Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Sampai Ke Akarnya

Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya – Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak di derita oleh orang Indonesia, hampir di segala usia pernah mengalami yang nama-nya sakit gigi. Rasa sakit yang luar biasa, hingga sampai ke kepala bahkan sampai ke persendian di sekujur tubuh. Jika seseorang tidak bisa menahan rasa nyeri dan rasa sakitnya bisa menyebabkan sakit kepala sampai keluar keringat dingin. Tak heran banyak orang yang mencari bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Sampai Ke Akarnya

Penderita sakit gigi yang merasakan sakit yang teramat sangat

Aktivitas pun jadi terganggu karena merasakan rasa sakit dan nyeri di gigi, semua serba tidak nyaman. Penyebab sakit gigi bisa dari mana saja, bahkan anda yang rajin sikat gigi setiap haripun terkadang masih bisa terkena sakit gigi atau kena gigi berlubang. Hal ini mengindikasikan adanya kesalahan dalam merawat gigi, terutama dalam menggosok gigi setiap harinya. Terkadang menggosok gigi seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang padahal manfaatnya sangatlah besar. Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya ada baiknya kita membahas mengenai penyebab sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Langkah pertama yang perlu diketahui adalah mencari penyebab sakit gigi tersebut sebelum melakukan pengobatan. Agar tidak salah dan bisa langsung tepat sasaran. Adapun penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam diantaranya adalah :

1. Gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu faktor penyebab sakit gigi, tidak jarang gigi berlubang menyerang di segala usia. Gigi yang belubang bisa menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan yang selanjutnya akan diurai oleh bakteri. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi bakteri untuk mengurai sisa-sisa makanan tadi dan akhirnya mengikis gigi yang berlubang sampai mengenai saraf gigi, hal inilah yang menyebabkan sakit gigi karena gigi terinfeksi.

2. Menyikat gigi yang salah

Dalam hal ini menyikat gigi yang salah bisa menjadi salah satu faktor penyebab sakit gigi. Menyikat gigi secara sembarangan dan tidak mengikuti aturan yang ada atau sekedar asal-asalan menyikat saja justru akan membuat gigi rusak, bahkan bisa melukai gusi. Jika gusi berdarah bisa menjadi tempat untuk bakteri masuk hingga menginfeksi saraf gigi.

3. Jarang menggosok gigi

Seseorang yang rajin menggosok gigi saja tidak luput dari sakit gigi, apalagi jika seseorang tersebut jarang menggosok gigi. Gigi berlubang merupakan salah satu akibat dari jarangnya seseorang menggosok gigi. Gigi yang seharusnya dirawat dan dipelihara dengan baik, dikarenakan jarang menggosok dan membersihkannya akan menjadi sarang bakteri. Anjuran menggosok gigi minimal sehari adalah 2 kali, dan selalu pastikan malam sebelum tidur untuk menggosok gigi.

4. Alat yang salah

Penggunaan alat untuk membersihkan gigi juga menjadi salah satu penyebab sakit pada gigi. Penggunaan sikat gigi harus sesuai dengan tipe gigi kita. Jika salah bukannya malah membersihkan tetapi malah merusak gigi, bahkan sampai melukai gusi.

5. Makanan manis

Hampir semua orang menyukai makanan manis. Dan hampir disetiap makanan yang kita makan mengandung gula. Minuman juga banyak yang tercampur dengan gula seperti kopi, teh, susu dan masih banyak lagi. Bahan makanan yang manis dan kaya akan gula ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri, dimana bakteri akan mengubah glukosa, fruktosa, dan sukrosa menjadi asam laktat. Asam ini yang akan mengikis gigi, hingga bakteri mudah masuk kedalam gigi.

6. Karies gigi

Karies gigi merupakan salah satu penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini dapat juga menyebabkan gigi berlubang. Jika dilihat pada gigi biasanya gigi yang berwarna kuning atau coklat hitam yang menjadi tempat berkumpulnya plak. Plak ini adalah timbunan sisa-sisa makanan yang telah mengering dan mengeras dan didalamnya terdapat bakteri, sehingga dari plak ini akan membuat lubang dan menyebabkan sakit gigi.

Ternyata cukup banyak ya penyebab sakit gigi yang perlu kita waspadai. Nah bagaimana jika anda sudah terlanjur mengalami sakit gigi yang hebat?? Berikut cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Sampai Ke Akarnya

Dari permasalahan diatas, yang menjadi penyebab sakit gigi adalah dari bakteri. Maka untuk membasmi atau membunuh bakteri adalah dengan antiseptic atau antibiotic. Biasanya antiseptic ini banyak dijual di apotik atau di toko-toko obat. Namun ada bahan alami yang mengandung antiseptic yang bisa didapat dari bahan-bahan berikut ini :

A. Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dari Luar

Mengobati atau mengatasi sakit gigi dari luar dengan bantuan obat-obatan yang mengandung antibakteri atau antiseptic yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Berikut beberapa bahan alami untuk mengobati sakit gigi dan cara penggunaannya.

1. Cara menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan Garam

Obat Sakit Gigi Alami Dengan Garam

Garam dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai dan merupakan bahan alami. Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan garam secukupnya kedalam air hangat, kemudian gunakan air hangat yang telah dilarutkan garam sebagai obat kumur. Berkumurlah setiap hari secara rutin hingga rasa sakit pada gigi mereda.

2. Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Jeruk nipis

Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi

Di dalam buah jeruk nipis mengandung zat antiseptic berupa senyawa asam sitrat yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Air perasan dari jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dapat digunakan sebagai obat kumur. Lakukan setiap hari secara rutin untuk meredakan sakit gigi.

3. Lemon

Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya selanjutnya menggunakan jeruk lemon. Seperti halnya jeruk nipis, lemon mengandung senyawa asam sitrat. Kandungan yang terdapat didalam lemon berupa antiseptic dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Air perasan dari lemon campurkan dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari secara rutin untuk hasil yang maksimal. Lakukan hingga sakit pada gigi sampai mereda.

4. Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat tradisional yang banyak mengandung manfaat dan dipercaya oleh orang-orang pada jaman dahulu sebagai obat yang mujarab. Selain sebagai obat, daun sirih juga dapat digunakan sebagai Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya karena daun sirih mengandung zat antiseptic yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun sirih beberapa lembar, lalu biarkan airnya menguap hingga berubah warna. Diamkan beberapa saat hingga airnya dingin, kemudian gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur, lakukan setiap hari hingga sakit gigi mereda.

5. Biji asam jawa

Biji asam jawa dapat juga digunakan sebagai obat sakit gigi, caranya sangat mudah. Ambil biji asam jawa kemudian sangrai biji asam jawa tersebut lalu dihaluskan kemudian hasilnya oleskan pada gigi yang sakit.

Namun bukan hanya biji asam jawa saja, akan tetapi daun dari asam jawa yang juga mengandung zat antiseptic dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gigi sakit. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun asam jawa, kemudian dinginkan beberapa saat lalu gunakan air rebusannya sebagai obat kumur, lakukan setiap hari hingga rasa sakitnya mereda.

6. Bawang putih

Obat Sakit Gigi Alami Dan Tradisional Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi

Bawang putih yang sering kita jumpai di dapur, tidak hanya sebagai bumbu masakan tetapi juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi sakit atau nyeri pada gigi. Obat tradisional ini dipercaya cukup ampuh dalam mengatasi sakit gigi. Caranya cukup mudah ambil satu siung bawang putih, lalu cuci bersih dan kupas kulitnya kemudian lumat atau haluskan. Oleskan hasilnya pada gigi yang sakit.

7. Bawang merah

Obat Sakit Gigi Alami Dan Tradisional Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah dapat digunakan untuk obat sakit gigi

Sama seperti bawang putih, bawang merah mengandung antiseptic alami yang cukup ampuh untuk mengurangi dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Caranya tidak berbeda dengan bawang putih, yaitu ambil satu siung bawang merah, cuci bersih dan kupas kulitnya kemudian lumat atau haluskan, lalu oleskan hasilnya pada gigi yang sakit.

8. Belimbing wuluh

Buah ini tergolong banyak dijumpai di mana saja, buahnya kecil dan paling besar hanya sebesar ibu jari orang dewasa rasanya sangat asam. Banyak khasiat dan manfaat yang didapat dari belimbing ini diantaranya untuk mengatasi jerawat, sariawan, mencegah diabetes dll. Dan untuk mengobati sakit gigi, cukup dengan mengunyahnya pada gigi yang sakit, dapat juga ditambahkan sedikit garam.

9. Daun jambu biji

Daun jambu biji selain dipercaya untuk mengobati diare dapat juga untuk mengobati sakit gigi. Kandungan antiseptic yang terdapat didalam daun jambu biji ampuh untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Cukup dengan melumat daun jambu biji muda pada bagian gigi yang sakit atau dengan merebus daun jambu biji tersebut dengan ditambahkan sedikit garam, sebagai obat kumur tentunya.

10. Air kelapa

Air kelapa memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, tidak hanya sebagai pengganti ion tubuh yang hilang. Akan tetapi dapat juga digunakan untuk menghilangkan sakit pada gigi, caranya dengan berkumur menggunakan air kelapa, pilihlah kelapa yang dagingnya agak tebal, kurang lebih sekitar 1 cm, selain airnya yang bermanfaat, minyak pada kelapa tua sangat bagus bagi kesehatan gigi.

B. Mengatasi Dari Dalam

Cara mengatasi sakit gigi tidak hanya terbatas pada pengobatan dari luar saja, akan tetapi bisa juga pengobatan dari dalam. Salah satu cara pengobatannya adalah dengan minum obat yang mengandung antiseptic atau antibiotic, obat ini dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Tentu saja obat-obatan ini mengandung bahan kimia.

Itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat sampai ke akarnya. Adapun obat-obatan yang berasal dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping, karena herbal dan tradisional, berbeda dengan obat-obatan yang dibuat dari bahan-bahan kimia. Akan lebih baik jika melakukan perawatan dan memeriksakan kesehatan gigi secara teratur ke dokter gigi, untuk menghindari sakit gigi.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat Sampai Ke Akarnya“, semoga bermanfaat dan menambah banyak ilmu. Tidak ada salahnya jika anda berbagi tips ini pada teman anda, barangkali mereka membutuhkan tips dan cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat.


Baca juga :
loading...