Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Ketombe Alami Dari Daun Pandan


Baca juga :
loading...

Cara menghilangkan ketombe dengan obat ketombe alami dari daun pandan – Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Walaupun terlihat sepele, namun hadirnya ketombe dapat menyebabkan masalah rambut yang lebih kompleks, yaitu kerontokan rambut. Anda tentunya tidak ingin bukan rambut anda nantinya menjadi rontok dan tipis??

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Ketombe Alami Dari Daun Pandan

Ketombe dapat dialami oleh siapa saja dan sering dianggap sepele

Bagi wanita, kerontokan dan rambut tipis dapat menurunkan kepercayaan diri. Jika anda tidak ingin mengalaminya, maka sebaiknya rawatlah rambut anda agar tidak berketombe. Terkadang ada sebagaian orang berfikiran dengan mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan ketombe, tetapi hal tersebut tidak menyelesaikan masalah, malah akan membuat rambut anda kering. Sebelum kita membahas mengenai solusi dan cara menghilangkan ketombe rambut, ada baiknya kita mengetahui apa sebenarnya ketombe itu dan penyebabnya.

Penyebab Ketombe

Ketombe atau bahasa ilmiahnya Pityriasis capitis sebenarnya adalah kulit mati yang mengelupas. Pengelupasan sel kulit mati adalah hal normal yang dialami oleh setiap orang dan terjadi sebulan sekali. Namun apabila pengelupasan kulit tersebut terjadi secara berlebihan yaitu 2 minggu sekali, maka anda akan menjumpai serbuk putih pada rambut anda. Nah serbuk putih itulah yang disebut ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dan Cepat

Ketombe dilihat dari mikroskop

Munculnya ketombe dapat disebabkan karena penggunaan hairtonic atau shampoo yang tidak sesuai dengan jenis kulit dan rambut anda. Penggunaan conditioner ternyata juga dapat menyebabkan ketombe apabila pada saat pemakaiannya mengenai kulit kepala dan kurang bersih ketika membilasnya. Jadi usahakan jangan sampai terkena kulit kepala ketika menggunakan conditioner. Selain itu, adanya jamur, keringat dan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala juga turut andil untuk memunculkan ketombe.

Jika rambut anda berketombe, kulit kepala berwarna kemerahan dan iritasi, hindari untuk menggaruk daerah kulit kepala karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Sebagai solusinya, anda dapat mencoba cara menghilangkan ketombe dengan obat ketombe alami dari daun pandan. Penasaran ingin tau seperti apa?? Berikut ulasannya (Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dan Cepat).

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Ketombe Alami Dari Daun Pandan

Siapa sangka, daun pandan yang umumnya digunakan untuk pewarna makanan ataupun penyedap aroma masakan dapat digunakan untuk merawat rambut berketombe. Daun pandan dipercaya sejak dulu dapat menghilangkan ketombe secara alami, serta menyuburkan kulit kepala. Tidak hanya itu, daun pandan juga merupakan solusi ampuh untuk mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala yang lainnya.

Obat Ketombe Alami Dari Daun Pandan

Pandan tidak hanya untuk mengharumkan makanan namun dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami

Bagaimana dengan efek sampingnya?? Anda tidak perlu khawatir, karena bahannya berasal dari alam, penggunaan daun pandan untuk mengatasi ketombe tidak menimbulkan efek merugikan. Obat ketombe alami dari daun pandan ini 100% aman untuk anda gunakan.

Cara menghilangkan ketombe dengan obat ketombe alami dari daun pandan ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa helai daun pandan kemudian haluskan dengan ditumbuk ataupun diblender dan tak lupa, tambahkan segelas air. Setelah adonan daun pandan tersebut terbentuk, peras adonan pandan dan saring untuk mendapatkan sarinya.

Sebelum anda menggunakannya, cuci rambut terlebih dahulu agar rambut tidak kotor dan agar nutrisi pada daun pandan dapat meresap sempurna pada rambut dan kulit kepala. Setelah anda mencuci rambut, oleskan obat ketombe alami dari daun pandan tersebut pada rambut anda secara merata sambil dipijit dengan pelan. Langkah selanjutnya, bungkus rambut anda dengan shower cap ataupun handuk, biarkan selama beberapa jam kemudian bersihkan dengan air bersih.

Dengan pemakaian teratur, rambut anda akan terbebas dari masalah ketombe tanpa khawatir terjadi iritasi pada kulit kepala ataupun rambut kering.  Selain ketombe, daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah uban.

Cara Menghilangkan Uban Dengan Daun Pandan

Seperti disebutkan diatas, daun pandan dapat digunakan untuk menghilangkan uban rambut secara alami. Adapun langkah pembuatannya adalah sebagai berikut : Siapkan daun pandan kemudian rebus. Dinginkan dan endapkan rebusan tersebut semalaman. Selanjutnya, gunakan air rebusan daun pandan tersebut untuk mencuci rambut anda. Jika masakan dan makanan saja bisa harum karena adanya daun pandan, rambut anda pun juga demikian, akan beraroma harum alami. Selain cara diatas, anda juga dapat menambahkan buah mengkudu untuk hasil optimal.

Itulah cara menghilangkan ketombe dengan obat ketombe alami dari daun pandan serta cara menghilangkan uban dengan daun pandan, cukup mudah bukan?? Dengan menggunakan bahan alami, rambut anda akan sehat dan terlihat indah serta harum tanpa membutuhkan banyak biaya. Karena harganya yang murah itulah, maka tidak ada salahnya jika anda mencobanya dirumah.

Demikianlah artikel “Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Obat Ketombe Alami Dari Daun Pandan“, semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi bagi masalah ketombe anda.

 


Baca juga :
loading...