Cara Menghindari Kulit Dehidrasi Selama Puasa


Baca juga :
loading...

Bagaimana cara menghindari kulit dehidrasi selama puasa?? Selama puasa, kulit lebih mudah kering karena kurangnya cairan dalam tubuh. Tidak hanya kekurangan cairan dalam tubuh,  terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu minimal 15 menit saja kulit bisa mengalami dehidrasi.

Dalam kondisi normal, volume cairan yang dikeluarkan oleh tubuh berkisar antara 1.000-4.500 ml/hari. Entah itu melalui keringat, BAB, buang air kecil, dan insensible water loss (kehilangan cairan yang tidak terasa, misalnya sewaktu tidur). Karena sedang menjalankan puasa, Anda harus menunggu untuk bisa menggantikan cairan yang hilang sampai saatnya berbuka.

Bagi beberapa orang, hal ini membuat mereka rentan terhadap serangan dehidrasi. Ditandai dengan munculnya rasa letih-lesu, tidak nyaman, konsentrasi berkurang, sakit kepala, haus, mual, bahkan jatuh pingsan

Nah, bagaimanakah cara menghindari kulit dehidrasi selama puasa? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut.

Cara Menghindari Kulit Dehidrasi Selama Puasa

Cara Menghindari Kulit Dehidrasi Selama Puasa

1. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Banyak Minum Air Putih

Minumlah banyak air pada saat berbuka dan sahur. Disarankan mengkonsumsi paling sedikit 8 gelas sehari. Hindari minuman berkafein, beralkohol dan mengandung carbonat (soft drink). Dengan minum air putih yang banyak tersebut, anda terhindar dari dehidrasi.

2. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi sayuran dan buah-buahan kaya vitamin pada saat berbuka dan sahur. Selain itu antioksidan pada sayuran dan buah dapat menahan oksidasi dari polusi. Pilihlah sayuran dengan kandungan klorofil tinggi.

3. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Pelembab Bebas Minyak

Gunakan pelembab pada kulit anda dengan cara mencuci muka terlebih dahulu. Pilihlah pelembab yang bebas minyak (oil free). Gunakan pelembab yang berbahan dasar air.

4. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Scrubbing

Lakukan scrubbing. Scrubbing dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit tidak kusam.

5. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Menggunakan Pakaian Warna Terang

Kenakan pakaian berwarna terang, yang menyerap dan berukuran pas.

6. Menghindari Kulit Dehidrasi Dengan Berteduh

Usahakan berada di tempat yang sejuk, terlindungi dari matahari dan lindungi kulit dengan sunblock kapan saja.

 

Itulah 6 cara menghindari kulit dehidrasi selama puasa, sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun sebagian orang mengesampingkan hal tersebut. Dengan melakukan cara diatas, puasa anda akan berjalan lancar tanpa dihantui dehidrasi dengan gejala sakit kepala, letih-lesu, konsentrasi berkurang, haus, mual dan serasa pingsan.

Demikianlah artikel “cara menghindari kulit dehidrasi selama puasa“, semoga bermanfaat untuk anda. apabila anda memiliki tips ataupun cara menghindari kulit dehidrasi selama puasa, tidak ada salahnya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...