Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar


Baca juga :
loading...

Cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Mata merupakan indera penglihatan yang harus kita rawat. Seringkali kita lupa bahkan mengabaikan masalah perawatan mata. Mereka tidak menyadari dampak yang akan timbul karena kurangnya perawatan mata. Kurangnya perawatan mata menyebabkan sakit mata, mata menjadi lelah, mata menjadi minus dan lain-lain.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar

Pentingnya menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar

Semakin bertambahnya umur Anda maka kemampuan mata akan berkurang. Oleh karena itu Anda harus benar-benar menjaga dan merawatnya agar kemampuan mata dari hari ke hari tidak berkurang. Cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar tidaklah sulit dan dapat Anda lakukan sendiri dan kapanpun Anda bisa lakukan. Lakukan perawatan mata sedini mungkin agar mata terhindar dari gangguan mata dan mata Anda menjadi sehat walaupun umur sudah beranjak tua.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat Dan Bersinar

Cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar dilakukan dengan mengkonsumsi mengkonsumsi sayur dan buah yang dapat mencegah gangguan mata. Berikut ini akan kita jelaskan cara merawat mata secara alami yang bisa Anda praktekkan di rumah :

1. Cara Merawat Mata Secara Alami Dengan Konsumsi Wortel

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar

Cara menjaga kesehatan mata dengan konsumsi jus wortel secara teratur

Cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar, yang pertama dilakukan dengan konsumsi wortel. Banyak dari kita yang sudah mengetahui manfaat wortel bagi mata kita. Wortel banyak mengandung beta karoten yang sangat penting bagi mata Anda, dimana beta karoten ini akan membantu Anda menjaga kemampuan akomodasi mata dan menjaga kesehatan mata Anda. Anda bisa mengkonsumsi wortel ini dengan cara dibuat jus. Konsumsi wortel ini secara rutin, maka anda akan terhindar dari gangguan mata yang sering kali menimpa kita.

2. Cara Merawat Mata Secara Alami Dengan Mentimun

Cara Merawat Mata Secara Alami Dengan Mentimun

Mentimun juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar. Mentimun disini digunakan untuk mengompres mata Anda terutama untuk mata yang lelah. Caranya adalah tutup mata Anda setelah itu taruh mentimun di atas mata kita. Lakukan ini selama 10 menit pada malam hari sebelum tidur. Alangkah baiknya jika mentimun ditaruh di lemari es sebelum digunakan. Cara ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mengurangi kelelahan pada mata dan mencegah munculnya kantung mata.

3. Cara Merawat Mata Secara Alami Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar

Cara menjaga kesehatan mata dengan konsumsi sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau tua baik untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, akan membantu mencegah resiko gangguan mata seperti katarak serta degenerasi daya penglihatan Anda yang disebabkan oleh gangguan pada retina mata. Konsumsi sayuran ini sesering mungkin, karena manfaat mengkonsumsi sayur ini sangatlah besar. Selain itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti buah cherry. Buah ini dapat membantu Anda untuk menangkal radiasi dari polusi, debu dan matahari yang mengenai mata Anda.

4. Cara Merawat Mata Secara Alami Dengan Berolahraga

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar Dengan Berolahraga

Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata

Berolahraga juga bisa membantu Anda untuk menjaga dan merawat kesehatan mata. Selain itu juga, disarankan kepada Anda untuk mengkonsumsi multivitamin seperti vitamin C, B6, B12 dan vitamin E. Dengan begitu maka Anda akan terbebas dari gangguan-gangguan mata.

Hindari Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

Seringkali Anda secara tidak sadar melakuka kebiasaan yang bisa mengakibatkan mata sakit. Oleh karena itu, ganti kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan yang sehat. Cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar diantaranya adalah :

  • Jangan terlalu lama berhadapan dengan layar komputer atau laptop. Jaga jarak mata Anda agar tidak terlalu dekat dengan layar. Usahakan untuk memasang filter pada monitor komputer atau laptop Anda. berhadapan dengan monitor dengan durasi yang lama dapat membuat mata menjadi sakit. Usahakan 20-30 menit berhadapan dengan monitor, istirahatkan mata Anda sejenak, Anda bisa lakukan dengan melihat pemandangan diluar.
  • Gunakan kacamata apabila Anda beraktivitas di luar ruangan. Karena penggunaan kacamata dapat melindungi dan terhindar dari yang namanya sinar ultra violet.
  • Bagi Anda yang sering menggunakan tetes mata, kebiasaan ini harus dihindari. Karena penggunaan tetes mata bisa membuat ketergantungan dan ini bisa membuat fungsi mata bisa terganggu.
  • Gunakan penerangan yang cukup pada saat membaca. Jaga jarak mata Anda dengan buku yang dibaca. Jarak antara mata dan buku sekitar 25-30 centimeter. Hal ini dilakukan agar mata tidak tegang dan kinerja otot mata tidak terlalu banyak. Lakukan kebiasaan ini agar Anda terhindar dari yang namanya gangguan mata.
  • Mungkin Anda tidak menyadari kalau mengucek mata adalah salah satu hal yang harusnya tidak Anda lakukan. Mengucek mata karena debu yang masuk dan dilakukan pada saat tangan dalam keadaan kotor, dapat membuat retina mata tergores yang bisa mengakibatkan infeksi pada mata.

 

Cukup sederhana dan mudah bukan cara menjaga kesehatan mata agar sehat dan bersinar?? Agar mata anda sehat selalu, sebaiknya konsumsilah buah dan sayuran seperti dijelaskan diatas, serta patuhilah larangan yang dapat merugikan kesehatan mata.

Demikianlah artikel “Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Sehat dan Bersinar“, semoga tips kesehatan mata tersebut bermanfaat bagi anda. Apabila artikel ini memberikan banyak informasi bagi anda, tidak ada salahnya jika anda berbagi tips kesehatan mata ini pada teman anda.


Baca juga :
loading...