tangan kanan menyentuk alas. Posisi tangan kiri lurus di udara. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan arah yang berbeda./p>

2. Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Berjalan Kaki

Dengan memperbanyak jalan kaki dapat membantu untuk menurunkan berat badan yang berlebih bagi mereka yang habis melahirkan. Olahraga ini sangat mudah dilakukan. Lakukan kegiatan ini di waktu pagi atau sore hari agar terhindar dari terik matahari. Selain itu, dengan berjalan-jalan dapat mengurangi stres yang banyak dialami mereka yang habis melahirkan.

3. Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Diet Sehat dan Seimbang

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang ketiga adalah dengan diet sehat dan seimbang, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat serta tinggi vitamin dan mineral. Hindari mengkonsumsi junk food, sebagai gantinya konsumsilah sayur, buah-buahan, biji-bijian (untuk memperlancar ASI) dan kacang-kacangan.

4. Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Tidur Yang Cukup

Memiliki bayi tentunya melelahkan, terutama di malam hari. Bayi kerap menangis di malam hari, membuat ibu terjaga dan kurang tidur. Oleh karena itu, berlakukan shift (pergantian) dengan suami, orang tua ataupun pengasuh bayi anda, agar anda tidak kurang tidur. Kurang tidur merupakan salah satu penyebab kegemukan usai melahirkan.

Itulah penyebab naiknya berat badan setelah melahirkan serta cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami. Sebaiknya anda menghindari pemakaian obat pelangsing perut, karena kandungan kimiawi pada obat pelangsing perut secara tidak langsung akan anda berikan pada bayi anda melalui ASI anda. Tidak ada salahnya bukan jika anda mencoba cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami ini??

Demikianlah artikel “Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami“, semoga tips menurunkan berat badan setelah melahirkan ini bermanfaat bagi anda. Tidak ada salahnya juga jika anda berbagi pada teman anda yang baru saja melahirkan.


Baca juga :
loading...