Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan – Menjadi seorang ibu adalah hal yang membahagiakan. Kehadiran sang buah hati merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang tua. Dibalik kebahagiaan itu tersirat juga kegundahan, karena munculnya stretch mark setelah melahirkan. Stretch mark biasanya dialami oleh sebagian wanita setelah melahirkan serta mereka yang mengalami kelebihan berat badan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan

Munculnya stretch mark setelah melahirkan

Munculnya stretch mark tentu saja mengurangi penampilan karena kulit menjadi terlihat guratan-guratan. Tak heran, banyak ibu-ibu mencari cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Untuk menghilangkan stretch mark, ada beberapa metode yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Modern

cara menghilangkan stretch mark dengan cepat menggunakan laser

Cara menghilangkan stretch mark menggunakan laser

Bagi anda yang menginginkan cara menghilangkan stretch mark dengan cepat, anda dapat mencoba cara modern, yaitu dengan bantuan laser. Cara ini tentu saja membutuhkan biaya yang mahal.

2. Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cream / Obat Penghilang Stretch Mark

Saat ini banyak sekali produk cream ataupun obat penghilang stretch mark yang mengklaim dapat menghilangkan stretch mark dengan cepat. Namun taukah anda, umumnya produk obat penghilang stretch mark mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan? Misalnya merkuri, yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan stretch mark, namun kandungan merkuri akan terserap oleh tubuh, hingga menyebabkan gagal ginjal dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Tradisional

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan tradisional tentu saja lebih murah dibanding metode pertama dan kedua yaitu menggunakan laser ataupun obat penghilang stretch mark. Cara alami menghilangkan stretch mark ini tidak hanya murah, namun juga lebih aman. (Baca juga : Cara Menghilangkan Selulit Dengan Cepat Menggunakan Kopi)

Dari ketiga cara tersebut, manakah yang anda pilih? Tentu saja bagi wanita biasa pastinya akan memilih cara menghilangkan stretch mark secara alami dan tradisional bukan?? Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara alami menghilangkan stretch mark, ada baiknya kita mengetahui apa itu stretch mark dan penyebab stretch mark.

Penyebab Stretch Mark

Stretch mark merupakan guratan pada permukaan kulit yang terlihat tidak rata. Umumnya stretch mark dialami oleh ibu-ibu setelah melahirkan, stretch mark akan muncul disekitar perut. Selain itu stretch mark juga bisa dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih, tetapi jangan salah, orang-orang yang memiliki berat yang ideal juga bisa terkena stretch mark, tetapi penampakannya tidak begitu terlihat. Biasanya stretch mark muncul di daerah sekitar betis, pinggang, pantat, paha dan lengan.

cara menghilangkan stretch mark secara alami

Stretch mark pada paha wanita

Munculnya stretch mark dipicu karena adanya peregangan permukaan kulit karena bertambahnya berat badan dalam waktu singkat. Proses terjadinya stretch mark diawali dengan timbunan lemak dibawah kulit. Ketika berat badan bertambah drastis, lapisan dermis yang berada di atas lapisan lemak meregang (melar) dengan cepat. Karena terlalu dipaksakan untuk meregang, lapisan kulit yang mengandung banyak pembuluh darah dan sel kulit muda ini akan pecah dan menimbulkan guratan berwarna ungu dan disertai rasa gatal. Guratan ungu tersebut muncul sebagai akibat dari adanya aktivitas pigmen kulit melalui melanosit yang disebabkan robekan pada bagian dermis kulit. Seiring waktu, guratan ungu akan menjadi putih, sebagai pertanda telah terbentuknya jaringan baru yang memiliki warna berbeda dengan warna kulit aslinya. Selain disebabkan karena naiknya berat badan, stretch mark juga dapat disebabkan karena kurangnya elastisitas kulit. Sehingga, pada kondisi wanita yang kurang asupan penunjang kolagen kulit dan dehidrasi, bisa semakin memperbesar kemungkinan dirinya mengalami stretch mark.

Jika stretch mark muncul pada area yang terlihat, tentunya dapat menurunkan penampilan serta rasa percaya diri anda bukan? Bagi anda ibu-ibu yang memiliki stretch mark, anda tidak perlu khawatir, anda dapat mencoba cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami dan tradisional seperti dipaparkan berikut ini.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami

Cara alami menghilangkan stretch mark setelah melahirkan berikut ini, menggunakan kopi sebagai bahan utamanya. Kopi dipercaya mempunyai khasiat untuk mengurangi stretch mark dan mengencangkan kulit. Penasaran ingin tau cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan kopi?? Ikuti langkah berikut ini.

  1. Siapkan kopi secukupnya, kemudian campurkan dengan air secukupnya hingga berbentuk cream. Disarankan untuk menggunakan kopi tubruk yang pekat agar khasiat dari kopi ini lebih terasa dan hasilnya dapat optimal.
Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami Menggunakan Kopi

Campurkan kopi dengan sedikit air panas hingga berbentuk cream

  1. Oleskan kopi ke bagian yang ada stretch mark. Usahakan semua bagian yang terkena stretch mark tertutup oleh kopi.
Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami Menggunakan Kopi

Oleskan cream kopi pada bagian tubuh yang ada stretch marknya

  1. Gosok cream kopi tersebut dengan menggunakan telapak tangan Anda dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini selama 3-5 menit.
  2. Diamkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Praktekkan cara ini secara rutin sampai Anda merasakan ada perubahan sebelum dan sesudah perawatan dengan kopi ini.
Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami Menggunakan Kopi

Bilas dengan air bersih

  1. Selain itu Anda bisa aplikasikan dengan scrub kopi sebelum Anda mandi.

Itulah cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan kopi. Cukup mudah bukan? Daripada anda menggunakan cara modern menghilangkan stretch mark namun dihantui oleh biaya mahal, ataupun menggunakan obat penghilang stretch mark yang dapat merugikan kesehatan anda, tidak ada salahnya anda mencoba cara menghilangkan stretch mark secara alami menggunakan kopi. Selain murah, penggunaan kopi juga tidak merugikan kesehatan anda. Jadi tunggu apa lagi?? Segera coba cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan dengan kopi.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan“, semoga tips menghilangkan stretch mark setelah melahirkan ini bermanfaat bagi anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi informasi ini pada teman anda, barangkali mereka membutuhkan tips dan cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

 


Baca juga :
loading...