Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Obat

Cara menghilangkan sakit gigi secara alami tanpa obat – Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa semua orang, dan dari segala usia baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya sakit gigi. Sering kali orang menyepelekan atau mengabaikan dalam merawat gigi. Alhasil sakit gigi yang didapat.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Obat

Sakit gigi dapat terjadi pada siapaun karena perawatan gigi yang salah atau sebab lainnya

Apa saja yang menjadi penyebab sakit gigi? Jawabnya, Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit gigi, seringkali kita secara tidak sadar bahwa menggosok gigi dan merawat gigi amat sangat penting. Gigi berlubang, gigi keropos, infeksi gusi, adanya timbunan plak pada gigi dll.

Adapun cara mengobati sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari cara tradisional sampai dengan kedokteran gigi. Sebagai pertolongan pertama, anda dapat mencoba cara menghilangkan sakit gigi secara alami tanpa obat. Cara ini tidak bermaksud menggantikan peranan dokter gigi, namun sekedar tindakan awal sebelum anda berkonsultasi pada dokter gigi. Cara menghilangkan sakit gigi secara alami tanpa obat ini memberikan rekomendasi berupa penggunaan bahan alami atau tradisional dalam upaya meredakan atau menghilangkan sakit gigi, tanpa menggunakan bahan kimia. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ulasannya.

Cara menghilangkan sakit gigi secara alami tanpa obat

1. Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Menghilangkan Plak Gigi

Plak adalah timbunan sisa-sisa makanan yang menempel dan telah mengering pada gigi, biasanya berwarna kuning atau coklat dan lama kelamaan akan berwarna hitam yang akhirnya menimbulkan keropos pada gigi. Cara menghilangkan plak ini dengan menggunakan obat kumur atau Listerine, lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Minyak gamat

Minyak gamat ini juga dipercaya dapat menghilangkan sakit gigi, caranya cukup mudah, yaitu basahi kapas dengan minyak gamat lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit.

3. Berkumur dengan air garam

Obat Sakit Gigi Alami Dengan Garam

Garam dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami

Cara ini sebenarnya sudah umum untuk dilakukan, masyarakat pada jaman dahulu menggunakan cara ini untuk menghilangkan sakit gigi. Yaitu dengan melarutkan garam dengan air hangat. gunakan untuk berkumur dan lakukan secara teratur.

4. Kapur sirih

obat alami sakit gigi berlubang Dengan Kapur Sirih

Khasiat kapur sirih sebagai obat alami sakit gigi berlubang

Cara ini juga cukup ampuh digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Cukup dengan mengoleskan kapur sirih ke bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan mengunyah atau menggigit kapur sirih pada bagian gigi yang sakit.

5. Kumur air rebusan daun sirih

Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi, caranya dengan mengambil 10 helai daun sirih tua rebus dengan air kira-kira 4-6 gelas hingga mendidih. Diamkan sebentar hingga agak dingin. Kemudian berkumurlah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin dan sakit gigi akan hilang.

6. Lidah buaya

obat sakit gigi berlubang tradisional Dengan Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya sebagai obat sakit gigi berlubang tradisional

Jenis tanaman yang sering kita jumpai ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Yaitu tanaman lidah buaya. Caranya ambil isi lidah buaya atau daging dari lidah buaya dan letakkan pada gigi yang sakit.

7. Habbatus Sauda

Habbatus Sauda atau yang biasa disebut jintan hitam ini mengandung banyak manfaat dalam mengobati penyakit, salah satunya adalah sakit gigi. Caranya yaitu ambil serbuk jintan hitam atau minyak jintan hitam (habbatus sauda) dan letakkan dalam gigi yang berlubang.

8. Daun serai

Daun serai yang biasa kita temui sebagai penambah bumbu masakan ternyata dapat juga digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi. ambil daun serai dan haluskan, kemudian masukkan ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit garam. Larutan air hangat yang dicampur dengan daun serai dan garam ini digunakan sebagai obat kumur.

9. Tomat muda

meredakan sakit gigi dengan tomat muda

Tomat muda dapat digunakan untuk meredakan gigi yang sakit

Buah Tomat yang berasa manis dan asam ini bisa juga dimanfaatkan sebagai penghilang sakit gigi. Ambil buah tomat muda yang masih berwarna orange kemerahan kemudian belah menjadi dua bagian, lalu masukkan buah tomat yang telah dibelah tadi ke dalam gigi yang sakit. Jika terdapat ulat di gigi anda, maka ulat itu akan keluar dengan sendirinya. Dan jangan lupa untuk berkumur dengan air setelahnya.

10. Gambir

Rendam sedikit gambir dengan sedikit air haluskan hingga setengahnya hancur, kemudian masukkan gambir ke dalam gigi yang sakit. Akan tetapi jangan terlalu banyak dalam menggunakan gambir karena jika menggunakan gambir terlalu banyak akan mengakibatkan bibir menjadi kebas atau mati rasa.

11. Kumur garam, air dan jeruk nipis

Jeruk nipis dalam hal ini dapat juga digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi, caranya yaitu rebus garam, air dan jeruk nipis yang dibelah menjadi empat bagian hingga mendidih. Kemudian biarkan sesaat atau diamkan sejenak. Lalu gunakan untuk berkumur sesering mungkin. Lakukan setiap hari sampai sakitnya berkurang.

12. Asam jawa

Asam jawa merupakan salah satu bumbu dapur yang juga mengandung khasiat untuk menghilangkan sakit. Caranya sangat mudah yaitu goreng beberapa saat. Kemudian bakar sedikit garam kasar di dalam daun pisang. Tumbuk semua bahan ini hingga halus. Kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

13. Bawang putih

Obat Sakit Gigi Alami Dan Tradisional Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur juga yang dipercaya dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya yaitu ambil satu siung bawang putih cuci hingga bersih dan kupas kulitnya, kemudian tumbuk sebentar kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

Itulah cara menghilangkan sakit gigi secara alami tanpa obat yang perlu anda ketahui. Merawat dan memelihara gigi amat sangat penting, jika tidak maka bakteri tidak akan segan untuk menghinggapi. Kesehatan gigi saling berkaitan dengan mulut, makanan yang kita makan bisa menjadi sumber penyakit apabila dari kita sendiri tidak rajin membersihkan gigi. Gosok gigi minimal dua kali sehari dan jangan lupa malam sebelum tidur.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Obat“, semoga artikel diatas memberikan informasi dan pengetahuan pada anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi pengetahuan tentang cara menghilangkan sakit gigi ini pada teman anda, selamat mencoba.


Baca juga :
loading...