Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami. Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala ini. Ketika kita mengalami penyakit ini, seringkali pekerjaan yang harusnya bisa dengan cepat diselesaikan, malah tertunda dan terbengkalai. Penyakit sakit kepala dapat mengakibatkan kita tidak bisa berfikir dan kehilangan konsentrasi saat berkerja. Jika sakit kepala tidak segera diobati, akan memparah kondisi tubuh kita.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

Penyebab sakit kepala ada beberapa macam. Dari yang sederhana hingga yang berat. Berikut ada beberapa penyebab sakit kepala yang sering kita alami.

Penyebab Sakit Kepala Karena Faktor Luar

1. Terkena udara panas

2. Aroma yang menyengat seperti aroma cat, minyak wangi dan beberapa jenis bunga

3. Kandungan Zat tiramin

Kandungan Zat tiramin dalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss) juga dapat menyebabkan sakit kepala . Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin sakit kepala.

3. Asap rokok

Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.

 

Penyebab sakit kepala Karena Faktor Dari Dalam

1. Telat makan.

Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

2. Dehidrasi.

Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

3. Konsumsi kafein berlebih.

4. Stres yang berlebihan

Penyebab sakit kepala diatas dapat kita atasi dengan cara yang sederhana dan mudah. Berikut cara menghilangkan sakit kepala secara alami.

Itulah penyebab sakit kepala karena faktor dalam dan luar, berikut adalah cara menghilangkan secara alami yang dapat anda lakukan tanpa menggunakan obat-obatan.

 

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

1. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Minum Teh

Mengatasi masalah dengan meminum-minuman hangat seperti teh ini dapat membantu tubuh lebih tenang dan rileks. Teh yang hangat dan diseduh dengan ditambah sedikit gula atau yang lebih baik lagi ditambah dengan sedikit madu dapat memperlancar pembuluh darah yang menyebabkan sakit kepala.

2. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Minum Air dan Makan.

Seperti yang dibahas sebelumnya, kekurangan air merupakan salah satu penyebab timbulnya sakit kepala. Untuk itu, usahakan jangan dehidrasi atau minum air secukupnya jangan sampai ‘kehausan’. Tips sederhana untuk mengetahui bahwa kadar air yang kurang dalam tubuh ialah dapat terlihat di air kencing atau urin yang berwarna keruh kuning atau ke oranye. Untuk itu, segeralah minum air putih secukupnya. Makan dan minum dengan teratur akan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

3. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Menggunakan Minyak Kayu Putih

Udara yang segar dan fresh dapat membuat pernapasan yang kekurangan oksigen lebih rileks. Tubuh akan semakin tenang dan tidak tegang. Sudah banyak orang yang membuktikan dengan menggunakan minyak kayu putih ini dapat membantu menghilangkan pusing atau sakit kepala. Caranya pun cukup mudah, cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian leher bagian belakang dan samping. Kemasan yang dapat dibawa kemana-mana pun juga nilai lebih yang dapat berjaga-jaga sewaktu sakit kepala timbul kembali.

4. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Menggunakan Es Batu

Mungkin cara ini sudah kuno atau lain sebagainya, tapi masih ampuh untuk menghilangkan sakit kepala dengan cara yang cepat. Penggunaannya pun sangatlah mudah hanya butuh menggosokkan es batu untuk di kompres langsung ke daerah kepala yang terasa sakit. Es batu ini memiliki efek yang nantinya akan membuat mati rasa pada daerah kepala yang sakit.

5. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Makan Buah Pisang

Buah yang satu ini memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk masalah yang sedang dihadapi saat ini ialah sakit kepala. Pisang mengandung magnesium yang dapat membantu meredakan sakit kepala seperti migrain. Buah pisang sendiri dapat ditemukan diberbagai took swalayan atau pasar. Ini sangat cocok dibawah kemanapun untuk sewaktu saat sakit kepala timbul dapat langsung dikonsumsi.

5. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Biji Buah Alpukat

Ini memang sedikit unik tapi sudah dibuktikan sangat ampuh, untuk mengatasi sakit kepala. Biji yang nantinya akan dibuat sebagai alat pengompres alami selain es batu tadi ini sangat mudah penggunaannya. Cukup sediakan 2 biji alpukat yang telah diparut. Lalu dicampur dengan sedikit air putih dan langsung bisa digunakan atau diletakkan diatas dahi kepala.

6. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Istirahat atau Tidur Secara Teratur

Istirahat sangat membantu sekali untuk menghilangkan sakit kepala. Walaupun memang membutuhkan waktu, tidur telah dibuktikan mampu mengusir stress dan kecemasan berlebihan. Tidur minimal 7 hingga 8 jam perhari merupakan waktu normal untuk tidur yang baik. Jika kurang dari pada itu, sisihkan waktu untuk istirahat tidur sejenak.

7. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Menghindari Stres

Sebisa mungkin hindari beban pikiran yang terlalu berat yang menyebabkan stres. Stres dapat memicu sakit kepala. Cara mengatasi stres misalnya dengan melakukan refreshing, meditasi atau pemijatan.

8. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dengan Olahraga

Berjalan kaki adalah pilihan yang pas, karena dengan berjalan kaki, gerakan tangan yang mengayun akan membuat otot leher dan pundak menjadi lebih rileks.

 

Begitulah cara menghilangkan sakit kepala secara alami, semoga bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebaiknya anda terlebih dahulu menggunakan cara diatas untuk mengobati sakit kepala anda, karena pemakaian obat-obatan yang berlebih dan tanpa resep dokter dapat berakibat buruk pada kesehatan anda, misalnya gagal ginjal ataupun fungsi hati. Jika pusing masih melanda setelah 3 hari mencoba cara menghilangkan sakit kepala secara alami tersebut, segeralah ke dokter.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami“, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips ataupun cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tidak ada salahnya berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.


Baca juga :
loading...