Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung


Baca juga :
loading...

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung – Anda mungkin sudah mengenal masalah kulit yang biasa disebut dengan komedo. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami sebagian orang. Komedo muncul karena adanya penyumbatan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Hal ini dikarenakan kurang maksimal dalam membersihkan wajah sehingga minyak dan kotoran yang menempel di wajah akan menyumbat pori-pori kulit. Komedo sering muncul di hidung, walaupun tidak menutup kemungkinan di bagian wajah yang lain seperti dahi atau pipi.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung

Foto makro komedo dalam resolusi tinggi

Bagi mereka yang mengalami masalah komedo, tentunya sangat mengganggu penampilan. Wajah, terutama daerah hidung akan terlihat bintik-bintik hitam, yang membuat wajah terlihat kusam. Kondisi demikian, tentunya tidak bisa dibiarkan, anda harus mencari cara menghilangkan komedo hitam di hidung.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung dapat dilakukan dengan beberapa metode. Setiap metode tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung

Ada 2 metode cara menghilangkan komedo hitam di hidung, yaitu menggunakan alat dan menggunakan masker alami untuk menghilangkan komedo.

1. Menghilangkan Komedo Dengan Alat

Ada 3 alat untuk menghilangkan komedo. Efek negatif dari penggunaan alat untuk menghilangkan komedo adalah adanya rasa sakit ketika mengangkat komedo. Selain itu, metode ini hanya menghilangkan komedo dalam waktu singkat, metode ini bukanlah suatu cara mencegah komedo. Di sisi lain, kelebihan menggunakan alat adalah dapat mengangkat komedo dengan cepat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah alat untuk menghilangkan komedo.

  • Alat Penyedot Komedo

Mungkin Anda masih asing dengan alat penyedot komedo ini. Ternyata sekarang ini sudah ditawarkan sebuah produk penyedot komedo yang berfungsi untuk mengatasi masalah komedo Anda. Cara kerja dari alat ini yaitu dengan menghisap komedo pada kulit wajah. Alat penyedot komedo ini bertenaga baterai dan untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di online shop di internet. Untuk harganya Anda tidak perlu kwatir karena lumayan terjangkau.

  • Alat Pengangkat Komedo
Tips Dan Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Dengan Alat Pengangkat Komedo

Menghilangkan komedo menggunakan alat pengangkat komedo

Alat ini merupakan alat yang sudah sering Anda jumpai. Bentuk dari alat ini adalah seperti pena dengan ujung kawat berbentuk bulat. Alat ini biasa kita jumpai di salon atau klinik kecantikan yang biasa digunakan untuk facial wajah. Untuk mengangkat komedo dengan menggunakan alat ini, pertama wajah akan diuapi terlebih dahulu untuk membuka pori-pori kulit wajah. Setelah itu komedo akan diangkat dengan menggunakan alat ini. Cara ini lumayan akan menyakitkan dan perlu diingat, alat ini harus steril sebelum dipakai.

Komedo yang ukurannya besar dan biasanya muncul di sekitar hidung, bisa diatasi dengan cara manual yaitu dengan menggunakan sebuah alat penekan komedo. Alat ini berbentuk seperti pencabut alis dengan ujung berbentuk seperti lingkaran. Alat ini bisa Anda beli di toko-toko kecantikan. Perlu Anda ingat, sebelum Anda menggunakan alat ini harus disterilkan terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri-bakteri dan kuman.

Cara untuk menghilangkan komedo menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu : tuangkan air panas ke dalam baskom kecil, setelah itu tutup baskom dengan handuk kemudian masukkan kepala anda kedalamnya hingga wajah anda teruapi. Diamkan selama 5 menit. Hal ini dilakukan agar pori-pori dalam kulit wajah bisa membesar sehingga komedo yang ada dalam kulit dapat dengan mudah dikeluarkan dengan menggunakan alat penekan komedo tersebut.

Alat untuk menghilangkan komedo ini sangat berguna untuk membatu mengeluarkan isi komedo yang diakibatkan karena minyak dan kotoran yang menggumpal sehingga menyebabkan pori-pori menyumbat. Setelah komedo berhasil dikeluarkan, bersihkan dengan menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda setelah itu cuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Cara ini sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami masalah komedo dengan ukuran yang besar.

