Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI

Bagaimana cara meningkatkan dan melancarkan ASI?? Pertanyaan tersebut mungkin pernah diajukan oleh seorang ibu yang mengalami masalah dalam produksi ASI. Tak pelak, hal tersebut pastinya sangat mengganggu anda yang mengalami masalah tersebut. Terlebih jika tau bahwa ASI sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si buah hati. Namun anda tak perlu kawatir, disini saya akan berbagi cara meningkatkan dan melancarkan ASI.

Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI

ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan bayi yang terbaik dan sangat dibutuhkan bayi hingga bayi berusia 6 bulan. ASI selain mudah dicerna oleh bayi, juga memiliki kandungan kompleks yang tidak dapat digantikan oleh susu formula dan makanan bayi jenis apapun. Melancarkan ASI adalah salah satu cara agar bayi selalu terjamin atas asupan gizinya.

Agar kualitas dan produksi ASI tetap terjaga, hendaknya setiap ibu harus tetap menjaga asupan gizi dari makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Artinya, bila seorang ibu menjaga kesehatannya dan selalu menjaga kualitas gizi makanannya, maka bayi yang disusuinya akan sehat karena ibu dapat melancarkan ASI nya dengan baik sehingga terpenuhi semua kebutuhan gizi bayi. Berikut 10 Tips Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI yang bisa ibu lakukan :

Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI

  1. Mengkonsumsi buah sebagai antioksidan, dan memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau karena kandungan zat besi di dalamnya akan menghindarkan anemia pada ibu dan bayi. Antioksidan dari buah sendiri akan berfungsi menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.
  2. Menghindari makan makanan yang kurang sehat dan tidak memiliki kandungan gizi, seperti camilan keripik, gorengan, dan makanan fast food. Lebih baik dialihkan pada makanan sereal dan susu.
  3. Jangan hanya terpaku pada kebiasaan dan jadwal makan normal anda yakni 3 kali sehari. Makanlah kapanpun bila anda merasa lapar.
  4. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak esensial, karena lemak esensial sangat penting dan dibutuhkan otak dan imunitas bayi. Misalnya : telur, minyak ikan, biji bunga matahari, dsb.
  5. Konsumsi makanan yang berkalsium dan memiliki kandungan zat besi. Contohnya ikan, susu khusus ibu menyusui, dan bila perlu suplemen dengan kandungan kalsium tinggi. Untuk susu, harus memiliki kandungan DHA, kalsium, vitamin, asam folat, zat besi, dan prebiotik FOS.
  6. Konsumsi air putih banyak-banyak untuk keseimbangan tubuh.
  7. Istirahat yang cukup. Seorang ibu harus pandai mengatur waktu tidur untuk dirinya dan waktu menyusui bayi. Saat 3 – 8 minggu pertama, biasanya seorang ibu harus rela begadang untuk menyusui anaknya. Di masa-masa itu, ibu harus bisa menyesuaikan waktu tidur dirinya dengan waktu tidur bayi.
  8. Selalu berpikiran positif, jangan tertekan memikirkan situasi yang lain. Porsi utama yang anda pikirkan adalah cukup anda sendiri dan buah hati. Buatlah suasana santai dan rileks, misalnya dengan mendengarkan musik atau membaca majalah. Pikiran yang rileks akan membuat produksi ASI anda menjadi semakin lancar.
  9. Berolahraga teratur, tidak perlu yang berat, cukup olahraga ringan saja seperti jalan santai, aerobik, senam ringan, dll dengandurasi waktu secukupnya.

Itulah cara meningkatkan dan melancarkan ASI. Mulailah untuk mencoba kesepuluh tips cara meningkatkan dan melancarkan ASI diatas saat anda dalam masa menyusui. Bukan hanya asupan gizi makanan saja yang berpengaruh dalam produksi ASI, namun kondisi pikiran seorang ibu selalu ikut mempengaruhi psikis dalam hal melancarkan ASI.

Demikianlah artikel “Cara Meningkatkan dan Melancarkan ASI“, semoga bermanfaat bagi anda. Apabila anda memiliki tips seputar topik tersebut, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.[RA]


Baca juga :
loading...