  • Plester Pengangkat Komedo
Tips Dan Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Dengan Plester Pengangkat Komedo

Menghilangkan komedo menggunakan plester komedo

Alat untuk menghilangkan komedo selanjutnya adalah plester pengangkat komedo. Plester pengangkat komedo sangat mudah digunakan, dan sudah banyak dijual dipasaran. Untuk menggunakan plester pengangkat komedo, pertama-tama bersihkan wajah terutama dibagian hidung. Biarkan area sekitar hidung dalam kondisi basah, setelah itu buka plester dan langsung tempelkan ke hidung yang sebelumnya telah dibasahi. Tunggu dan diamkan selama 30 menit kemudian lepaskan plester. Anda akan melihat komedo-komedo hitam yang menempel di plester tersebut.

2. Masker Alami Untuk Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung

Selain menggunakan alat untuk menghilangkan komedo, Anda juga bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan masker alami untuk menghilangkan komedo. Adapun kelebihan cara ampuh menghilangkan komedo secara alami ini adalah dapat mencegah munculnya komedo datang kembali. Selain itu, cara alami mengatasi komedo hitam di hidung ini juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, bahannya pun juga mudah didapatkan. Karena tidak mengandung zat kimia berbahaya, penggunaan masker alami untuk menghilangkan komedo di hidung ini dijamin aman dan tidak mengganggu kesehatan. Namun demikian, metode ini pastinya tidak menghilangkan komedo dengan cepat, dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran, namun hasil yang didapatkan adalah komedo tak muncul kembali. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah masker alami untuk menghilangkan komedo hitam di hidung.

  • Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Putih Telur
Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami dengan putih telur

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami dengan putih telur

Masker alami untuk menghilangkan komedo hitam di hidung yang pertama adalah menggunakan putih telur. Cara membuat masker wajah alami dari putih telur pertama-tama pisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudian kocok putih telur sampai berbusa. Selanjutnya, celupkan kapas ke busa putih telur tadi. Tempelkan kapas ke hidung dan diamkan beberapa menit sampai putih telur mengering. Setelah itu angkat kapas dan bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan cara tersebut 3x seminggu untuk mencegah dan menghilangkan komedo hitam di hidung.

  • Menghilangkan Komedo Secara Alami Dengan Baking Soda
Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung Secara Alami Dengan Baking Soda

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami dengan baking soda

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami yang kedua adalah menggunakan baking soda. Cara membuat masker wajah alami untuk menghilangkan komedo dengan baking soda sebenarnya cukup mudah, yaitu pertama-tama campurkan satu sendok makan baking soda dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak air agar tidak terlalu encer. Setelah itu oleskan ke seluruh bagian yang terdapat komedo hitam. Tunggu beberapa menit sampai mengering. Lakukan perawatan ini secar rutin dan teratur setiap hari sampai komedo benar-benar hilang. Cara mengatasi komedo dengan menggunakan bahan alami seperti baking soda ini dijamin keamanannya dan tidak akan membawa efek samping bagi penggunanya. Selain itu caranya cukup mudah dan Anda cuma mengeluarkan uang sedikit dibandingkan dengan pergi ke salon atau klinik kecantikan.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung, menggunakan alat ataupun menggunakan masker wajah alami. Jika anda menginginkan komedo tak muncul lagi, maka cara alami adalah solusinya. Jika anda mencari cara menghilangkan komedo dengan cepat, maka penggunaan alat pengangkat dan penyedot komedo adalah solusinya. Perpaduan kedua cara tersebut tentunya akan menghasilkan kulit yang cerah dan bebas komedo. Sebagai tambahan, sebaiknya hindari pemakaian obat penghilang komedo untuk menghindari gangguan kesehatan, iritasi kulit, alergi dll.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Komedo Hitam Di Hidung“, semoga tips menghilangkan komedo hitam di hidung tersebut bermanfaat bagi anda. Tidak ada salahnya jika anda berbagi tips ini pada teman anda.


Baca juga :
loading...